Sudah Dibuka, Begini Cara Daftar SNMPTN di snmptn.ltmpt.ac.id

Pendaftaran SNMPTN 2022 sudah dibuka sejak 14 Februari lalu. Untuk daftar SNMPTN Anda bisa mengakses laman snmptn.ltmpt.ac.id. Berikut ini penjelasan lengkapnya.
Image title
17 Februari 2022, 14:42
Sudah Dibuka, Begini Cara Daftar SNMPTN di snmptn.ltmpt.ac.id
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/hp.
Ilustrasi pendaftaran SNMPTN

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT telah membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 14 Februari 2022. Untuk Anda yang hendak daftar SNMPTN, Anda bisa langsung mengakses laman snmptn.ltmpt.ac.id.

Perlu dipahami SNMPTN adalah jalur masuk perguruan tinggi negeri dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi akademik yang dimiliki selama sekolah. Siswa dengan nilai akademik konsisten dan memiliki prestasi lain memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi ini.

Syarat Daftar SNMPTN

Pendaftaran SNMPT 2022 dibuka pada 14 Februari dan ditutup pada 28 Februari 2022. Untuk bisa mengikuti seleksi ini, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. Adapun syarat daftar SNMPTN 2022 sebagai berikut:

  1. Mempunyai akun LTMPT yang telah difinalisasi.
  2. Masuk dalam kuota pendaftaran SNMPTN atau eligible.
  3. Memiliki NISN dan terdaftar dalam portal data sekolah dan siswa (PDSS).
  4. Memiliki nilai semester 1-5 yang terlah diisi di PDSS.
  5. Peserta SNMPTN yang memiliki program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.
  6. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing perguruan tinggi negeri.

Cara Daftar SNMPTN 2022

Setelah syarat pendaftaran SNMPTN 2022 terpenuhi, maka Anda bisa langsung mendaftar seleksi tersebut. Berikut langkah-langkah untuk daftar SNMPTN:

Advertisement
  1. Akses laman snmptn.ltmpt.ac.id, lalu masuk ke email dan password yang telah dibuat.
  2. Setelah itu, Anda bisa langsung memilih program studi pada menu “Pilihan”.
  3. Apabila prodi yang dipilih mensyaratkan portofolio, maka Anda harus mengunggah portofolio. Jika tidak mensyaratkan portofolio, maka halaman tersebut tidak perlu diisi.
  4. Apabila memiliki prestasi akademik, Anda bisa mengisi prestasi tersebut di halaman “prestasi”.
  5. Setelah semua data diisi dan Anda yakin semuanya sudah benar, silahkan lakukan finalisasi.
  6. Terakhir, unduh dan cetak kartu registrasi.

Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2022 di LTMTP

Sebelum proses pendaftaran, ternyata ada serangkaian tahapan SNMPTN yang harus dilalui. Mengutip dari ltmpt.ac.id, berikut beberapa tahapan pendaftaran SNMPTN 2022.

  1. Pengumaman kuota.
  2. Registrasi akun LTMPT bagi sekolah.
  3. Registrasi akun LTMPT untuk siswa.
  4. LTMPT akan menginformasikan jumlah siswa yang bisa mendaftar SNMPTN berdasarkan akreditasi sekolah.
  5. Sekolah menentukan calon peserta SNMPTN.
  6. Pengisian data Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh sekolah.
  7. Pendaftaran SNMPTN di portal LTMPT.
  8. Pemilihan perguruan tinggi negeri dan program studi.
  9. Pengunggahan portofolio bagi peserta SNMPTN yang memilih porgram studi bidang seni dan olahraga.
  10. Proses seleksi jalur masuk SNMPTN.
  11. Pengumuman SNMPTN.
  12. Proses daftar ulang bagi calon mahasiswa yang diterima program SNMPTN.

Cara Memilih Jurusan yang Tepat Ketika Daftar SNMPTN

Memilih jurusan saat mendaftar SNMPTN terkadang menjadi kebingungan tersendiri. Sebab jika salah jurusan, bisa menyebabkan kuliah menjadi kurang nyaman. Agar tidak salah pilih jurusan saat daftar SNMPTN, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Pilih program studi yang disukai

Tips memiliki jurusan kuliah yang pertama yaitu pilihlah jurusan yang disukai. Jangan pilih jurusan karena pengaruh orang lain atau hanya mengikuti tren semata. Pastikan bahwa jurusan yang dipilih memang berasal dari keinginan sendiri. Agar saat kuliah nanti, bisa lebih senang menjalaninya.

2. Sesuaikan dengan kampus tujuan

Untuk memilih jurusan, Anda juga bisa memilih jurusan berdasarkan kampis yang dituju. Maka dari itu, sebelum daftar SNMPTN kita perlu mencari tahu terlebih dahulu jurusan-jurusan yang ada di kampus impian.

3. Perhatikan daya tampung dan persaingannya

Agar bisa diterima dalam seleksi SNMPTN, Anda juga perlu mempertimbangkan daya tampung dan persaingan jurusan yang hendak Anda pilih. Anda bisa melihat daya tampung jurusan di laman resmi dari masing-masing PTN.

Untuk penempatan jurusan, Anda bisa menempatkan jurusan dengan persaingan ketat atau daya tampung sedikit di pilihan pertama. Sedangkan untuk pilihan kedua dan ketiga, Anda bisa menempatkan jurusan dengan daya saing lebih rendah dibandingkan pilihan pertama. Hal ini bertujuan agar, saat tidak diterima pada pilihan pertama, Anda masih memiliki kesempatan di pilihan kedua dan ketiga.

Demikian ulasan tentang SNMPTN mulai dari syarat pendaftaran hingga tips untuk memilih jurusan di SNMPTN. Informasi tersebut penting untuk diketahui sebelum mendaftar SNMPTN agar tidak terjadi kesalahan saat proses pendaftaran.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait