Ekonomi Kreatif Adalah Ekonomi Baru, Ini Definisi dan Ruang Lingkupnya

Image title
17 Februari 2022, 09:32
Ekonomi kreatif adalah ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi berdasarkan pada kreatifitas, keterampilan, dan bakat individu untuk menciptakan daya kreasi dan daya cipta individu yang bernilai ekonomis. Akun Ghozali Everyday di OpenSea merupakan salah sa
OpenSea
Ekonomi kreatif adalah ekonomi kreatif adalah kegiatan ekonomi berdasarkan pada kreatifitas, keterampilan, dan bakat individu untuk menciptakan daya kreasi dan daya cipta individu yang bernilai ekonomis. Akun Ghozali Everyday di OpenSea merupakan salah satu dari contoh ekonomi kreatif.

Ekonomi kreatif adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Ruang lingkupnya berkembang pada sektor kreatif seperti di industri musik, film, seni rupa, dan lain sebagainya.

Di era kecanggihan teknologi saat ini, ekonomi kreatif adalah salah satu bentuk aktivitas ekonomi yang mendapat ruang yang cukup besar untuk berkembang. Selain di bidang seni, sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang produknya dihasilkan melalui proses kreatif bisa dikategorikan sebagai contoh dari ekonomi kreatif.

Singkatnya, ekonomi kreatif adalah sebuah konsep untuk merealisasikan pembangunan ekonomi berbasis kreatifitas. Lebih jelasnya simak rangkuman pembahasan tentang definisi ekonomi kreatif, ruang lingkup ekonomi, dan contoh ekonomi kreatif berikut ini.

Awal Mula Istilah Ekonomi Kreatif Muncul

Melansir Cvsuite.org, John Howkins pertama kali mempopulerkan istilah ekonomi kreatif dalam bukunya tahun 2001 berjudul The Creative Economy, yang mendasarkan model dan konsepnya pada beberapa faktor yang meliputi penelitian dan pengembangan, barang dan jasa budaya, dan seni.

Mengutip dari buku Ekonomi Kreatif Indonesia: Strategi Daya Saing UMKM Industri Kreatif Menuju Go Global (Sebuah Riset Dengan Model Pentahelix), John Howkins merupakan seorang ekonom asal Inggris.  Menurut Howkins kreatifitas dan ekonomi sudah sejak lama. Akan tetapi, hubungannya dalam memberikan nilai tambah merupakan sesuatu yang baru. Dia memberikan contoh pada subsektor industri musik yang penghasilannya jauh lebih tinggi daripada penjualan mobil di Inggris.

Pandangan tentang ekonomi kreatif kemudian terus berkembang. Hal ini menghasilkan fokus ulang dalam edisi kedua buku yang ditulis oleh Howkins pada tahun 2013, di mana ia menganggap karakteristik yang menentukan ekonomi kreatif sebagai nilai ekonomi yang didasarkan pada kreatifitas, dan kreatifitas itu sendiri. 

Menurut Stanford Social Innovation, ekonomi kreatif adalah sebuah sektor ekonomi yang mengaburkan batas antara “industri” karena berada di persimpangan seni, budaya, bisnis, dan teknologi. Ekonomi kreatif meliputi fotografi, desain grafis, desain fashion, pembuatan film, arsitektur, penerbitan, video game dan banyak lagi.

Ada perbedaan mendasar antara istilah ekonomi kreatif dan industri kreatif. Sebab konsep ekonomi kreatif tidak hanya menangkap jejak sektor industri kreatif, tetapi juga mencakup efek limpahan dan kontribusi kreatif ke bagian lain dari ekosistem ekonomi. Menurut British Council, konsep industri kreatif dan kepentingannya, diakui oleh hampir setiap pemerintah di dunia dan mulai memberi jalan kepada gagasan yang lebih inklusif tentang ekonomi kreatif yang lebih luas.

Sederhananya dalam ekonomi kreatif kita dapat mengamati perbedaannya melalui tenaga kerja kreatif, yang memungkinkan perbedaan antara pekerja kreatif spesialis dan pendukung yang dipekerjakan di industri kreatif.

Definisi Ekonomi Kreatif

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata ekonomi memiliki arti sebagai pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga. Sedangkan kata kreatif berarti mempunyai daya cipta atau kemampuan untuk menciptakan yang menghendaki kecerdasan serta imajinasi.

Sebenarnya istilah ekonomi kreatif tidak memiliki definisi tunggal. Menurut United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), ekonomi kreatif adalah konsep yang berkembang atas interaksi antara kreatifitas manusia dan ide-ide dan kekayaan intelektual, pengetahuan dan teknologi. 

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...