17 Ide Bisnis Sampingan, Bisa Jadi Tambahan Pemasukan

Image title
18 Agustus 2021, 11:34
Ilustrasi ibu rumah tangga tengah melakukan bisnis sampingan, bisnis sampingan, ide bisnis sampingan, ide bisnis di kala pandemi
123rf.com
Ilustrasi ibu rumah tangga tengah melakukan bisnis sampingan.

Semenjak pandemi, aspek ekonomi menjadi salah satu yang terdampak. Beberapa karyawan mengalami pemotongan gaji, dan beberapa lainnya terpaksa harus merasakan pahitnya kehilangan pekerjaan. Untuk melewati masa-masa sulit ini, diperlukan inovasi dan kreativitas tertentu, khususnya dalam hal mencari sumber penghasilan. Salah satunya dengan melakukan bisnis sampingan.

Bisnis sampingan bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari ibu rumah tangga, karyawan perusahaan, hingga mahasiswa. Sepanjang masih memiliki waktu luang dan ide bisnis yang terencana, tidak ada salahnya untuk membangun sumber penghasilan tambahan lewat usaha sampingan.

Advertisement

Tak perlu modal besar, berikut beberapa bisnis sampingan yang bisa Anda pertimbangkan:

Ide bisnis sampingan untuk karyawan

Bisnis sampingan karyawan diperuntukan bagi mereka yang sudah memiliki mata pencaharian tetap namun, masih memerlukan dana tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini ide-ide bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh para karyawan:

1. Desainer grafis

Profesi desain grafis termasuk salah satu profesi yang dibutuhkan di segala bidang usaha. Hasil kerjanya pun tak hanya digunakan untuk media cetak, tapi juga digital. Menjadi seorang desainer grafis memang butuh skill yang mumpuni, tak jarang para desainer grafis memiliki latar belakang desain komunikasi visual. Namun, ada juga yang mempelajarinya secara otodidak.

Ada beberapa software yang umum digunakan para desainer grafis, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw. Beberapa toko buku hingga platform belajar online juga sudah banyak yang memberi panduan mengenai penggunaan aplikasi desain tersebut.

2. Jasa pembayaran online

Menjadi agen pembayaran elektronik di sekitar rumah Anda juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Berbagai jenis pembayaran elektronik seperti listrik, air, pulsa telepon, asuransi kesehatan, selalu dibutuhkan dan dekat dengan kehidupan masyarakat.

3. Pembuatan konten

Tak banyak perusahaan yang memiliki staf khusus untuk menangani pemasaran melalui konten media sosial. Di sinilah para penyedia jasa pembuatan konten media sosial mengambil peran.

Tidak sembarang upload foto dan tulis caption, seorang penyedia jasa pembuatan konten media sosial juga harus memahami konten visual baik foto maupun video, dan mengerti tentang kiat-kiat komunikasi pemasaran melalui media sosial.

4. Jasa jual properti

Dengan modal yang tidak terlalu besar, seorang yang menawakan jasa penjualan properti bisa dapat untung yang lumayan besar. Ada beberapa skill khusus yang diperlukan untuk membuka jasa jual propert, yaitu wawasan dalam dunia marketing serta kemampuan bernegosiasi.

5. Fotografer

Fotografi termasuk salah satu bidang yang diperlukan, baik untuk dokumentasi hingga pembuatan media pemasaran. Terlebih di zaman sosial media seperti ini, kebutuhan konten visual yang memanjakan mata begitu diperlukan.

Sebagaian besar industri ini memang digeluti oleh para profesional, namun tidak ada salahnya bagi pemula untuk memulai dari nol. Banyak panduan belajar fotografi dan videografi yang bisa Anda temukan, baik dari buku maupun kursus online.

6. Translator

Jika Anda mahir dalam satu atau lebih bahasa asing, kemampuan Anda tentu menjadi nilai lebih bagi sebuah perusahaan. Pasalnya, translator atau penerjemah sangat dibutuhkan untuk kelangsungan operasioanl perusahaan, khususnya saat perusahaan tengah melangsungkan meeting dengan klien luar negeri. Anda bisa mencari lowongan freelance penerjemah di beberapa situs terpercaya, seperti Sribulancer.

Ide bisnis sampingan Ibu Rumah Tangga

Melakukan pekerjaan rumah tangga memang tidak pernah ada habisnya. Dari mulai mencuci, memasak, hingga merawat anak, setiap orang melakukan dan membutuhkan hal tersebut. Tentu ini jadi peluang bisnis tersendiri bagi mereka yang ahli dalam model pekerjaan domestik. Berikut beberapa ide bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga:

1. Penjahit

Punya skill menjahit, manfaatkan keahlian Anda untuk menghasilkan uang tambahan dengan membuka bisnis jasa menjahit di sekitar tempat tinggal Anda. Para ibu rumah tangga bisa mendapatkan mesin jahit bekas dengan Rp 2 jutaan, sementara untuk jarum dan benang bsa tertutupi dengan modal Rp 200 ribu - 300 ribuan.

Bisnis menjahit juga ada kalanya bakal ramai pengunjung, khususnya saat menjelang tahun ajaran baru atau hari raya.

2. Katering

Walaupun terdengar umum, untuk memulai bisnis katering diperlukan skill atau keahlian tersendiri dalam meramu makanan agar tersaji sesuai pesanan dan selera pelanggan. Apabila berhasil melakukan hal tersebut, bukan tidak mungkin katering Anda akan mendapat rekomendasi dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement