Kenali 5 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Image title
6 Agustus 2021, 18:24
Kacang hijau memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan ibu hamil, kacang hijau, bubur kacang hijau, manfaat kacang hijau, resep bubur kacang hijau, tanaman kacang hijau, sari kacang hijau, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil, pertumbuhan kacang hijau,
Vie Studio/Pexels
Kacang hijau memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan ibu hamil

Kacang hijau merupakan salah satu bahan untuk membuat berbagai makanan dan minuman seperti sari kacang hijau, bubur, onde-onde, dan masih banyak lagi.

Berasal dari tanaman Vigna radiata, kacang hijau telah dibudidayakan sejak zaman kuno. Tanaman kacang hijau merupakan tanaman asli India, kemudian menyebar ke China dan berbagai belahan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produksi kacang hijau di Indonesia mencapai 271.463 ton pada tahun 2015. Kacang hijau merupakan komoditas terbesar kedua penyumbang ekspor setelah jagung sejak 2014 hingga Juni 2019. Ekspor kacang hijau mencapai 173,3 ribu ton pada tahun 2019.

Filipina dan Tiongkok merupakan negara utama tujuan ekspor kacang hijau disamping Taiwan. Ekspor dari tiga negara tersebut mencapai lebih dari 90% dari total ekspor Indonesia sebesar pada periode Januari-Agustus 2018. Sedangkan pada tahun 2019 ekspor kacang hijau dengan negara tujuan Jepang, Hongkong, Cina, Taiwan, Vietnam, Singapura, Philipina dan Timor Leste mencapai 3.400 ton dengan nilai Rp 42 miliar.

Kacang hijau tumbuh paling baik di tanah lempung berpasir yang subur dengan drainase internal yang baik dan pH dalam kisaran 6,3 dan 7,2. Kacang hijau membutuhkan tanah yang sedikit asam untuk pertumbuhan terbaik.

Biji kacang hijau paling banyak diminati karena mengandung banyak nutrisi dan memiliki rasa yang sedikit manis.  Satu porsi biji kacang hijau sebesar 202 grams mengandung:

  • Kalori: 212
  • Lemak: 0.8 grams
  • Protein: 14.2 grams
  • Karbohidrat: 38.7 grams
  • Serat: 15.4 grams

Kacang hijau juga merupakan sumber vitamin yang baik, seperti vitamin B6, vitamin K, dan folat, serta mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor dan kalium.

Adapun manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh dapat disimak melalui pembahasan berikut.

1. Mengurangi risiko terkena penyakit kronis

Kacang hijau mengandung banyak antioksidan sehat, termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat dan masih banyak lagi. Antioksidan tersebut membantu menetralkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Dalam jumlah tinggi, radikal bebas dapat berinteraksi dengan komponen seluler dan mendatangkan malapetaka. Kerusakan ini terkait dengan peradangan kronis, penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Plant Foods for Human Nutrition telah menemukan bahwa antioksidan dari kacang hijau dapat menetralkan kerusakan akibat radikal bebas yang terkait dengan pertumbuhan kanker di sel paru-paru dan perut.

2. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung

Kacang hijau kaya akan antioksidan seperti flavonoid yang mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan meredakan peradangan. Flavonoid membantu pembuluh darah dalam mengalirkan darah dan bekerja sama dengan vitamin B untuk menjaga detak jantung agar tetap normal.

Selain itu kacang hijau juga mengandung magnesium. Sebuah studi dalam jurnal Atherosclerosis menemukan bahwa magnesium dalam kacang hijau dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit kardiovaskular terutama bagi wanita.

3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang serius karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, penyebab utama kematian di dunia.

Kacang hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mereka adalah sumber potasium, magnesium, dan serat yang baik. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Circulation telah menghubungkan masing-masing nutrisi ini dengan risiko tekanan darah tinggi yang jauh lebih rendah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...