Optimis adalah Cara Pandang Positif, Berikut Definisi dan Manfaatnya

Image title
13 Januari 2022, 17:50
Optimis adalah Cara Pandang Positif, Berikut Definisi dan Manfaatnya
ANTARA FOTO/REUTERS/Soe Zeya T
Seorang prajurit tertawa saat Amphibious Assault Demonstration dalam latihan militer multilateral Cobra Gold di Pantai Hat Yao, Distrik Sattahip, provinsi Chonburi, Thailand, Jumat (28/2/2020).

Sebagai makhluk hidup yang mempunyai akal, manusia memiliki rasa optimis di dalam hidupnya. Optimisme atau rasa optimis adalah kepercayaan bahwa kejadian di masa depan akan memiliki hasil yang positif. Dengan memiliki pola pikir seperti ini, kebanyakan orang akan tetap menjalani hidupnya dengan penuh semangat, walaupun sedang dihadapkan dengan berbagai macam masalah.

Sikap optimis adalah suatu perasaan yang bisa ditimbulkan oleh seseorang dalam kondisi tertentu. Namun ada sebagian individu yang sulit memiliki sifat ini. Penyebabnya cukup beragam mulai dari lingkungan sekitar atau masalah psikologis yang tengah dihadapi.

Advertisement

Lebih lanjut berikut rangkuman tentang pengertian optimisme, manfaat optimisme, dan berbagai hal yang berkaitan dengan rasa optimis. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Definisi Optimis

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), optimis adalah perasaan yang dimiliki seseorang dengan sudut pandang atau melihat sesuatu hal dengan pikiran positif. Optimis bisa juga disebut optimisme, merupakan gambaran individu yang mempunyai rasa percaya diri yang baik.

Menurut Robert E. Franken dalam bukunya Human Motivation, menjelaskan bahwa optimis adalah cakupan dari variabel-variabel biologis, dimana optimism dianggap sebagai hasil dari gaya penjelasan tertentu (explanatory style) dan lebih mengarah pada pendekatan kognitif. Dalam pengertian lain, optimis merupakan bentuk pengharapan akan hal baik yang bisa terjadi, sekaligus kepercayaan pada masalah yang terselesaikan dengan hasil akhir yang baik.

Sikap optimisme bisa muncul di dalam pikiran setiap orang. Hal ini sejalan dengan pendapat Daniel Goleman dalam karyanya Working With Emotional Intelligence, yang menyatakan kalau optimis adalah harapan kuat terhadap segala sesuatu yang dihadapi dalam kehidupan akan mampu teratasi dengan baik, walaupun ditimpa masalah dan frustasi.

Sementara itu, definisi lain tentang optimisme dikemukakan oleh M Daraei dan AR Ghaderi dalam Impact of Education on Optimism or Pessimism, yang dipublikasikan di Journal of Indian Academy of Applied Psychology. Keduanya menyatakan rasa optimis adalah salah satu komponen psikologi yang erat kaitannya dengan emosi positif dan perilaku positif. Dampak baiknya bisa menimbulkan kesehatan, hidup yang bebas stress, hubungan sosial dan fungsi sosial yang baik.

Dari semua penjelasan di atas, bisa disimpulkan kalau rasa optimisme yang dimiliki seseorang akan mendatangkan pola pikir yang positif. Sehingga dia bisa mengatasi masalah dengan baik. Selain itu, rasa optimis adalah suatu hal yang dapat memicu timbulnya harapan baru akan masa depan yang lebih baik.

Ciri-ciri Optimisme

Pada umumnya seseorang yang memiliki rasa optimis bisa menjalani hidup dengan penuh semangat. Saat menjalani aktivitas, mereka selalu dalam suasana hati yang bahagia, dan mereka melihat segala sesuatu sebagai peluang daripada masalah.

Optimis adalah salah satu cara memandang dunia yang memberi lebih banyak hak pilihan kepada orang agar bertanggung jawab supaya hidup berjalan dengan baik. Melansir dari Psychologytoday.com, sejumlah penelitian mengungkapkan kalau orang dengan rasa optimis cenderung memiliki mental lebih sehat dan dapat hidup lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang lebih pesimis.

Seseorang dengan rasa optimis di dalam hidupnya bukan berarti tidak memiliki masalah atau cobaan hidup. Akan tetapi, orang-orang semacam ini selalu mencari hal positif dalam setiap situasi.

Dihimpun dari situs Verywellmind.com dan sumber lainnya, berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh orang optimis:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement