10 Contoh Daftar Pustaka Makalah dari Berbagai Sumber

Image title
15 Maret 2022, 17:34
Ilustrasi, contoh daftar pustaka makalah
Katadata
Ilustrasi, contoh daftar pustaka makalah

Dalam penulisan karya ilmiah, daftar pustaka adalah hal penting tidak boleh terlewatkan. Meski secara struktur letaknya berada di bagian belakang, namun menjadi keabsahan, apakah tulisan tersebut memiliki nilai ilmiah atau tidak. Melalui daftar pustaka, pembaca suatu karya ilmiah dapat mengetahui bahwa penelitian atau kajian disusun berdasarkan dari berbagai sumber.

Dikutip dalam buku berjudul Bahasa Indonesia Bahasa Kebangsaanku: untuk SMP dan MTs kelas IX, dijelaskan kalau karya ilmiah adalah tulisan hasil berpikir ilmiah. Proses berpikir ilmiah terdiri atas identifikasi masalah, pembatasan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan. Banyak ragam dan jenis tulisan yang termasuk karya ilmiah, misalnya makalah, artikel penelitian, artikel ilmiah populer, buku, modul, atau buku pelajaran.

Penyusunan karya ilmiah jelas membutuhkan banyak sumber, baik buku dan/atau karya ilmiah lain dengan objek penilitian atau bahasan yang sama. Oleh karena itu, penting bagi penulis suatu karya ilmiah untuk menyertakan sumber-sumber yang menjadi referensinya dalam menyusun suatu karya ilmiah.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan Daftar Pustaka Makalah

Hal yang pertama yang patut diperhatikan adalah pengertian mengenai daftar pustaka. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), daftar pustaka didefinisikan sebagai daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang atau penulis, nama penerbit serta tempatnya, yang ditulis dan ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan dan buku. Daftar pustaka dan contoh daftar pustaka yang ada, biasanya disusun berdasarkan abjad.

Sampai saat ini mungkin saja masih ada mahasiswa ataupun siswa sekolah, yang menganggap bahwa daftar pustaka serta catatan kaki adalah hal serupa. Padahal faktanya, kedua bagian tinjauan kepustakaan itu sangat berbeda. Baik fungsi hingga pengertiannya.

Pengertian catatan kaki adalah keterangan yang dicantumkan pada margin bawah halaman sebuah buku. Catatan kaki biasanya dicetak dengan huruf yang lebih kecil guna menambah uraian pokok pada sebuah tulisan.

Sementara daftar pustaka, fungsinya untuk mencantumkan keterangan data buku yang dipakai sebagai sumber rujukan. Selain itu, penempatannya di akhir buku dengan disusun berdasarkan abjad. Contoh daftar pustaka juga bisa dilihat pada bagian akhir sebuah jurnal ilmiah, skripsi, makalah, dan lain sebagainya. Daftar pustaka menjadi bagian penting serta syarat pada penulisan ilmiah.

Berikut beragam contoh daftar pustaka makalah yang bisa menjadi rujukan.

10 Contoh Daftar Pustaka Makalah dari Berbagai Sumber

1. Contoh Daftar Pustaka dari Buku Terbitan Berseri
Struktur penulisannya: Nama penulis. Tahun terbit. Judul tulisan. Nama Terbitan, Nomor Seri: Halaman. Kota terbit: Penerbit.

Contoh penulisan daftar pustaka: Lukmana, Iwa. 2005. Sundanese Speech Levels. Seri Sundalana, 04 Islam dalam Kesenian Sunda: 115-148. Bandung: Kiblat.

2. Contoh Daftar Pustaka dari Buku
Contoh penulisan daftar pustaka makalah yang pertama adalah dari buku. Adapun struktur penulisannya: Nama penulis. Tahun terbit. Judul Buku. Kota terbit: Penerbit.

Contoh penulisan daftar pustaka: Badudu, J.S. 1993. Inilah Bahasa Indonesia yang Benar I. Jakarta : PT Gramedia.

3. Contoh Daftar Pustaka dari Buku Terdiri 2-3 Penulis.
Struktur penulisannya : Nama penulis 1, 2, 3. Tahun terbit. Judul Buku. Kota terbit: Penerbit.

Contoh penulisan daftar pustaka : Hers, Norman dan Garrison, Ervan G. 1998. Geological Methods for Archeology. Oxford: Oxford University Press.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...