Laporan Adalah Catatan Terperinci dari Kegiatan, Ini Penjelasannya

Image title
21 Februari 2022, 09:19
Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Wana Alamsyah menunjukan dokumen laporan saat tiba di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (3/6/2021). ICW melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri ke Bareskrim Polri atas dugaan penerimaan gratifikasi. Laporan adalah suatu c
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.
Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Wana Alamsyah menunjukan dokumen laporan saat tiba di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (3/6/2021). ICW melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri ke Bareskrim Polri atas dugaan penerimaan gratifikasi.

Dalam sebuah kegiatan selalu ada laporan sebagai bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban, secara lisan maupun secara tertulis. Laporan merupakan salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari bawahan ke atasan atau dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya. 

Pengertian Singkat Tentang Laporan

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), laporan adalah segala sesuatu yang dikutip dan menjadi laporan atau berita. Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), laporan adalah catatan terperinci mengenai akun seorang nasabah yang meliputi perkiraan debit, peluasan kredit, transfer antar-akun, dan biaya (statement).

Laporan juga sering disebut sebagai teks klasifikasi. Hal ini dikarenakan teks ini mengklasifikasikan sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.

Teks ini hampir sama teks deskripsi, yang membedakan adalah sifatnya. Teks laporan bersifat umum atau universal, sedangkan teks deskripsi lebih bersifat khusus dan mendetail.

Dalam laporan, ada teks yang berisi laporan hasil pengamatan atau penelitian yang telah dilakukan, dan bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca. Oleh karena itu, teks ini dibuat berdasarkan data-data yang valid yang telah dikumpulkan, bukan berdasarkan imajinasi sang penulis.

Teks laporan bisa berbentuk banyak hal, bisa berupa teks laporan penelitian atau teks laporan perjalanan. Itulah gambaran atau pengertian teks laporan hasil secara umum.

Pengertian Laporan Menurut Para Ahli

Penjelasan mengenai arti laporan menurut sejumlah para ahli:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...