9 Cara Membuat Google Form di HP dengan Praktis

Image title
10 Januari 2022, 10:15
Ilustrasi sembilan cara membuat Google Form di HP
Google.co.id
Ilustrasi sembilan cara membuat Google Form di HP

Para akademisi atau pekerja yang berkecimpung dalam pengolahan data, tentunya sudah akrab dengan Google Form. Karena beberapa kalangan sudah pernah menggunaannya untuk mengisi kuisioner maupun formulir online.

Penggunaan Google Form sudah cukup marak dari perusahaan hingga individu untuk membangun hubungan dengan pelanggan atau pengguna. Selain karena praktis, Google Form juga dapat mempersingkat proses pengambilan data dari peneliti kepada masyarakat.

Google Form termasuk layanan dari Google yang memungkinkan Anda untuk membuat survei, tanya jawab dengan fitur formulir online yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan. Sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban secara langsung dari audiens yang mengikuti survei.

Hingga kini, Google terus melakkan inovasi dari berbagai platform yang dimilikinya, di antaranya Google Docs, yang salah satu fiturnya turut menghadirkan Google Form.

Biasanya digunakan untuk beberapa hal seperti memebuat kuisioner, membuat perhitungan cepat atau quick count pendapat, membuat fomulir pendaftaan online, dan masih banyak lagi. Pembuatannya pun juga bisa dilakukan di perangkat mana pun. Baik melalui laptop atau komputer dan juga melalui perangkat smartphone, baik berbasis Android atau MacOs.

Cara Membuat Google Form di HP dengan Mudah

Setelah mengenal apa itu Google Form dan manfaatnya dalam proses pengambilan data sehari-hari, berikutnya mengenai cara membuat Google Form di HP dengan mudah yang dilansir dari situs informasi teknologi unida.ac.id.:

1. Cara membuat Google Form di HP yang pertama adalah dengan memastikan Anda memiliki akun Google berupa Gmail

2. Buka browser di HP Anda dan pergi ke situs Google Form di laman https://docs.google.com/forms/

 3. Pilih template formulir yang diinginkan. Ada Blank, Event Feedback, Order Form, JobApplication, dan Time Off Request.

4. Bagi Anda yang mengakses melalui Google Drive, buka situs https://drive.google.com/spreadsheets/ atau klik "New" yang terletak di sudut kiri atas lalu pilih "More" kemudian "Google Formulir".

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...