10 Jembatan Terpanjang di Dunia di Tahun 2022

Dwi Latifatul Fajri
31 Januari 2022, 12:43
Jembatan Terpanjang Di Dunia
rlist.io
Jembatan Terpanjang di Asia

Jembatan terpanjang di dunia saat ini berada di negara Cina, yaitu The Danyang-Kunshan Grand Bridge (Jembatan Besar Danyang Khunsan). Panjang jembatan mencapai 164,8 kilometer (km) .

Jembatan Danyang mulai dibangun tahun 2006 dan mempekerjakan lebih dari 10.000 orang. Biaya pembuatan jembatan mencapai US$8,5 juta atau Rp121,3 triliun. Mengutip dari webuildvalue.com, jembatan ini selesai dibangun tahun 2010.

Jembatan Danyang melewati sungai, danau, dan sawah untuk jalur kereta api berkecepatan tinggi. Kereta api tersebut digunakan untuk jalur kota Beijing dan Shanghai.

Jembatan Terpanjang di Dunia Tahun 2022

Ternyata, jembatan terpanjang di dunia sebagian besar berada di Asia. Selain jembatan besar Danyang Kunshan, masih ada jembatan panjang lain di negara Cina dan negara lain. Berikut daftar jembatan terpanjang di dunia, mengutip dari constructionkenya.com:

1. Changhua–Kaohsiung Viaduct, Taiwan (157 km)

Jembatan Changhua–Kaohsiung merupakan jembatan kedua terpanjang di dunia. Jembatan ini digunakan untuk kereta cepat di Taiwan, yang selesai dibangun tahun 2007.

Jembatan ini dibangun dari Changhua–Kaohsiung ke Baguashan di daerah Chang-hua. Jalur jembatan kereta api ini dibangun di daerah rawan gempa. Sehingga jalur kereta dirancang bisa bertahan dari gempa bumi.

Jika terjadi gempa bumi, kereta akan berhenti otomatis selama gempa, sehingga aman untuk penumpang.

2. Tianjin Grand Bridge (113,7 km)

Jembatan Tianjin berada di negara Cina yang digunakan untuk jalur kereta api Beijing Shanghai dengan Langfang ke Qingxian. Jembatan Tianjin didesain dengan jalur layang supaya seseorang tidak melintasi jalur rel kereta api.

3. Cangde Grand Bridge (105,81 km)

Jembatan Cangde Grand berada di Cina yang selesai dibangun tahun 2010. Jembatan ini digunakan untuk kereta api jalur cepat yang dibuat khusus untuk menahan gempa. Cangde Grand juga didukung 3.092 dermaga yang membuat jembatan tetap stabil meski ada gempa.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...