Tips dan Trik Menulis Kata Pengantar Skripsi

Kata pengantar skripsi terkadang menjadi momok menyulitkan bagi mahasiswa. Namun dengan tips dan trik yang baik, menuliskannya akan menjadi terasa mudah.
Image title
15 September 2021, 17:52
Ilustrasi mahasiswa di antara naskah kata pengantar skripsi di masa Covid-19
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz.
Ilustrasi : Seorang mahasiswa jurusan Ilmu Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan, Sandika Fadilah mengikuti ujian skripsi secara daring menggunakan aplikasi Zoom di Cibinong, Bogor, Jawa Barat , Kamis (30/4/2020). Universitas Pakuan menerapkan ujian skripsi secara daring untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Bagi kamu para mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Kata pengantar skripsi menjadi suatu hal yang wajib untuk ditulis setelah seluruh pembahasan selesai. Ditulisnya kata pengantar sebagai bentuk terima kasih kepada segenap dosen dan orang sekeliling kamu yang mendukung selesainya skripsi tersebut.

Dalam kata pengantar, kamu sebagai penulis diberi kebebasan untuk mengeksplorasi banyak hal selain ucapan terima kasih. Seperti menulis manfaat dari penulisan, serta permohonan kritik dan saran yang tentunya demi perbaikan isi dari skripsi tersebut.

Secara teknis, penulisan kata pengantar dibuat dalam untaian kata yang tegas dan jelas. Tidak ditulis terlalu panjang dan bertele-tele. Intinya, tulislah kata pengantar skripsi dalam formasi yang singkat, padat dan sederhana.

Katadata.co.id akan mengulas cara penulisan kata pengantar yang dihimpun dari sejumlah kampus di Indonesia. Meski terkesan singkat ada beberapa aspek yang harus diketahui agar tidak terkendala saat pengerjaannya.

Advertisement

Aspek-Aspek yang Harus Ada Dalam Kata Pengantar Skripsi

Pertama, menuliskan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, lalu dilanjutkan dengan ucapan terimakasih kepada pihak lainnya dari orang tua, dosen, teman hingga pasangan. Bila masih berstatus pacaran hati-hati, ikat dulu dengan komitmen barulah namanya kamu cantumkan dalam kata pengantarmu.

Kata pengantar skripsi juga harus mengandung sedikit penjelasan mengenai skripsi yang ditulis. Libatkan semua pihak yang membantu penulisan skripsimu, dan tuliskan harapan dari skripsi yang kamu tulis. Jangan lupa tuliskan apa manfaat yang bisa diraih pembaca melalui skripsimu.

Konsep Pembuatan Kata Pengantar Skripsi

Setelah selesai dengan semua penjelasan awal soal kata pengantar, mari kita masuk dalam aspek teknis. Katadata.co.id membagi setidaknya ada tiga unsur yang diperhatikan.

1. Membuat Paragraf Pembuka

Pembukaan berisi ucapan syukur serta rasa terima kasih terhadap sanak handai taulan. Dalam paragraf pertama ini bisa juga disertakan maksud atau tujuan utama mengapa kamu harus menyelesaikan skripsi ini.

Perhatikan contoh berikut ini, yang diambil dari kata pengantar skripsi milik Nurhani Nasution yang berjudul Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Teknik Pengobatan Tradisional Penderita Gangguan Jiwa di Desa Bulu Soma Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal:

Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan kesehatan dan karunia-Nya kepada penulis serta kekuatan untuk menyelesaikan skripsi : Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Teknik Pengobatan Tradisional Penderita Gangguan Jiwa di Desa Bulu Soma Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Tidak lupa penulis mengucapkan shalawat dan salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.

2. Buat Penjelasan Singkat Soal Skripsi dan Sampaikan Terima Kasih

Setelah selesai dengan paragraf pembuka, lanjutkan dengan kata-kata selanjutnya yaitu bagian isi.

Seperti yang telah ditulis sebelumnya, paragraf isi harus disampaikan dalam jangka singkat dan tidak bertele-tele. Cukup singgung hal yang penting saja. Bila masih bingung karena ada banyak ide dalam kepala, mungkin bisa dimulai dari membuat poin-poin.

Contoh:

Penulis menyadari bahwa skripsi ini tidak mungkin terselesaikan tanpa adanya dukungan, bantuan, bimbingan, dan nasehat dari berbagai pihak selama penyusunan skripsi ini. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih setulus-tulusnya kepada:

1. Bapak ibu di rumah yang selalu memberikan kasih sayang, doa, dukungan, nasihat dan semuanya. Penulis sangat mencintainya dan berharap menjadi anak yang bisa dibanggakan.
2. Bapak Drs. NAMA selaku Rektor
3. Bapak DRS. NAMA selaku Dekan Fakultas.
3. Ibu “NAMA” selaku dosen pembimbing yang kadang marah-marah tapi baik banget.
3. Kakak dan adik.
4. Teman-teman seperjuangan.
5. Semua pihak

3. Penutup Kata Pengantar

Setelah selesai dengan semua penjelasan dan ucapan terima kasih, maka kata pengantar skripsi harus ditutup dengan baik. Dalam struktur paling akhir ini kamu selaku mahasiswa penulis skripsi bisa menulis permohonan maaf atas kekurangan yang tercantum dalam skripsi. Seperti typo, argumen yang kurang memadai dan berbagai aspek penulisan lainnya.

Jangan lupa untuk menuliskan harapan dan permintaan sebagai feedback tulisan. Serta tuliskan harapan ke depan dari hasil skripsi yang baru saja dituliskan.

Contoh:

Penulis menyadari bahwa di dalam skripsi ini masih banyak kekurangannya, untuk itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk karya kedepan lebih baik. Besar harapan skripsi ini bermanfaat.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Berikut adalah contoh kata pengantar skripsi yang harus kamu pahami dan dapat menjadi acuan.:

 

Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT, yang mana telah memberikan kesehatan dan karunia-Nya kepada penulis serta kekuatan untuk menyelesaikan skripsi : Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Teknik
Pengobatan Tradisional Penderita Gangguan Jiwa di Desa Bulu SomaKecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal.

Tidak lupa penulis mengucapkan shalawat dan salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad
SAW.


Penyelesaian tulisan ini tidak terlepas bantuan dari berbagai pihak yang terkait secara langsung maupun tidak langsung, terutama dan teristimewa dipersembahkan kepada kedua orang tua. Kepada Almarhum Ayah Alimasir
Nasution dan Ibu Nurmawati Lubis tercinta yang senantiasa memberikan rasa sayang, didikan, materi serta doa yang selalu di panjatkan kepada Allah untuk penulis.


Skripsi ini disusun oleh penulis guna memenuhi salah satu syarat untuk meneyelesaikan pendidikan Sarjana Pendidikan di Program Studi Pendidikan Antropologi di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Medan. Penulis
berharap, dengan adanya skripsi ini dapat menambah referensi para pembaca secara khusus Mahasisiswa Pendidikan Antropologi dan secara umum bagi kalangan umum. Penulis menyadari bahwa dalam proses penyusunan skripsi ini melibatkan banyak pihak. Oleh sebab itu dalam kesempatan ini, penulis ingin
mengucapkan banyak terima kasih kepada:


1. Bapak Prof.Dr. Syawal Gultom, M.Pd selaku Rektor Universitas Negeri Medan beserta jajarannya.

2. Ibu Dra. Nurmala Berutu, M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan beserta jajarannya.

3. Ibu Dra. Puspitawati, M.Si selaku ketua Prodi Pendidikan Antropolgi.

4. Ibu Sulian Ekomila, S.Sos, MSP selaku Dosen Pembimbing Skripsi  yang telah memberikan arahan serta masukan yang sangat berarti dalam penyelesaian skripsi ini. Terima kasih banyak penulis ucapkan kepada ibu atas waktunya untuk memberikan saran, nasehat dan bimbingan kepada penulis.

5. Ibu Supsiloani M,Si selaku Dosen Pembimbing Akademik sekaligus dosen Penguji I yang telah banyak memberikan saran yang membangun kepada penulis mulai perkuliahan hingga penyelesaian  skripsi.

6. Bapak Drs. Tumpal Simarmata, M.Si selaku dosen penguji II yang telah memberikan bimbingan serta kritik dan saran yang membangun kepada penulis.

7. Bapak Drs. Payerli Pasaribu, M.Si selaku dosen Penguji III yang telah memberikan bimbingan serta kritik dan saran yang membangun kepada penulis.

8. Seluruh Dosen Pendidikan Antropologi yang telah membagikan ilmunya kepada penulis.

9. Teristimewa kepada keluarga besar penulis, Ibu yang sudah memberikan kasih dan sayang kepada penulis mulai dari kecil sampai sekarang, Almarhum Ayah, saudara penulis yaitu kak Arnida Nasution, kak Norma Nasution, adik Rohima Nasution dan Abang ipar serta keponakan penulis yang telah memberikan dukungan, semangat serta perhatian kepada penulis. Tanpa cinta dari keluarga mungkin skripsi ini tidak dapat diselesaikan.

10. Kepada abang Mukhlis, terima kasih banyak penulis ucapkan untuk semua waktunya yang tidak pernah bosan dan menyerah untuk memberikan dukungan, semangat, kepada penulis. Ketika merasa jenuh dan putus asa, abang selalu menyemangati penulis.

11. Kepada sahabat-sahabat saya, Dini Adilla Lubis, Yuyun Trisna Yuningsih, Sabda Marbun, Rosida Yanti, terima kasih untuk waktu kalian selama perkuliahan telah menjadi teman yang selalu memberikan semangat bagi penulis hingga penyusunan skripsi ini. Terima kasih juga buat teman-teman semua angkatan 2011 yang tidak dapat disebut satu persatu. Kepada kak Ayu Febriani juga terima kasih atas bantuannya selama dalam penyusunan berkas mulai dari proposal hingga sampai skripsi ini.

12. Terima kasih penulis ucapkan kepada pihak yang terkait dalam proses penelitian yaitu bapak Kepala Desa Bulu Soma, bapak Nukman selaku dukun yang memiliki pengetahuan dalam pengobatan tradisional penderita gangguan jiwa yang tidak mengharapkan imbalan dari penulis, juga terima kasih kepada abang Lali yang setia menemani
penulis saat dalam mlekukan penelitian, dan juga kepada seluruh masyarakat Desa Bulu Soma.

13. Kepada sahabat terimakasih penulis ucapkan kepada Nuranni Handayani Nst ( Kahanggi penulis) yang telah banyak membantu dalam perkuliahan hingga penyusunan skripsi ini. Penulis berharap kita akan bisa berteman hingga kita tua nantinya walaupun jarak yang memisahkan kita. Kepada adik-adik saya terima kasih kepada Ayunita
Lubis dan juga Yusniarti Pulungan

14. Kepada teman-teman ppl SMA N 1 Air putih Kabupaten Batu Bara terima kasih atas kebersamaannya selama 3 bulan, terima kasih kepada kak Raideni Kaloko, Syifa Manik, Ana Kombih, Rani, Novi, Meilan, Swanni, Kak Bina, Tika, Pak Lubis, Itok Azrai Pak Raihan, Pak Day, Bang Fandhi(alm), dan Bnag Tondi selaku Ketua PPL. 

15. Kepada pihak sekolah SMA N 1 Air Putih terima kasih telah memberikan penulis nilai yang bagus sehingga bisa melanjutakan mata kuliah sampai skripsi ini, kepada ibu Pitta Uli Sihombing selaku pamong, dan juga murid-murid SMA N.1 Air Putih. Medan, Januari 2016

Dalam pembuatan skripsi ini telah dilakukan dengan segala usaha semaksimal mungkin. Namun tentunya masih ada banyak kekurangan dan keterbatasan dalam karya ilmiah ini. Oleh karenanya diharapkan segala saran dan kritik untuk membangun kesempurnaan tulisan ini. Semoga bermanfaat. 

 

NURHANI NASUTION

 

Demikianlah gambaran umum mengenai penulisan kata pengantar dalam skripsi. Kamu bisa melihat contoh di atas sebagai rujukan. Tentunya ada banyak kalimat yang perlu diubah dan dikembangkan. Agar tulisan kata pengantarmu semakin ciamik, perlu ada banyak riset dan perbandingan dengan berbagai rujukan serta referensi lainnya yang banyak tersebar di perpustakaan atau dunia maya. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait