Kasus Harian Covid-19 di Korea Selatan Tertinggi Sejak Pandemi

Safrezi Fitra
11 Agustus 2021, 12:24
covid-19, korea selatan, kasus covid korea, vaksin korea
ANTARA FOTO/REUTERS/Yonhap /WSJ/sa.
Petugas medis memakai alat pelindung diri menikmati ju yang turun di tempat pengujian virus corona (COVID-19) di Seoul, Korea Selatan, Sela(12/1/2021).

Korea Selatan (Korsel) melaporkan kasus harian Covid-19 di negri K-POP ini telah mencapai lebih dari 2.200 kasus saat ini. Angka kasus ini merupakan yang tertinggi di negara tersebut sejak awal pandemi Covid-19 tahun lalu.

Wabah virus corona semakin menyebar di negara tersebut, dipicu oleh varian Delta yang sangat menular. Meski telah menerapkan aturan pembatasan ketat lebih dari satu bulan, kasus infeksi virus corona masih terus bertambah.

Advertisement

Menteri Kesehatan Korea Selatan Kown Deok-cheol mengatakan tingginya kasus harian Covid-19 ini tidak hanya disebabkan virus varian baru. “Ramainya perjalanan domestik pada musim panas juga menjadi pemicu kenaikan kasus,” ujarnya dalam rapat tanggap Covid-19 Korea Selatan, seperti dikutip Reuters (11/8).

Dia juga mencatat bertambahnya "penyebar virus diam-diam" (silent spreader) dalam komunitas seperti tempat kerja, pusat kebugaran dalam ruang, gereja, dan panti jompo, menyebabkan kenaikan kasus infeksi yang sulit terlacak.

Korsel telah berjuang menjinakkan wabah Covid-19 secara sporadis sejak Juli lalu. Awalnya, penyebaran virus ini terpusat di kota metropolitan Seoul, namun kini sudah menyebar ke seluruh negeri ginseng tersebut.

Hampir separuh dari kasus baru yang ditemukan baru-baru ini berasal dari luar Seoul dan di tempat-tempat liburan musim panas. Pihak berwenang prihatin dengan banyaknya orang yang mengabaikan aturan pembatasan sosial.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement