Tips Menulis Surat Lamaran Linkedin Agar Tembus Meja HRD

Menulis surat lamaran Linkedin kini menjadi sesuatu yang penting karena dapat mempertemukan antara pelamar pekerjaan dengan rekruter
Image title
14 September 2021, 12:34
Tips Menulis Surat Lamaran Linkedin Agar Tembus Meja HRD, contoh surat lamaran, surat lamaran, membuat surat lamaran
linkedin
Tips dan trik surat lamaran Linkedin agar bisa tembus meja HRD

Jangan remehkan kata pembuka di Surat Lamaran Kerja. Tulisan ini menjabarkan tips dan triknya membuat surat lamar agar dapat memukau di hadapan HRD.

Tak banyak yang tahu bahwa kalimat pembuka di surat lamaran kerja bisa menjadi kunci keberhasilan dalam memikat HRD. Kini banyak pelamar melamar menggunakan media sosial, misalnya membuat surat lamaran Linkedin. Namun, Surat lamaran yang dikirim bukanlah satu-satunya, dan perlu ada kata kunci yang bisa menarik hati.

Melansir sosial media Linkedin, pekerja harus melakukan riset mendalam mengenai pekerjaan yang akan dia lamar. Para pelamar harus mengenali perusahaan melalui website resmi, Instagram, Twitter dan Linkedin

Bahkan bila perlu, para pelamar dapat melakukan riset dengan bertanya kepada HRD melalui sosial media. Tentu saja dalam melakukan analisa ini para pelamar harus menjaga etika dan sopan santun. Bila ada salah kata bukannya pekerjaan yang didapat malah stempel buruk sebelum masuk.

Hasil riset tadi diformulasikan dalam bentuk kata-kata yang terstruktur. Kemudian korelasikan dengan pertanyaan: mengapa saya cocok untuk menempati posisi ini?

Tips dan Trik agar Surat Lamaran Dilirik HRD

 

Selain tulisan dan riset yang terstruktur, ada beberapa tips dan trik agar surat lamaran kita dilirik oleh HRD.

1. Buat Surat Lamaran Sesederhana Mungkin

Batasi tulisan di surat lamaran sebanyak 500 kata. Bisa dibayangkan bahwa para staf HRD memiliki banyak kesibukan selain memerhatikan surat lamaran dan CV. Makanya, semakin sederhana, semakin menarik.

2. Hindari Humor

Jangan sekali-kali menyelipkan unsur humor dalam tulisan di surat lamaran kerja. Biarkan surat lamaran kerja mengalir dengan dinamis dan penuh keresmian. Staf HRD tidak butuh kalimat lucu agar pelamar nampak humoris. Namun kata-kata singkat uang penuh keseriusan untuk bekerja lebih dibutuhkan dalam bidang ini.

3. Tunjukkan Jangan Katakan

Dari pada menulis 'seorang pekerja handal' atau 'penulis kreatif' akan lebih baik bila diganti dengan data dan pengalaman yang pernah dikerjakan dalam proyek atau pekerjaan sebelumnya.

4. Jangan Mengirim Satu Surat Lamaran ke Banyak Perusahaan

Seperti yang ditulis di awal paragraf, bahwa riset adalah hal penting dalam tubuh surat lamaran. Hal itu dikarenakan satu perusahaan dengan lainnya memiliki karakter yang berbeda. Sehingga, bila surat lamaran digunakan dikirim ke banyak tempat justru akan menunjukkan sang pelamar malas melakukan riset.

5. Lakukan Cek dan Ricek Sebelum Mengirim

Sebelum menekan tombol kirim, para pelamar harus melakukan pengecekan ulang. Hal itu demi mengantisipasi kesalahan yang terjadi dalam tubuh tulisan. Baik kesalahan huruf, angka atau konten tulisan itu sendiri.

Bahkan, bila perlu minta kritik dan saran dari teman. Bila surat lamaran ditulis dalam Bahasa Inggris perlu dicek tata bahasa atau pemilihan kata. Saat ini sudah banyak aplikasi koreksi tata bahasa di internet, baik yang gratis maupun berbayar. Sehingga dapat mengurangi segala kesalahan yang nampak sepele namun dapat mengurangi kredibilitas si pengirim selaku pelamar kerja.

Setelah memahami peraturan dasar dalam menulis surat lamaran kerja. Linkedin juga memberikan ketentuan dalam menulisnya dari paragraf ke paragraf. Dimulai dari pembuka hingga penutup. 

Contoh Surat Lamaran

Berikut contoh dari surat lamaran kerja bagi pelamar yang baru saja lulus kuliah atau fresh graduate:

 

Dengan hormat Bpk/Ibu Manager HRD [nama Perusahaan],

Melalui email ini saya bermaksud melamar pekerjaan untuk posisi content writer di [nama Perusahaan] sebagaimana yang diiklankan di website Katadata.co.id

Saat ini saya adalah fresh graduate dari Universitas Gadjah Mada dengan nilai IPK 3,5.

Ketika kuliah, saya pernah magang di PT YYYY untuk posisi yang sama selama kurang lebih enam bulan. Selain itu, saya juga sempat bekerja sebagai freelance graphic designer selama 2 tahun semenjak awal kuliah.

Harapan saya pengalaman tersebut dapat menjadi bekal untuk bekerja di [nama Perusahaan].

Bersama email ini juga terlampir beberapa dokumen sebagai syarat kelengkapan administrasi, yakni:

Curriculum Vitae terbaru
FC Ijazah Terakhir
FC Transkrip Nilai
Surat Keterangan Selesai Magang
Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat untuk Anda pertimbangkan lebih lanjut.

Jika Bapak/Ibu membutuhkan detail lebih lanjut mengenai portofolio atau informasi lainnya, silakan hubungi saya di +6281********.

Saya berharap dapat bertemu langsung dengan Anda pada sesi wawancara untuk membahas kualifikasi saya lebih lanjut dan bagaimana saya akan menjadi aset bagi [nama Perusahaan].

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Bapak/Ibu. Saya menantikan kabar dari Anda.

Hormat Saya,

Inka Dwiyanti

 

Contoh surat lamaran dari profesional berpengelaman yang ingin berpindah kerja:

 

Yth. Bapak/Ibu Manager HRD,

Lewat email ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Content Writer di [nama Perusahaan] seperti yang diiklankan di website Katadata.co.id.

Saat ini saya bekerja di XXX Media Company sebagai Content Writer dalam dua tahun terakhir.

Sepanjang 3 tahun bekerja di bidang Creative Writing, saya telah banyak terlibat dalam penulisan artikel dari berbagai topik.

Sepanjang karier saya sebagai penulis, saya pernah:

Membuat tulisan yang mendatangkan 18.000 organic pageviews dalam 6 bulan.
Mengadakan pelatihan penulisan konten di kantor sebelumnya.
Menjadi penulis freelance untuk beberapa media, seperti Tirta, Kimparan, dan Voce.
Sebagai tambahan, saya pernah mengikuti SEOCON 2020 sebagai cara memperdalam ilmu mengenai strategi SEO.

Saya yakin pengalaman dan keahlian yang saya miliki bisa membawa manfaat untuk perusahaan Anda.

Terlampir adalah salinan resume dan portofolio saya yang selanjutnya menjelaskan latar belakang dan keterampilan teknis saya.

Saya dapat dihubungi kapan saja melalui ponsel saya, 111-555-5555 atau melalui email di anonym@email.com.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda. Saya berharap dapat berbicara dengan Anda lebih banyak tentang kesempatan ini.

Salam,

Putro Waluyo

 

Selain Linkedin ada banyak aplikasi sosial media yang juga berguna dalam proses mencari kerja. Namun dengan memaksimalkan Linkedin dan menunjukkan performa dengan baik dan mempertemukan antara pelamar dengan perekrut terbaik, meski tidak bertemu secara langsung.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait