7 Cara Buka Rekening BCA Online Melalui Aplikasi Ponsel

Bagi anda yang ingin membuka rekening tabungan di BCA, sekarang bisa mendaftar secara online tanpa perlu ke cabang bank. Berikut cara buka rekening BCA Online.
Dwi Latifatul Fajri
14 Oktober 2021, 12:04
Buka Rekening Bca
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Perkembangan teknologi memudahkan layanan bank yang bisa diakses masyarakat. Nasabah bisa bertransaksi perbankan secara online tanpa perlu pergi ke kantor bank. Cukup menyiapkan beberapa persyaratan dan mengikuti petunjuk pendaftaran.

Bank Central Asia (BCA) juga menyediakan fasilitas rekening secara online, melalui aplikasi BCA Mobile yang bisa diunduh pada ponsel pintar. Keunggulan BCA Mobile bisa melakukan pembukaan rekening secara online tanpa perlu ke bank.

Selain itu pengguna bisa menikmati transaksi tarik atau setor tunai tanpa perlu memakai kartu. BCA juga menawarkan jenis tabungan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Contohnya jenis tabungan pribadi, Xpresi, Gold, dan Tapres. Tabungan tersebut memberi keuntungan yang bisa dipilih konsumen.

Sebelum memulai pendaftaran tabungan, Anda persiapkan persyaratan buka rekening BCA Online seperti e-KTP, kertas untuk tanda tangan, dan NPWP (jika ada).

Cara Buka Rekening BCA Online

Cara Buka Rekening Bca Online
Cara Buka Rekening Bca Online (bca.co.id)

 

1. Mengunduh aplikasi BCA Mobile

Calon nasabah mengunduh aplikasi BCA Mobile pada di Play Store atau AppStore sesuai jenis ponsel. Setelah diunduh, masukkan nomor ponsel sebagai tahapan awal registrasi.

2. Buka Tabungan Baru

Setelah memasukkan nomor ponsel, akan ada beberapa pilihan. Pilih menu Buka Rekening Baru untuk mendaftarkan tabungan. Setelah itu klik Buka Rekening, kemudian muncul beberapa menu.

Menu tersebut seperti mempersiapkan dokumen, video call atau panggilan video dengan Customer Service (CS), mengaktifkan mobile dan internet banking, lalu setoran awal.

3. Pilih Tabungan

Ada beberapa pilihan untuk calon nasabah memilih jenis tabungan. Ada tabungan Tahapan BCA, tabungan Xpresi, tahapan Gold, dan Tapres. Berikut penjelasan singkat tentang jenis tabungan:

  • Tabungan

Merupakan tabungan pribadi untuk perorangan. Saldo minimal rekening BCA sebesar Rp50.000. Saldo rata-rata minimal per bulan Rp100.000 yang berlaku bulan berikutnya setelah pembukaan rekening baru.

  • Tahapan Xpresi

Tabungan pribadi untuk perorangan dan saldo minimal rekening BCA sebesar Rp10.000. Tidak ada saldo rata-rata minimal sebulan.

  • Tahapan Gold

Calon nasabah bisa perorangan atau yayasan. Saldo minimum yang ditahan Rp50.000. Sedangkan saldo rata-rata minimum per bulan Rp10.000.000 mulai diberlakukan pada bulan berikutnya setelah pembukaan rekening.

  • Tapres

Calon nasabah adalah perorangan, untuk Saldo minimal rekening BCA sebesar Rp5.000.000 yang mulai diberlakukan di bulan berikutnya.

Setelah memilih jenis tabungan kemudian verifikasi no. hp dan klik kirim. Tunggu mendapatkan pemberitahuan SMS untuk kode akses ke BCA mobile. Setelah memasukkan kode kemudian klik lanjut.

4. Siapkan Dokumen

Bagian awal anda mempersiapkan beberapa dokumen seperti e-KTP, tanda tangan elektronik, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan data diri.

Tahapan pertama adalah menyiapkan foto e-KTP di ponsel supaya terlihat jelas. Setelah itu akan muncul nomor e-KTP yang ditampilkan di bawah foto e-KTP kemudian klik lanjut.

Akan ada pilihan foto e-KTP, foto diri, tanda tangan elektronik, dan data NPWP. Pastikan foto dokumen terlihat jelas. Seperti mengatur posisi kamera sesuai petunjuk di aplikasi. Setelah selesai swafoto, kemudian foto tanda tangan di kertas. Pastikan foto tersebut terlihat jelas. Jika ada pemberitahuan berhasil mengisi seluruh dokumen klik lanjut.

5. Isi Data Diri

Akan muncul menu untuk transaksi, menabung, investasi, dan keperluan pribadi. Pilih tujuan untuk membuka rekening.

Lengkapi informasi data diri seperti nama ibu kandung, status perkawinan, agama, dan status tempat tinggal, setelah itu klik lanjutkan. Isi informasi pribadi seperti pekerjaan kemudian klik lanjut.

6. Pilih jenis kartu

Saldo Minimal Rekening Bca
Saldo Minimal Rekening Bca (bca.co.id)

 

Akan ada tiga pilihan kartu digital yang dipilih. Kartu digital yaitu Paspor Platinum, Paspor Gold, dan Paspor Blue. Berikut penjelasannya:

  • Paspor BCA Platinum

Biaya administrasi perbulan sebesar Rp20.000. Sedangkan biaya pembuatan kartu dan penggantian kartu sebesar Rp20.000.

  • Paspor BCA Gold

Biaya administrasi sebesar Rp17.000 perbulan. Sementara biaya pergantian kartu dan pembuatan kartu sebesar Rp15.000

  • Paspor BCA Blue

Biaya administrasi perbulan sebesar Rp15.000. Sedangkan biaya pembuatan kartu dan penggantian kartu sebesar Rp10.000.

Klik pilih jenis kartu kemudian muncul no. email yang harus diisi untuk internet banking. Setelah itu muncul seluruh data, baca dengan seksama dan pilih centang untuk informasi yang sudah sesuai. Jika informasi salah, Anda bisa kembali untuk memperbaiki data.

Setelah semua data terisi, pilih lokasi cabang bank BCA terdekat. Pastikan cabang sudah benar sesuai alamat. Klik selanjutnya jika sudah memilih cabang bank BCA terdekat.

7. Verifikasi Data

Tahapan selanjutnya adalah panggilan video call dengan CS. Panggilan video ini untuk memastikan apakah verifikasi data dan dokumen sudah sesuai.

Setelah selesai melakukan panggilan kemudian CS akan mengirimkan email terkait data dan kartu. Klik 'Aktivasi Mobile Banking'. Aktivasi ini untuk membuat pin atm.

Selesai membuat pin, rekening telah aktif untuk melakukan transaksi. Lakukan setoran awal untuk memulai transaksi. Anda bisa setor melalui transfer BCA atau antar bank. Selain itu bisa juga transfer tunai tanpa kartu melalui ATM Setor.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait