Ketahui 12 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Sehat

Image title
3 Agustus 2021, 13:37
manfaat minyak kelapa, manfaat minyak kelapa untuk rambut, minyak kelapa untuk rambut, minyak kelapa, khasiat minyak kelapa
Tijana Drndarski/pexels
Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas minyak kelapa semakin melonjak karena mengandung banyak manfaat. Minyak kelapa dibuat dengan cara memeras daging kelapa segar atau daging kelapa kering.

Mayoritas produksi minyak kelapa dunia berasal dari Australia, Afrika Timur, Indonesia, Malaysia, Filipina dan Sri Lanka. Melansir dari penelitian oleh  Jacqueline B. Marcus yang dipublikasikan dalam jurnal Culinary Nutrition, satu sendok makan minyak kelapa mengandung:

Advertisement
  • 116 kalori.
  • 13,5 gram lemak total.
  • 11,7 gram lemak jenuh.
  • 0,8 gram lemak tak jenuh tunggal.
  • 0,2 gram lemak tak jenuh ganda.

Minyak kelapa telah digunakan selama bertahun-tahun untuk melembabkan rambut. Karena berbagai kegunaannya yang efektif, minyak kelapa telah menjadi bahan pokok dalam perawatan rambut.

Rambut adalah jaringan tubuh yang paling cepat tumbuh setelah sumsum tulang. Rata-rata manusia memiliki 100.000 – 150.000 helai rambut. Dalam sehari, kita kehilangan sekitar 50-150 helai rambut.

Perawatan rambut penting dilakukan, tidak hanya untuk penampilan, tetapi juga untuk kebersihan rambut secara keseluruhan. Memiliki rambut yang sehat dapat membawa rasa nyaman dan menambah tingkat kepercayaan diri.

Menggunakan minyak kelapa dapat menjadi salah satu metode perawatan rambut yang membawa banyak manfaat. Adapun manfaat minyak kelapa untuk rambut adalah sebagai berikut.

1. Melindungi rambut dari sinar matahari

Menurut studi dalam jurnal Collegium Antropologicum, minyak kelapa memiliki faktor perlindungan matahari dengan kemampuan untuk menghalangi sinar ultraviolet (UV). Sinar UV sinar dapat merusak lapisan pada helai rambut. Menggunakan minyak kelapa bermanfaat untuk melindungi rambut Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

2. Mengobati ujung rambut yang bercabang

Sebuah tinjauan dalam International Journal of Trichology mengungkapkan bahwa minyak kelapa dapat menyerap kedalam helai rambut secara lebih baik daripada minyak lain sehingga dapat membantu mencegah rambut patah dan bercabang. Minyak kelapa perlu digunakan secara rutin untuk melihat efeknya.

3. Melembutkan rambut

Penggunaan minyak kelapa pada rambut membantu mengembalikan protein yang hilang, sehingga rambut menjadi lembut kembali. Minyak kelapa kaya akan asam laurat dan mudah meresap ke dalam batang rambut, cocok untuk digunakan sebagai kondisioner sehari-hari.

4. Membuat rambut berkilau

Minyak kelapa memiliki manfaat untuk mengunci kelembapan rambut, sehingga membuat rambut lebih berkilau.

5. Mempercepat pertumbuhan rambut

Vitamin dan asam lemak esensial alami yang terkandung dalam minyak kelapa mampu menyehatkan kulit kepala dan membantu menghilangkan penumpukan sebum dari folikel rambut sehingga mempercepat pertumbuhan rambut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement