Parafrase Adalah Susunan Ulang Tatanan Bahasa, Ini Penjelasannya

Image title
31 Januari 2022, 13:54
Parafrase Adalah Susunan Ulang Tatanan Bahasa, Ini Penjelasannya
ANTARA FOTO/Dodo Karundeng
Pematung Dolorosa Sinaga memegang dua bukunya dalam bahasa Indonesia dan Inggris, pada acara peluncuran buku dan pamerannya yang berjudul "Dolorosa Sinaga; Tubuh, bentuk, Subtansi" Galeri Nasional, Jakarta, Jumat (31/1/2020). Pameran pematung lulusan Institut Kesenian Jakarta dan juga pengajar seni rupa IKJ ini, yang telah berkarya selama 40 tahun ini, akan berlangsung hingga 11 Februari 2020 ini.

Para penulis atau orang-orang yang aktif dalam kegiatan penulisan, tentu sudah akrab dengan istilah parafrasa atau yang biasa disebut dengan parafrase. Secara bahasa parafrase lahir dari dari bahasa latin “paraphrasis“ dan bahasa yunani παράφρασις (Paraphrasein) yang sama-sama memiliki arti yaitu "cara ekspresi tambahan".

Dapat diartikan bahwa parafrase adalah bentuk pengungkapan kembali suatu tata bahasa, kalimat, atau pernyataan dengan menggunakan diksi yang lebih sederhana tanpa mengubah makna dari bahasa tersebut.

Pada umumnya, teknik menulis parafrase biasa digunakan oleh para penulis untuk terhindar dari tindakan plagiarisme dengan cara memberikan kutipan tidak langsung dari teks aslinya. Hal yang dilakukan oleh penulis dengan menggunakan teknik parafrasa merupakan sesuatu yang tidak melanggar hukum, karena penulis hanya menulis ulang ide tersebut dengan kalimatnya sendiri.

Tujuan Parafrase

Tujuan dari parafrase adalah membuat penulis terhindar dari plagiarisme. Selain itu membuat gagasan lebih mudah dimengerti oleh para pembacanya. Berikut penjelasannya:

1. Menghindari Terjadinya Plagiarisme

Parafrase adalah upaya penulis menghindari terjadinya praktik plagiarisme. Makna dari plagiarisme adalah aktivitas menjiplak yang melanggar hak cipta. Aktivitas tersebut bisa dikategorikan pencurian dan pemalsuan karya dari orang lain. Dengan menyajikan ide pencipta karya dengan bahasa sendiri bisa terbebas dari plagiarisme.

2. Menyederhanakan Gagasan Agar Lebih Dimengerti Pembaca

Parafrase adalah upaya menyederhanakan tulisan agar menjadi lebih sederhana dan memudahkan pembaca agar informasi sumber dengan bahasa yang mudah agar bisa dimengerti oleh banyak orang. Konsekuensi dari parafrase adalah relevansi dengan menggunakan teknik parafrase ide dan gagasan bisa dengan sopan disampaikan bahkan dalam kegiatan rapat, percakapan, atau persentasi.

Cara Sederhana Melakukan Parafrase

1. Membaca bagian tulisan berulang dan beberapa kali untuk memahami artinya sepenuhnya
2. Melakukan pencatatan konsep utama.
3. Melakukan penulisan versi teks Anda tanpa melihat aslinya.
4. Membandingkan teks parafrase Anda dengan bagian aslinya dan buat sedikit penyesuaian pada frasa yang tetap terlalu mirip.
5. Mengutip sumber di mana Anda menemukan ide tersebut.

Tips Melakukan Parafrase

Berikut tips melakukan parafrase yang dikutip dari situs Hukumonline.com:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...