Pengertian Hipotesis, Tujuan, Jenis, dan Cara Membuatnya

Image title
12 Januari 2022, 15:05
Ilustrasi pengertian hipotesis yang dimuat dalam buku sebagai karya penulisan
Unsplash/Lucas George Wendt
Ilustrasi pengertian hipotesis yang dimuat dalam buku sebagai karya penulisan

Para siswa sekolah menengah hingga mahasiswa tentu sudah akrab dengan penelitian. Penelitian dihadirkan untuk melatih para siswa dan mahasiswa untuk berpikir secara ilmiah. Dalam menulis karya ilmiah, kita harus tahu hipotesis dari penelitian. Jadi, hipotesis ini adalah praduga peneliti terhadap masalah yang akan diteliti. Namun pengertian hipotesis tidak sesederhana ini.

Hipotesis berasal dari bahasa Yunani yakni hupo dan thesis. Hupo adalah sementara, sedangkan thesis adalah pernyataan atau teori. Dapat disimpulkan arti hipotesis adalah pernyataan sementara. Inilah praduga peneliti terhadap masalah penelitian. Namun hipotesis ini bukanlah kebenaran. Karena praduga, hipotesis bisa benar dan bisa juga salah.

Penggunaan hipotesis contohnya seperti proses penelitian tentang hubungan antara kebiasaan manusia buang sampah dan tingginya jumlah sampah di Indonesia. Berdasarkan data sementara yang kamu dapatkan, hipotesis yang muncul adalah kebiasaan manusia tersebut berhubungan dengan jumlah sampah. Artinya kebiasaan buruk manusia berpengaruh terhadap tingginya jumlah sampah dari waktu ke waktu.

Penulisan hipotesis tidak dapat disebut kebenaran. Meski kamu merancang hipotesis berlandaskan data yang valid dan kuat. Untuk membuktikan hipotesis ini benar atau tidak, kamu harus melakukan penelitian tersebut. Hasil penelitian akan menunjukkan apakah sesuai dengan hipotesis atau justru menghasilkan temuan baru.

Dalam beberapa pendapat, salah satunya dari Zikmunda mengungkapkan bahwa hipotesis adalah proposisi atau dugaan yang belum terbukti. Jadi hipotesis masih bersifat tentatif. Pernyataan hipotesis hanya menjelaskan fenomena dan kemungkinan jawaban atas pertanyaan penelitian. Jawaban sesungguhnya didapatkan setelah penelitian dilakukan.

Mengutip situs eurekapendidikan.com, sosok pakar penulisan, Suryabrata memberikan penjelasan mengenai hipotesis dalam beberapa hal. secara teknis, hipotesis diartikan sebagai pernyataan mengenai keadaan populasi yang akan diuji atau diteliti. Penelitian ini berdasarkan data yang diambil dari sampel penelitian. Sementara itu secara statistik, hipotesis adalah pernyataan mengenai keadaan parameter yang diuji melalui sampel statistik.

Tujuan Penulisan Hipotesis

Fungsi dari hipotesis adalah menjadi bagian penting dalam sebuah karya tulis ilmiah. Kegunaannya antara lain:

  • Memberikan penjelasan sementara tentang gejala.
  • Memudahkan perluasan pengetahuan dalam bidang tertentu.
  • Memberikan pernyataan hubungan yang dapat diuji.
  • Memberikan arah penelitian.
  • Memberikan kerangka untuk laporan penelitian.

Fungsi Hipotesis dalam Penelitian

Keberadaan fungsi berguna untuk membantu peneliti dalam mengerjakan tugas ilmiah, seperti:

  • Memberikan batasan penelitian.
  • Memperkecil jangkauan penelitian, sehingga tidak melebar kemana-mana.
  • Membuat penelitian tetap pada jalur penelitian yakni meneliti fakta dan hubungan variabel.
  • Memfokuskan penelitian.
  • Memandu penelitian dalam pengujian dan penyesuain antar-fakta,

Macam-macam Hipotesis

Jenis hipotesis tidak hanya satu, tapi ada beragam. Berikut pengertian dan bagaimana suatu hipotesis itu dirancang:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...