Pengertian Psikopat, Gejala, dan Penyebabnya

Image title
12 Januari 2022, 17:18
Ilustrasi orang yang mengidap psikopat
unsplash.com
Ilustrasi orang yang mengidap psikopat

Istilah psikopat tentu banyak mewarnai layar kaca baik lokal maupun mancanegara. Namun banyak juga  yang tidak tahu, arti psikopat itu sendiri. Psikopat atau psycho merupakan gangguan mental yang ditandai kurangnya empati dan kontrol perilaku yang buruk atau impulsif. Sikap ini mengakibatkan penderitanya memiliki perilaku antisosial, cenderung melanggar aturan, hingga melakukan tindak kriminal, termasuk kekerasan.

Sejumlah pakar psikologi memberikan definisi terkait arti psikopat. Salah satunya adalah berarti gangguan kepribadian antisosial (antisocial personality disorder/APD). Beberapa ahli menyebut, psycho dan APD memiliki pengertian yang sama, tetapi sebagian lainnya menilai psikopat merupakan bentuk dari APD yang parah.

Dalam kondisi psikopat, seseorang akan menunjukkan sikap manipulatif demi memperoleh kepercayaan dari orang lain. Mereka akan berusaha meniru emosi yang sejatinya tidak mereka rasakan, dan akan tampak seperti orang yang normal. Bahkan, mereka seringkali menunjukkan kepribadian yang hangat dan mempesona.

Tak jarang para penderitanya merupakan kalangan berpendidikan tinggi serta memiliki pekerjaan yang stabil. Bahkan, terkadang mereka memiliki keluarga dan hubungan jangka panjang lainnya tanpa seorang pun tahu sifat sejati mereka. Inilah alasan kenapa banyak orang yang tidak menyadari jika ada seseorang dengan kondisi seperti ini di lingkungannya.

Dikarenakan tidak ada rasa peduli akan perasaan dirinya, seseorang yang psycho banyak yang melakukan hal tak bermoral, sering berbohong, bahkan kriminal, tanpa penyesalan dan rasa bersalah. Sikap inilah yang kemudian berdampak luas pada kehidupannya, termasuk merusak pekerjaan, sekolah, serta hubungan dengan keluarga dan lingkungan sosial.

Gejala-gejala Psikopat

Ciri-ciri dari orang psikopat sejatinya dapat dikenali semenjak masih anak-anak. Apabila tidak diatasi dengan segera, kondisinya akan semakin parah. Gejalanya cenderung memuncak pada usia akhir masa remaja dan awal usia 20-an, yang terkadang membaik dengan sendirinya saat seseorang berusia 40-an.

Pada umumnya beberapa penderita akan memiliki kondisi seperti orang normal pada awalnya dan kerap bergaul di masyarakat. Padahal, ia memiliki karakter tersembunyi yang berkebalikan.

Berikut karakter dan ciri-ciri dari psikopat yang dilansir dari situs informasi kesehatan Hellosehat.com:

1. Memesona dan Memiliki Keahlian Berbicara

Ciri pertama dari psikopat adalah memiliki kecenderungan yang mengarah untuk bersikap baik, serta pribadi yang menarik dan menawan. Selain itu dirinya juga cerdik dan jago berbicara. Mereka umumnya berbicara dengan cepat dan berenergi, dan sering menyela pembicaraan orang lain dengan berbagai informasi yang meyakinkan. Kebanyakan orang benar-benar menyukai individu dengan sikap seperti ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...