Panduan Cara Cek Nomor Telkomsel, Cek Kuota, dan Transfer Pulsa

Telkomsel adalah salah satu operator seluler dengan jumlah terbanyak di Indonesia. Oleh sebab itu, bagi Anda pengguna Telkomsel, berikut ulasan cara cek nomor Telkomsel dan lainnya.
Image title
2 November 2021, 08:56
Ilustrasi Telkomsel
Ilustrasi Telkomsel

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan orang-orang terhadap layanan operator seluler kian meningkat. Selain pulsa reguler, kini banyak kalangan baik itu anak muda sampai orang dewasa, sangat bergantung pada jaringan internet.

Jaringan internet dibutuhkan untuk saling terhubung. Sebab, di era sekarang hampir semua pekerjaan bisa dilakukan secara daring (dalam jaringan). Apalagi di masa pandemi Covid-19. Dimana sebagian perusahaan besar mendorong atau mewajibkan karyawannya bekerja dari rumah. Istilah kerennya work from home (WFH).

Di Indonesia salah satu operator seluler yang jumlah penggunanya paling banyak adalah Telkomsel.

Merujuk pada databooks Katadata.co.id, hingga bulan Juni 2021 pengguna Telkomsel di Indonesia tercatat mencapai 169,2 juta orang. Dengan rincian 162,48 juta pelanggan prabayar. Sedangkan sisanya adalah pelanggan pascabayar sebanyak 6,72 juta orang.

Advertisement

Alasan yang mungkin mendasari banyaknya orang Indonesia menggunakan Telkomsel salah satunya adalah jaringan internetnya. Berdasarkan laporan yang diterbitkan Speedtest, pada kuartal III-2021 Telkomsel jadi provider atau operator seluler dengan internet tercepat di Indonesia. Menurut laporan tersebut, skor kecepatan internet Telkomsel mencapai 30,49 poin. 

Terdapat kenaikan dalam angka tersebut sebesar 8,8% dibandingkan kuartal sebelumnya yang hanya sebesar 28,02 poin.

Dalam artikel kali ini Katadata.co.id akan mengulas tentang Telkomsel. Khususnya terkait cara cek nomor Telkomsel, cara transfer kuota Telkomsel, hingga cara kirim kuota Telkomsel. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Cek Nomor Telkomsel

Bagi pengguna lama Telkomsel, baik itu yang memakai kartuHalo, simPATI, Kartu As, serta Loop, tentu sudah hafal bagaimana cek nomor Telkomsel di ponselnya. Namun, apakah hal ini berlaku untuk pengguna baru?, bahkan tidak jarang juga ada pengguna lama yang lupa dengan nomor kartu Telkomsel miliknya. Jika berada di posisi tersebut Anda jangan takut. Simak penjelasan cara cek nomor Telkomsel berikut ini.

1. Cek Nomor Telkomsel Lewat Ponsel

Langkah pertama atau cara cek nomor Telkomsel paling mudah dan cepat, yakni menggunakan ponsel. Seperti dikutip dari laman resminya telkomsel.com, berikut tahapannya.

  • Buka menu panggilan

Pertama Anda harus membuka terlebih dahulu menu panggilan di ponsel.

  • Tekan *808#.

Kemudian masukan atau tekan "*808#".

  • Pilih dan tekan tombol Call atau Panggil

Setelah menekan *808#, tahap berikutnya Anda harus menekan tombol panggil. Setelah itu tunggu beberapa saat.

  • Muncul Informasi nomor Telkomsel melalui pop up notifikasi

Jika ada pop up notifikasi di layar ponsel, Anda sebaiknya langsung mencatat. Sebab, di pemberitahuan ini menyertakan juga informasi tentang nomor Telkomsel Anda.

Untuk memakai layanan ini ternyata ada beberapa prosedur atau syarat yang harus diketahui. Beberapa di antaranya Anda harus memiliki pulsa reguler pada kartu Telkomsel. Sebab, layanan ini dikenakan biaya. Rinciannya sebesar Rp100/permintaan untuk pengguna prabayar, dan Rp100/permintaan untuk pengguna pascabayar.

2. Cek Nomor Telkomsel Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Cara kedua yang bisa digunakan untuk cek nomor Telkomsel adalah menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Namun sebelum menggunakannya, aplikasi ini harus terpasang dulu di ponsel Anda.

Mengapa demikian? Cara yang satu ini hanya bisa diterapkan pada saat Anda tidak hafal beberapa digit nomor Telkomsel Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel

Untuk mengetahui nomor Telkomsel, Anda bisa membuka aplikasi ini yang sudah terpasang di ponsel.

  • Informasi Nomor Telkomsel ada Pada Tampilan Home

Setelah membuka aplikasi MyTelkomsel, biasanya informasi dasar seputar nama pengguna dan nomor Telkomsel ada di bagian "Home".

Cara Transfer Pulsa Telkomsel Paling Mudah

Untuk mentransfer pulsa reguler pada operator Telkomsel, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya menggunakan aplikasi MyTelkomsel. 

Mengutip dari laman resminya yaitu telkomsel.com, berikut cara lengkap transfer pulsa Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel:

  •  Instal Aplikasi MyTelkomsel

Langkah pertama untuk mengakses semua layanan dari Telkomsel melalui handphone secara langsung, tentunya adalah memasangnya terlebih dahulu. Aplikasi MyTelkomsel bisa diunduh gratis di Google PlayStore ataupun Apple AppStore.

  • Buka Aplikasi MyTelkomsel

Setelah aplikasi ini terpasang, langkah berikutnya adalah membuka aplikasi MyTelkomsel. Data diri berupa nama dan nomor kartu Telkomsel harus disertakan, saat membuka aplikasi tersebut.

  • Pilih akses menu "Hadiah"

Setelah mengisi data diri, langkah berikutnya adalah memilih akses menu "Hadiah". Tampilan aplikasi MyTelkomsel yang user friendly akan memudahkan penggunanya, untuk mengakses menu tersebut.

  • Pilih Transfer Kredit

Langkah berikutnya setelah mengakses menu Hadiah adalah menekan pilihan Transfer Kredit di MyTelkomsel. Penggunanya bisa juga mencari besaran jumlah pulsa Telkomsel yang bakal ditransfer.

  • Pilih Metode Pembayaran

Usai memilih menu "Pilih Transfer Kredit", tahap selanjutnya adalah memilih metode pembayaran. Biasanya terdapat beberapa opsi pembayaran pada menu tersebut. Misalnya membayar dengan pulsa pribadi.

  • Masukan Kode OTP

Langkah selanjutnya adalah menunggu kode OTP. Jika sudah didapat, pengguna bisa memasukan kode OTP tersebut di aplikasi MyTelkomsel.

  • Cek Notifikasi

Usai memasukan kode OTP, pengguna harus mengecek pemberitahuan atau notifikasi pada aplikasi MyTelkomsel. Bila tahapan di atas dilakukan dengan benar, maka biasanya transfer pulsa ke sesama pengguna Telkomsel itu akan berhasil.

Selain fitur di atas, sebenarnya banyak lagi menu atau layanan yang ditawarkan dalam aplikasi tersebut. Aplikasi MyTelkomsel sendiri adalah layanan yang diluncurkan Telkomsel untuk memudahkan penggunanya.

Cara Transfer Kuota Telkomsel

Bagi pengguna Telkomsel, terkadang di beberapa momen tertentu kuota internetnya tiba-tiba habis. Ini bisa disebabkan oleh pemakaiannya yang boros atau hal lainnya.

Di situasi darurat seperti itu ternyata ada jalan keluarnya. Tak perlu beli, Telkomsel ternyata punya layanan khusus untuk mentransfer kuota internet. Jika Anda tertarik ingin mengetahuinya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

  • Akses UMB di menu panggilan dan tekan  *500*2# .
  • Kemudian pilih opsi '1. Ya' untuk melakukan transaksi.
  • Masukkan nomor Telkomsel penerima.
  • Masukkan jumlah kuota yang ingin di transfer.
  • Tekan atau pilih '1. Setuju' untuk mengkonfirmasi transaksi tersebut.
  • Setelah itu informasi transaksi berhasil jika notifikasi muncul.

Demikian ulasan tentang cara cek nomor Telkomsel hingga transfer pulsa dan kirim kuota. Dengan segala kemudahannya, pantas saja dari waktu ke waktu pengguna Telkomsel terus bertambah.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait