17 Ide Bisnis Sampingan, Bisa Jadi Tambahan Pemasukan

Bisnis sampingan bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari ibu rumah tangga, karyawan perusahaan, hingga mahasiswa. Sepanjang masih memiliki waktu luang dan ide bisnis yang terencana.
Image title
18 Agustus 2021, 11:34
Ilustrasi ibu rumah tangga tengah melakukan bisnis sampingan, bisnis sampingan, ide bisnis sampingan, ide bisnis di kala pandemi
123rf.com
Ilustrasi ibu rumah tangga tengah melakukan bisnis sampingan.

Semenjak pandemi, aspek ekonomi menjadi salah satu yang terdampak. Beberapa karyawan mengalami pemotongan gaji, dan beberapa lainnya terpaksa harus merasakan pahitnya kehilangan pekerjaan. Untuk melewati masa-masa sulit ini, diperlukan inovasi dan kreativitas tertentu, khususnya dalam hal mencari sumber penghasilan. Salah satunya dengan melakukan bisnis sampingan.

Bisnis sampingan bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari ibu rumah tangga, karyawan perusahaan, hingga mahasiswa. Sepanjang masih memiliki waktu luang dan ide bisnis yang terencana, tidak ada salahnya untuk membangun sumber penghasilan tambahan lewat usaha sampingan.

Tak perlu modal besar, berikut beberapa bisnis sampingan yang bisa Anda pertimbangkan:

Ide bisnis sampingan untuk karyawan

Bisnis sampingan karyawan diperuntukan bagi mereka yang sudah memiliki mata pencaharian tetap namun, masih memerlukan dana tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini ide-ide bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh para karyawan:

Advertisement

1. Desainer grafis

Profesi desain grafis termasuk salah satu profesi yang dibutuhkan di segala bidang usaha. Hasil kerjanya pun tak hanya digunakan untuk media cetak, tapi juga digital. Menjadi seorang desainer grafis memang butuh skill yang mumpuni, tak jarang para desainer grafis memiliki latar belakang desain komunikasi visual. Namun, ada juga yang mempelajarinya secara otodidak.

Ada beberapa software yang umum digunakan para desainer grafis, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw. Beberapa toko buku hingga platform belajar online juga sudah banyak yang memberi panduan mengenai penggunaan aplikasi desain tersebut.

2. Jasa pembayaran online

Menjadi agen pembayaran elektronik di sekitar rumah Anda juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Berbagai jenis pembayaran elektronik seperti listrik, air, pulsa telepon, asuransi kesehatan, selalu dibutuhkan dan dekat dengan kehidupan masyarakat.

3. Pembuatan konten

Tak banyak perusahaan yang memiliki staf khusus untuk menangani pemasaran melalui konten media sosial. Di sinilah para penyedia jasa pembuatan konten media sosial mengambil peran.

Tidak sembarang upload foto dan tulis caption, seorang penyedia jasa pembuatan konten media sosial juga harus memahami konten visual baik foto maupun video, dan mengerti tentang kiat-kiat komunikasi pemasaran melalui media sosial.

4. Jasa jual properti

Dengan modal yang tidak terlalu besar, seorang yang menawakan jasa penjualan properti bisa dapat untung yang lumayan besar. Ada beberapa skill khusus yang diperlukan untuk membuka jasa jual propert, yaitu wawasan dalam dunia marketing serta kemampuan bernegosiasi.

5. Fotografer

Fotografi termasuk salah satu bidang yang diperlukan, baik untuk dokumentasi hingga pembuatan media pemasaran. Terlebih di zaman sosial media seperti ini, kebutuhan konten visual yang memanjakan mata begitu diperlukan.

Sebagaian besar industri ini memang digeluti oleh para profesional, namun tidak ada salahnya bagi pemula untuk memulai dari nol. Banyak panduan belajar fotografi dan videografi yang bisa Anda temukan, baik dari buku maupun kursus online.

6. Translator

Jika Anda mahir dalam satu atau lebih bahasa asing, kemampuan Anda tentu menjadi nilai lebih bagi sebuah perusahaan. Pasalnya, translator atau penerjemah sangat dibutuhkan untuk kelangsungan operasioanl perusahaan, khususnya saat perusahaan tengah melangsungkan meeting dengan klien luar negeri. Anda bisa mencari lowongan freelance penerjemah di beberapa situs terpercaya, seperti Sribulancer.

Ide bisnis sampingan Ibu Rumah Tangga

Melakukan pekerjaan rumah tangga memang tidak pernah ada habisnya. Dari mulai mencuci, memasak, hingga merawat anak, setiap orang melakukan dan membutuhkan hal tersebut. Tentu ini jadi peluang bisnis tersendiri bagi mereka yang ahli dalam model pekerjaan domestik. Berikut beberapa ide bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga:

1. Penjahit

Punya skill menjahit, manfaatkan keahlian Anda untuk menghasilkan uang tambahan dengan membuka bisnis jasa menjahit di sekitar tempat tinggal Anda. Para ibu rumah tangga bisa mendapatkan mesin jahit bekas dengan Rp 2 jutaan, sementara untuk jarum dan benang bsa tertutupi dengan modal Rp 200 ribu - 300 ribuan.

Bisnis menjahit juga ada kalanya bakal ramai pengunjung, khususnya saat menjelang tahun ajaran baru atau hari raya.

2. Katering

Walaupun terdengar umum, untuk memulai bisnis katering diperlukan skill atau keahlian tersendiri dalam meramu makanan agar tersaji sesuai pesanan dan selera pelanggan. Apabila berhasil melakukan hal tersebut, bukan tidak mungkin katering Anda akan mendapat rekomendasi dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya.

3. Jualan online

Sebagian besar orang memilih berbelanjan online karena lebih mudah dengan pilihan produk dan harga yang beragam. Untuk berjualan online, Anda bisa menjual berbagai hal, mulai dari baju, aksesoris handphone, kue, cemilan, spare part, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menjadi mitra dari beberapa marketplace yang telah berjalan.

4. Toko kelontong

Membuka toko kelontong yang menjual beberapa makanan ringan seperti, kopi, camilan (snack), rokok, dan sebagainya tidak memerlukan modal besar. Nantinya, apabila bisnis kelontong Anda sudah memberikan keuntungan melebihi kebutuhan, Anda bisa mulai berpikir untuk rencana eskalasi toko, seperti warung makan.

Warung makan menjadi tempat yang paling dicari masyarakat, tidak terbatas pada kalangan tertentu mulai dari siswa, mahasiswa, pekerja kantoran. Cukup dengan bermodalkan etalase, kursi, meja, dan skill memasak, Anda sudah bisa membuka warung makan sendiri.

5. Frozen food

Selain mudah dan praktis, frozen food juga bisa disimpan untuk jangka waktu yang cukup lama.

6. Laundry

Bukan cuma anak kos, bisnis cuci baju atau laundry juga banyak dicari oleh mereka yang memiliki kesibukan yang padat sehingga tidak punya banyak waktu untuk melakukan kegiatan domestik, seperti mencuci pakaian.

Bisnis laundry juga bisa mencakup beberapa jasa, seperti cuci setrika, cuci kering, cuci bed cover, dan sebagainya. Yang terpenting jangan lupa untuk selalu menjaga pakaian yang dititipkan oleh pelanggan agar selalu dalam keadaan baik.

Ide bisnis sampingan mahasiswa

Menjalankan bisnis selagi berkuliah, kenapa tidak? Banyak mahasiswa yang menyambi menjalankan bisnis mereka, entah untuk membayar kos, atau memenuhi kebutuhan harian. Sebagai mahasiswa, berbisnis juga bisa menambah skill dan pengalaman Anda sebelum benar-benar terjun di dunia kerja. Berikut beberapa ide bisnis sampingan yang bisa dilakukan mahasiswa:

1. Buket bunga

Saat ini, bisnis buket bunga tengah berkembang di Indonesia. Beberapa orang menggunakan buket bunga sebagai bentuk ucapan selamat maupun belasungkawa.

Untuk memulai bisnis ini, alangkah lebih baik bila Anda menetukan target pasar terlebih dahulu. Apakah buket bunga yang Anda sediakan diperuntukan untuk acara-acara pernikahan, kematian, wisuda, dan sebagainya. Selanjutnya, Anda bisa mulai menentukan lokasi bisnis, kerja sama dengan pemasok bunga, jasa antar, dan sebagainya.

2. Jasa penitipan hewan

Tak bisa dimungkiri, beberapa orang yang memelihara hewan peliharan tidak punya cukup waktu untuk merawat hewan kesayangan mereka. Untuk itu, jasa perawatan hewan begitu dibutuhkan baik dari segi perawatan, makanan, atau sekadar menjadi tempat penitipan hewan peliharaan.

3. Blogger

Hobi menulis? Ini jadi kesempatan besar buat kamu memulai bisnis sebagai blogger. Bisnis yang satu ini sudah mulai masuk perhitungan budget marketing oleh beberapa perusahaan besar.

4. Beautypreneur

Kebutuhan alat rias dan informasi seputar kecantikan semakin meningkat. Tentu saja peluang ini dimanfaatkan dengan sigap oleh mereka yang bergerak di bidang kecantikan untuk semakin mendalami bidang ini.

Bisnis di bidang kecantikan ini bahkan sudah banyak melahirkan produk-produk make up dan perawatan lokal yang sudah memiliki pasarnya sendiri. Anda bisa mulai terjun di bisnis ini dengan menjual berbagai peralatan make up.

5. Youtuber

Konten youtube sudah menjadi konsumsi harian masyarakat, baik muda maupun tua. Bahkan, beberapa orang beranggapan konten video di Youtube mampu menyaingi konten televisi. Tak hanya itu, penghasilan para kreator youtube juga bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Anda bisa menentukan beragam pilihan konten yang diminati. Apabila memiliki hobi atau pengetahuan tertentu mengenai suatu bidang, Anda bisa menumpahkannya dengan membuat konten video di Youtube.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait