CEO Adalah Jabatan Tertinggi Perusahaan, Ini Penjelasannya

Image title
17 Januari 2022, 13:24
Jeff Bezos dan Elon Musk yang merupakan contoh CEO terkemuka di dunia. Secara definisi CEO adalah jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan dan bertanggung jawab terhadap keberhasilan bisnis yang dijalankan.
Instagram @jeffbezos dan @elonmrmuskk, Katadata/Desy Setyowati
Jeff Bezos dan Elon Musk yang merupakan contoh CEO terkemuka di dunia.

Di era perkembangan teknologi yang begitu pesat, istilah CEO sudah menjadi hal yang akrab dalam percakapan sehari-hari. Sebut saja beberapa tokoh yang sukses menjadi CEO dari perusahaan yang dipimpinnya, seperti Mark Zuckerberg dari Facebook, Elon Musk dari Tesla, atau Jeff Bezos dari Amazon. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai CEO.

Penjelasan Singkat Mengenai CEO

Istilah CEO adalah kepanjangan dari Chief Executive Officer. Adapun makna dari CEO adalah jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan dan bertanggung jawab terhadap keberhasilan bisnis yang dijalankan. Dikutip dari Investopedia, CEO umumnya dipilih oleh dewan direksi dan pemegang saham.

Dalam aktivitas bisnis, seorang CEO dipercaya dalam mengelola keseluruhan perusahaan, membuat keputusan penting, serta bertindak sebagai titik komunikasi utama dengan dewan direksi dan pemegang saham.

Tidak hanya itu, kinerja dan peran CEO memiliki beragam variasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya, tergantung pada ukuran perusahaan, budaya, dan struktur perusahaan. Pada perusahaan besar, CEO biasanya hanya berurusan dengan keputusan strategis tingkat tinggi dan semua hal terkait pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan.

Hal itu dapat dicontohkan seperti beberapa kasus, seperti merencanakan strategi bisnis dan menentukan keputusan operasional manajemen tingkat atas. Sedangkan di perusahaan yang lebih kecil, CEO sering kali lebih aktif dan terlibat dengan fungsi sehari-hari. Misalnya, terlibat dalam perekrutan staff atau ikut membantu dalam proyek bisnis kecil.

Adapun pada dasarnya, CEO memang lebih banyak terlibat dalam hal-hal yang bersifat strategis seperti rapat dengan para direksi atau rapat lainnya. Dilansir dari hasil riset milik Harvard Business School, 72% waktu kerja dari CEO dihabiskan untuk rapat. Biasanya dari rapat ini lah akan menghasilkan berbagai rencana atau strategi untuk terus mengembangkan bisnis dari perusahaan.

Tidak hanya untuk menjalani tugas yang berkaitan langsung dengan dengan pekerjaan dan bisnis, seorang CEO juga dianggap sebagai wajah dari perusahaan yang dipimpinya. Hal ini membuat, rata-tata CEO pasti memiliki lingkungan sosial yang besar dan dikenal oleh banyak orang.

Hal itu dapat dilihat dari kinerja Elon Musk yang memiliki identik dengan Tesla. Seperti yang kamu lihat di media, Elon Musk sering melakukan wawancara, tampil di radio dan TV, serta menghadiri acara lokal (Seminar). Hal ini menunjukkan bahwa seorang CEO tidak hanya bekerja dalam lingkungan perusahaan, melainkan juga perlu membangun citra yang baik terhadap publik.

Tugas CEO di Perusahaan

Dilansir dari Skillacademy.com, CEO adalah penanggung jawab dari perusahaan secara langsung, berikut tugas-tugasnya:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...