Efisien Adalah Cara Mencapai Tujuan Secara Optimal, Ini Contohnya

Image title
13 Januari 2022, 10:08
Ilustrasi seseorang yang bekerja dari yang dilakukan secara efisien. Secara makna Efisien adalah cara mencapai tujuan secara optimal sesuai dengan ketentuan yang diharapkan.
Katadata
Ilustrasi seseorang yang bekerja dari yang dilakukan secara efisien. Secara makna Efisien adalah cara mencapai tujuan secara optimal sesuai dengan ketentuan yang diharapkan.

Dalam percakapan sehari-hari kita tentu sudah cukup akrab dengan istilah efisien. Meski sering digunakan sebagai kosa kata harian namun tidak semua orang memahami maknanya.

Dalam artikel ini Katadata.co.id akan mengulas soal efisien dan contoh-contohnya. Berikut pembahasan mengenai makna efisien yang sering dianggap sebagai sesuatu yang dapat dicapai berdasarkan pada keinginan.

Pengertian Efisien

Sebagaimana dikutip dari buku Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja karya Sedarmayanti yang dirilis oleh Penerbit Bandar Maju. Arti dari efisiensi adalah ara untuk mencapai suatu tujuan yang optimal (cepat dan tepat) serta sesuai keinginan, dengan meminimalkan sumber daya yang dikeluarkan. Sumber daya yang dimaksud adalah tenaga, uang, dan waktu. Gunanya untuk menghindari pemborosan.

Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa efisiensi adalah bekerja menggunakan sumber daya yang sesuai. Hal tersebut sinkron dengan penjelasan sebelumnya yang menyebut efisien adalah mekanisme yang berkaitan dengan manajemen waktu.

Selain itu pengertian efisien juga dibagi menjadi beberapa terma yang dijelaskan oleh para ahli. Berikut beberapa pengertian mengenai efisien yang ditulis para ahli:

1. Efisien adalah pola penggunaan sumber daya seperti biaya, waktu, dan usaha atau tenaga, untuk mencapai tujuan dalam melakukan kegiatan.
2. Efisien adalah bentuk upaya mencapai tujuan yang maksimal dengan meminimalisir pengeluaran sumber daya.
3. Efisien adalah proses peningkatan kemampuan untuk mewujudkan suatu kegiatan atau usaha dengan mengeluarkan output sedikit uang, waktu, dan tenaga untuk mencapai hasil atau target yang maksimal.
4. Efisien adalah daya untuk meraih hasil dan tujuan yang maksimal, namun hanya menggunakan sumber daya yang minimal atau sedikit. Sehingga tidak mengeluarkan biaya, tenaga, dan waktu yang terlalu banyak.
5. Efisien merupakan bentuk metode yang tepat untuk menghasilkan tujuan dengan maksimal sesuai dengan yang diinginkan maupun yang dikehendaki.
6. Efisien adalah cara untuk mencapai suatu tujuan dengan biaya dengan jumlah yang sama, Namun tujuan atau hasil yang maksimal.

Perbedaan Antara Efektif dan Efisien

Seringkali orang masih belum memahami penggunaan antara efektif dan efisien. Bahkan tak jarang penggunaan kedua kata tersebut sering tertukar antara satu dengan lainnya. Karena keduanya sering digunakan untuk mengukur proses kinerja seseorang di dunia kerja.

Berikut penjelasan akan perbedaan antara efisien dan efektif:

1. Dilihat dari bentuk pekerjaan:

Efektif merupakan bekerja sesuai dengan apa yang direncanakan sedangkan efisien adalah bentuk bekerja dengan sumber daya dan energi yang sesuai tanpa adanya pemborosan.

2. Dilihat dari segi pencapaian tujuan:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...