Tips dan Trik Surat Lamaran Kerja Profesional yang Menarik Hati HRD

Tips dan trik surat lamaran kerja yang baik dan membuat HRD perusahaan melirik
Image title
15 September 2021, 14:59
Ilustrasi seseorang sedang membaca contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris.
Tima Miroshnichenko/Pexels
Ilustrasi seseorang sedang membaca contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris.

Demi meraih kesan pertama yang menarik dari HRD, para pencari kerja harus menguasai beberapa tips dan trik dalam melamar pekerjaan. Salah satunya penguasaan dalam menulis surat lamaran kerja. Karena surat akan menjadi lembar penilaian pertama dari HRD. Ditambah lagi, pandemi Covid-19 berdampak PHK, sehingga banyak yang harus mencari pekerjaan baru. Tentu saja ini menambah sengit persaingan antara pelamar kerja. 

Permasalahannya, ada banyak lamaran yang masuk ke kota email HRD. Dari ratusan hingga ribuan jumlahnya. Tentu untuk memilah dan memilih kandidat terbaik butuh proses dan memakan waktu yang lama. Dengan paduan surat lamaran kerja dan CV yang menarik, sorang pelamar berpeluang masuk dalam pilihan.

Katadata.co.id merangkum menghimpun tips dan trik dari beberapa sumber mengenai panduan menulis surat lamaran yang baik dan benar. Sehingga bisa menjadi rujukan untuk dikirim ke perusahaan agar bisa mendapat pekerjaan.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

1. Menulis Dengan Efektif
Kesan pertama seorang pelamar di mata HRD akan ditentukan dari kualitas surat lamaran kerja yang dikirim. Tata bahasa yang rapi, pemilihan kata yang efektif, dan penyampaian yang lugas menjadi penilaian utama. Bila semua itu diabaikan, semakin kecil peluang surat lamaran tersebut akan dilirik.

2. Riset Mendalam Perusahaan yang Dituju
Setiap perusahaan memiliki kualifikasi tersendiri untuk mencari karyawan. Antara satu perusahaan dengan lainnya tentu memiliki kriteria yang berbeda, begitu pula dalam pola dan struktur surat lamaran kerja. Maka riset menjadi kunci, untuk menentukan isi dari surat lamaran kerja. Tidak boleh asal kirim, apalagi bila mengirim satu surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan dengan template yang sama.

3. Susunan Isi Surat Lamaran
Sama seperti surat lainnya, surat lamaran pekerjaan juga memiliki kualifikasi baku dalam penulisan. Pelamar kerja tidak boleh seenaknya dalam menyampaikan poin, harus tertata dan berurutan. Sehingga dapat menunjukkan pelamar memiliki daya intelektual dan etika penyampaian yang baik. 

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut adalah bagian-bagian dari isi surat yang harus tertera saat mengirim kepada HRD: 

 

Kepada Yth.
PIMPINAN PT. Katadata
Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama Lengkap : Dita Perkasa
Tempat & tanggal lahir : Jakarta, 18 Agustus 1988
Alamat : Perumahan Senayan, Rukan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210
No Tlp : 081 *******

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak/Ibu Pimpinan PT. Katadata untuk dapat diterima menjadi staff karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

Fotocopy Ijazah Terakhir
Daftar Riwayat Hidup
Fotocopy SKCK (Surat Keterangan Kelakuan Baik)
Fotocopy KTP
Pas foto 4×6 (2 lembar)
Demikian surat yang saya buat, besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan berikut, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Dita Perkasa

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait