3 Aneka Macam Cara Restart iPhone Agar Kembali Fresh

Image title
22 Desember 2021, 10:10
Ilustrasi tiga cara restart iPhone agar penampilan menjadi lebih segar dan mudah untuk digunakan dalam keseharian.
123RF.com
Ilustrasi tiga cara restart iPhone agar penampilan menjadi lebih segar dan mudah untuk digunakan dalam keseharian.

Halo para pengguna produk iPhone, apakah! Apakah Anda paham cara-cara melakukan restart pada gawai Anda? 

Restart tidak hanya diperuntukkan pada saat perangkat mengalami error atau nge-hang. Bahkan, sejatinya restart atau reboot merupakan hal yang wajib dan perlu rutin dilakukan oleh para pengguna iPhone. Hal ini perlu dilakukan setiap hari dengan cara yang benar.

Advertisement

Banyak kalangan yang mempertanyakan apa manfaat dari restart iPhone dilakukan secara rutin. Pertanyaan itu muncul karena iPhone merupakan salah satu basis smartphone dengan harga yang tidak murah. Jawabannya adalah karena harganya yang mahal dan berkualitas tersebut, kamu perlu melakukan refresh dan pembaharuan guna mempertahankan kualitasnya.

Melakukan restart secara rutin akan membuat perangkat iPhone Anda memiliki umur yang lebih panjang. Karena mesin dan sistem akan melakukan penyegaran (refresh) secara otomatis. Sama seperti perangkat komputer atau laptop, ponsel juga perlu pembaruan atau refresh dengan cara melakukan restart yang dikutip dari situs Qoala.com.

5 Manfaat Restart iPhone

Setelah mengetahui alasan mengapa restart pada iPhone itu diperlukan maka selanjutnya adalah pembahasan mengapa restart tersebut perlu dilakukan. Berikut fungsi restart pada iPhone:

1. Meminimalisir Beban iPhone

Serupa dengan gawai merek lainnya, iPhone juga memiliki kelemahan yaitu overload. Hal itu semakin rentan terjadi jikalau, digunakan secara terus menerus tanpa berhenti untuk berbagai keperluan. Umumnya overload pada iPhone disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang dijalankan. Cache yang terus menumpuk juga dapat membuat iPhone kelebihan beban.

Oleh karenanya sebagai salah satu solusi dalam mengatasi beban tersebut yang dapat mengganggu performa iPhone adalah dengan melakukan restart. Atur restart secara berkala, misalnya sehari sekali untuk hasil yang lebih maksimal. Jika iPhone tidak di restart dalam jangka waktu lama, bukan tidak mungkin iPhone akan menjadi mudah nge-lag dan lemot.

2. Memperbaharui Aplikasi

Salah satu manfaat dari restart iPhone adalah sebagai bentuk proses penyempurnaan berbagai aplikasi yang diunduh. Misalnya kamu baru saja menginstal sebuah aplikasi via App Store, umumnya akan ada perintah untuk me-restart ponsel terlebih dahulu. Segera lakukan perintah tersebut agar aplikasi dapat terunduh secara sempurna.

3. Kesempatan iPhone untuk Berhenti Aktivitas

Gawai terutama yang jenis smartphone merupakan salah satu perangkat yang umumnya digunakan seharian, tanpa berhenti. Hal ini dikarenakan ada banyak kebutuhan yang dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel, tanpa terkecuali iPhone. iPhone digunakan untuk berkomunikasi, bermain media sosial, hingga bekerja. Bukan tidak mungkin iPhone akan menjadi kelelahan, terlebih jika tidak diberi ruang untuk beristirahat.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement