Bacaan Ayat Kursi Beserta Artinya

Dwi Latifatul Fajri
10 September 2021, 13:50
Bacaan Ayat Kursi Beserta Artinya
ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad/RWA/sa.

Ayat Kursi merupakan salah satu ayat yang paling kuat dalam Al-Quran. Ayat kursi biasanya dibaca selesai shalat lima waktu. Selain itu ayat kursi bisa dibaca sebelum tidur untuk mencegah mimpi buruk.

Dalam bahasa Inggris Ayat Kursi disebut The Throne Verse. Bacaan ini berbicara tentang tidak ada seorang pun yang dapat dibandingkan dengan Allah S.W.T. 

Di Al Qur'an ayat kursi bisa ditemukan di surat Al Baqarah ayat 255.

Bacaan Ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Tulisan Ayat Kursi Latin

“Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamawati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Ayat Kursi dan Artinya

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqarah: 255)

Waktu Utama Membaca Ayat Kursi

1. Ketika pagi dan petang

Waktu terbaik untuk membaca ayat kursi ketika pagi memulai aktivitas dan petang menjelang shalat Maghrib.

2. Sebelum tidur

Membaca ayat kursi sebelum tidur dijauhkan dari mimpi-mimpi buruk dan hal- hal gaib sebelum tidur.

3. Setelah shalat lima waktu

Melansir dari laman Rumaysho.com, waktu terbaik membaca ayat kursi setelah shalat 5 waktu. Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasa'i dalam Al Kubro 9: 44. Hadits ini dinyatakan sahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram). Maksudnya, tidak ada yang menghalanginya masuk surga ketika mati.

Manfaat Membaca Ayat Kursi

1. Jika rutin membaca ayat kursi sebelum meninggalkan rumah, maka Allah akan menunjuk 70.000 malaikat untuk melindungi Anda dari semua sisi.

2. Membaca ayat kursi memberi banyak berkah dan pahala.

3. Membaca ayat kursi setelah berwudu, Allah S.W.T akan mengangkat derajat 70 kali lipat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...