Masih Alami, Berikut 9 Destinasi Wisata Bali yang Tersembunyi

Image title
10 September 2021, 13:32
wisata bali
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp.
Model menampilkan rancangan kain tradisional atau wastra nusantara yang diperagakan di area air terjun Tegenungan, Gianyar, Bali.

Ada ratusan lokasi wisata yang bisa dikunjungi di Pulau Dewata Bali. Pemandangannya yang asri dan budayanya yang masih kental menjadi alasan wisatawan untuk bertamu ke Pulau Seribu Pura ini.

Bukan hanya wisatawan lokal, keindahan destinasi wisata Bali bahkan sudah sampai ke telinga masyarakat global. Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi Bali, sepanjang 2019, sebelum pandemi melanda, setidaknya ada lebih dari 6 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali.

Namun, dari sekian banyaknya destinasi wisata populer di Bali, masih ada lokasi-lokasi wisata tersembunyi di pulau ini yang jarang dikunjungi. Meskipun begitu keindahan alam yang ditawarkan tidak kalah memesona.

Bila ingin sedikit menepi dari pusat Kota Denpasar yang padat atau area resort yang biasa dikunjungi para wisatawan, Anda bisa menjelajah ke destinasi wisata alam Bali yang masih alami dan jarang dikunjungi pelancong.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 9 destinasi wisata Bali tersembunyi:

1. Bukit Mende Kintamani

Bukit Mende Kintamani merupakan salah satu lokasi pendakian di Bali yang belum terlalu populer. Kendati demikian, panorama alam yang ditawarkan cukup memukau dan eksotis. Di puncak bukit, para pendaki akan disuguhkan pemandangan pegunungan hijau, birunya laut Tejakula, matahari terbenam, dan terasering persawahan petani lokal.

Kemiringan Bukit Mende Kintamani sekitar 60 derajat. Pengunjung akan melewati akses pendakian yang didominasi tanjakan dan turunan. Namun, di sepanjang perjalanan, pengunjung akan melewati perkebunan dan pertanian warga yang elok.

Terletak di Desa Subaya, Kintamani, Kabupaten Bangli, para pendaki yang hendak memanjat puncak bukit ini tidak dikenakan tarif, alias gratis. Meski begitu, dari beberapa pengalaman wisatawan ada yang mengaku dimintai biaya masuk dari Rp 5.000 sampai Rp 30.000 per orang.

2. Air Terjun Kanto Lampo

Suasana tenang ditambah gemercik Air Terjun Kanto Lampo bisa bikin tubuh dan pikiran rileks. Pasalnya, aliran air terjun ini melewati tebing lantai dan batuan berundak sehingga meminimalisir suara gemuruh.

Akses menuju air terjun yang berada di Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar ini terbilang mudah dan tidak terlalu memakan waktu. Wisatawan hanya perlu berjalan sekitar 150 meter dari area parkir dengan menuruni 500 anak tangga. Hanya saja harus tetap berhati-hati, sebab jalur menuju Kanto Lampo cukup licin.

Selain menikmati segarnya Air Terjun Kanto Lampo, pengunjung juga bisa singgah sejenak di gua sedalam 3 meter yang jaraknya tidak begitu jauh dari air terjun.

Air terjun ini merupakan salah satu tempat yang disucikan untuk Mendak Toya Ning (mencari air suci) yang digunakan untuk upacara Pitra Yadnya.

3. Ladang Bunga Gemitir dan Padang Kasna Desa Temukus

Jika berkunjung ke Desa Temukus, Anda akan disajikan keindahan bunga gemitir (marigold) yang bermekaran dengan kelopak berwarna kuning-jingga.

Desa ini berada di bagian timur Pulau Bali dan berdekatan dengan pura paling suci. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sebelum musim panen, sebab kebun akan dipenuhi hamparan bunga yang cantik. Namun, jangan lupa minta izin terlebih dahulu ke warga setempat atau pemilik kebun sebelum memasuki wilayah perkebunan.

Bukan cuma ladang bunga gemitir, di Desa Temukus ini para wisatawan bisa mampir ke padang kasna Temukus di Dusun Junggul. Di sini pengunjung disuguhkan pemandangan serba putih bunga kasna dan dipercantik dengan pemandangan Gunung Agung yang megah.

Untuk sampai ke ladang bunga gemitir dan kasna, Anda bisa mengunjungi Pura Besakih terlebih dahulu untuk selanjutnya bertanya pada warga lokal arah menuju Desa Temukus.

4. Air Terjun Tukad Cepung

Lantaran masih alami dan jarang dikunjungi wisatawan, akses untuk menuju Air Terjun Tukad Cepung ini cukup sulit. Pengunjung perlu memanjat dan mendaki untuk menjumpai surga kecil di Bali ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...