Teks Anekdot Adalah Cerita Lucu, Kenali Ciri dan Strukturnya

Image title
7 Februari 2022, 10:38
Ilustrasi teks anekdot yang disampaikan oleh penulis di buku hariannya. Teks anekdot adalah sebuah cerita atau kisah yang mengandung sifat lucu, serta menjadi perantara dalam menyampaikan kritik.
Unsplash/Aaron Burden
Ilustrasi teks anekdot yang disampaikan oleh penulis di buku hariannya.

Dalam percakapan sehari-hari baik melalui lisan atau tulisan selalu ada sebuah kutipan kisah jenaka yang kita temukan. Saat ini juga banyak orang yang suka membagikan kisah lucu, baik itu melalui pesan pribadi maupun pesan dari grup keluarga, teman atau kerabat. Kisah atau cerita lucu yang sering dibagikan tersebut pada dasarnya termasuk teks anekdot.

Penjelasan Singkat Tentang Teks Anekdot

Secara bahasa, dapat diartikan bahwa teks anekdot adalah sebuah cerita atau kisah yang mengandung sifat lucu. Meskipun berisi cerita lucu, tetapi teks anekdot juga bisa memiliki banyak maksud yang biasanya digunakan untuk menyampaikan kritik.

Sebagian besar kalangan masyarakat beranggapan bahwa sebuah teks yang mengandung cerita yang berisi rangkaian beberapa kalimat lucu. Namun, kriteria teks anekdot bukan hanya lucu, tetapi bisa menyampaikan maksud penulis.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks anekdot adalah sebuah cuplikan cerita singkat yang memiliki daya tarik karena ada kandungan humor yang membuat orang terkesan. Selain itu, teks anekdot biasanya juga membahas orang penting atau terkenal dan tentunya berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Hal ini yang membuat teks anekdot pada dasarnya merupakan sebuah cerita lucu yang ditulis dan dibuat berdasarkan apa yang terjadi di dunia nyata.

Sebuah penelitian yang dirangkum dalam buku yang berjudul Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan karya Taufiqur Rahman bahwa teks anekdot adalag teks yang sering mengangkat topik terkait politik, lingkungan, sosial, layanan umum, dan kebiasaan banyak orang. Dalam buku tersebut juga disebutkan bahwa teks anekdot adalah teks yang memiliki bentuk dialog singkat dari dua tokoh.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...