Ketahui 12 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Sehat

Salah satu populer dalam produk perawatan rambut, ada berbagai manfaat minyak kelapa yang dapat menjadikan rambut menjadi lebih sehat dan kuat.
Image title
3 Agustus 2021, 13:37
manfaat minyak kelapa, manfaat minyak kelapa untuk rambut, minyak kelapa untuk rambut, minyak kelapa, khasiat minyak kelapa
Tijana Drndarski/pexels
Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas minyak kelapa semakin melonjak karena mengandung banyak manfaat. Minyak kelapa dibuat dengan cara memeras daging kelapa segar atau daging kelapa kering.

Mayoritas produksi minyak kelapa dunia berasal dari Australia, Afrika Timur, Indonesia, Malaysia, Filipina dan Sri Lanka. Melansir dari penelitian oleh  Jacqueline B. Marcus yang dipublikasikan dalam jurnal Culinary Nutrition, satu sendok makan minyak kelapa mengandung:

  • 116 kalori.
  • 13,5 gram lemak total.
  • 11,7 gram lemak jenuh.
  • 0,8 gram lemak tak jenuh tunggal.
  • 0,2 gram lemak tak jenuh ganda.

Minyak kelapa telah digunakan selama bertahun-tahun untuk melembabkan rambut. Karena berbagai kegunaannya yang efektif, minyak kelapa telah menjadi bahan pokok dalam perawatan rambut.

Rambut adalah jaringan tubuh yang paling cepat tumbuh setelah sumsum tulang. Rata-rata manusia memiliki 100.000 – 150.000 helai rambut. Dalam sehari, kita kehilangan sekitar 50-150 helai rambut.

Perawatan rambut penting dilakukan, tidak hanya untuk penampilan, tetapi juga untuk kebersihan rambut secara keseluruhan. Memiliki rambut yang sehat dapat membawa rasa nyaman dan menambah tingkat kepercayaan diri.

Menggunakan minyak kelapa dapat menjadi salah satu metode perawatan rambut yang membawa banyak manfaat. Adapun manfaat minyak kelapa untuk rambut adalah sebagai berikut.

1. Melindungi rambut dari sinar matahari

Menurut studi dalam jurnal Collegium Antropologicum, minyak kelapa memiliki faktor perlindungan matahari dengan kemampuan untuk menghalangi sinar ultraviolet (UV). Sinar UV sinar dapat merusak lapisan pada helai rambut. Menggunakan minyak kelapa bermanfaat untuk melindungi rambut Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

2. Mengobati ujung rambut yang bercabang

Sebuah tinjauan dalam International Journal of Trichology mengungkapkan bahwa minyak kelapa dapat menyerap kedalam helai rambut secara lebih baik daripada minyak lain sehingga dapat membantu mencegah rambut patah dan bercabang. Minyak kelapa perlu digunakan secara rutin untuk melihat efeknya.

3. Melembutkan rambut

Penggunaan minyak kelapa pada rambut membantu mengembalikan protein yang hilang, sehingga rambut menjadi lembut kembali. Minyak kelapa kaya akan asam laurat dan mudah meresap ke dalam batang rambut, cocok untuk digunakan sebagai kondisioner sehari-hari.

4. Membuat rambut berkilau

Minyak kelapa memiliki manfaat untuk mengunci kelembapan rambut, sehingga membuat rambut lebih berkilau.

5. Mempercepat pertumbuhan rambut

Vitamin dan asam lemak esensial alami yang terkandung dalam minyak kelapa mampu menyehatkan kulit kepala dan membantu menghilangkan penumpukan sebum dari folikel rambut sehingga mempercepat pertumbuhan rambut.

6. Melawan ketombe

Ketombe dapat disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur atau ragi di kulit kepala. Studi yang diterbitkan dalam Antimicrobial Agents and Chemotherapy Journal mengungkap bahwa minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang berguna untuk melawan ketombe.

7. Melawan infeksi jamur

Rambut sehat dimulai dari akar. Menjaga kulit kepala dapat membantu rambut Anda tumbuh lebih baik. Satu studi baru yang diterbitkan dalam Microbiology Research Journal International menemukan bahwa minyak kelapa membantu melawan jenis infeksi jamur.

8. Membantu mengurai rambut kusut

Rambut Anda kusut? Oleskan minyak kelapa pada bagian yang kusut. Minyak kelapa mengandung beragam lemak yang mampu melembutkan rambut dan mempermudah Anda untuk menyisir rambut. Jadi, tak perlu khawatir lagi jika rambut Anda kusut.

9. Menata rambut

Masukkan beberapa sendok minyak kelapa ke dalam botol semprot dan semprotkan pada rambut sebelum menata rambut. Kandungan lemak dalam minyak kelapa dapat mempermudah penataan rambut. Jika Anda menggunakan minyak kelapa dalam bentuk solid, masukkan botol ke dalam mangkuk berisi air hangat selama beberapa menit agar minyak kelapa menjadi cair.

10. Melindungi rambut dari klorin

Air asin dan klorin dapat merusak rambut Anda ketika berenang di laut atau kolam. Sebelum Anda pergi ke kolam renang atau pantai, oleskan rambut Anda dengan minyak kelapa. Minyak kelapa tersebut berfungsi sebagai penghalang antara helai rambut dan air sehingga mampu melindungi rambut dari kerusakan akibat air laut dan klorin.

11. Gunakan minyak kelapa untuk mengatur rambut keriting

Jika rambut Anda keriting, kemungkinan besar Anda lebih sering mengalami rambut kering dan sulit diatur. Minyak kelapa sangat bagus digunakan untuk mengatur rambut keriting dan mencegah rambut kusut. Oleskan minyak kelapa pada rambut keriting untuk membuat rambut menjadi mudah diatur sekaligus melembapkan rambut.

12. Mengusir kutu rambut secara alami

Kutu rambut dapat menyiksa penderitanya. Selain membuat risih, kutu rambut juga berbahaya untuk kesehatan. Biasanya, kutu rambut dapat dihilangkan dengan obat kutu. Namun, seringkali banyak orang sulit menemukan obat kutu yang cocok, terutama yang memiliki kulit sensitif.

Minyak kelapa dapat menjadi pilihan alternatif yang sangat efektif untuk mengusir kutu rambut. Sebuah studi dalam European Journal of Pediatrics menggunakan campuran minyak kelapa, minyak adas manis, dan minyak kenanga untuk anak-anak yang terkena kutu. Hasilnya, setelah tiga kali sehari pemakaian selama lima hari, 92,3% partisipan mengalami penurunan jumlah kutu.

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Perawatan Rambut

Berikut adalah beberapa cara menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan rambut agar rambut menjadi sehat dan indah.

  • Sebagai kondisioner. Keramas rambut seperti biasa lalu oleskan sedikit minyak kelapa pada sisir dan mulai menyisir rambut dari bagian tengah hingga ujung.
  • Sebagai penghilang kusut. Setelah keramas, gosokkan sedikit minyak kelapa ke rambut dan pijat dengan lembut.
  • Sebagai masker rambut. Oleskan minyak kelapa pada rambut dan diamkan selama beberapa jam, atau bisa juga semalaman, sebelum dicuci menggunakan sampo.
  • Sebagai pelindung rambut. Gosokkan minyak kelapa pada rambut, kemudian mencucinya.
  • Sebagai perawatan kulit kepala. Sebelum tidur, pijat sedikit minyak kelapa ke kulit kepala. Biarkan semalaman dan bilas dengan sampo di pagi hari.

Jumlah minyak kelapa yang Anda butuhkan tergantung pada panjang dan jenis rambut Anda. Minyak kelapa umumnya dianggap aman untuk dioleskan ke kulit dan rambut Anda.

Namun, menggunakan terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan minyak pada rambut dan kulit kepala Anda. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda menggunakan sedikit saja dan tambahkan jika kurang. Demikian manfaat minyak kelapa untuk rambut serta cara penggunaannya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait