Ketahui Cara Mengatasi Laptop Lemot Anti Ribet

Untuk anda yang merasa memiliki laptop yang lemot, berikuti ini beberapa cara mengatasi laptop lemot dengan mudah.
Image title
27 Juli 2021, 18:42
Ketahui Cara Mengatasi Laptop Lemot Anti Ribet
pixabay.com
Ilustrasi pengggunaan laptop untuk berbagai keperluan

Kinerja laptop lambat atau lemot tentu saja sangat menggangu, terlebih bagi Anda yang menggunakan laptop untuk berbagai keperluan penting. Laptop yang lemot bisa membuat berbagai pekerjaan menjadi terganggu dan produktivitas bisa menurun. Di saat pandemi seperti saat ini yang hampir seluruh aktivitas dilakukan menggunakan sistem online, membuat kebutuhan laptop yang cepat sangat dperlukan. Untuk anda yang merasa memiliki laptop yang lemot, berikuti ini beberapa cara mengatasi laptop lemot dengan mudah.

Apa Penyebab Laptop Lemot?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara yang bisa digunakan untuk mengatasi laptop lemot, tak ada salahnya jika kita membahas terlebih dahulu penyebab laptop lemot yang biasa ditemui. Mungkin saja salah satu penyebab berikut ini juga ditemukan pada laptop anda.

  1. Kinerja perangkat terlalu berat karena banyaknya aplikasi yang berjalan dan otomatis aktif saat laptop dinyalakan.
  2. Hard disk yang digunakan pada laptop tersebut sudah terlalu tua, sehingga proses read and write menjadi lebih lama.
  3. Kapasitas hard disk yang digunakan sudah penuh sehingga kinerjanya menjadi berat.
  4. Usia laptop sudah tua.
  5. Bagian dalam laptop jarang dibersihkan.
  6. Adanya program berat yang menyebabkan processor tidak kuat.

Itulah enam sebab laptop menjadi lemot. Jika merasa laptop Anda lemot, alangkah baiknya sebelum mencari cara mengatasi laptop lemot, kenali terlebih dahulu penyebab laptop tersebut menjadi lemot, dengan demikian Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan tepat.

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot?

Untuk mengatasi masalah laptop yang lemot, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Copot aplikasi yang tidak dibutuhkan

Aplikasi yang terlalu banyak juga bisa menjadi salah satu penyebab kinerja dari laptop menurun dan laptop menjadi lemot. Cara mengatasi laptop yang lemot bisa dengan menghapus aplikasi yang tidak Anda butuhkan. Aplikasi yang kita instal biasanya akan secara otomatis tersimpan di drive C. jika drive tersebut penuh, maka akan mengurangi performa dari laptop tersebut.

Untuk itu, Anda perlu memastikan aplikasi yang terinstal di laptop hanya yang memang dibutuhkan. Selain mengurangi jumlah aplikasi yang ada, Anda juga bisa mengecek apakah ada aplikasi yang tidak sengaja terinstal, karena untuk beberapa kasus terkadang banyak pengguna laptop yang tidak menyadari telah mengunduh aplikasi tertentu. Lebih baik gunakan aplikasi secukupnya dan sisa memory yang ada digunakan untuk menyimpan file lain yang lebih penting.

Pasang antivirus

Untuk beberapa kejadian terkadang laptop menjadi lemot karena ada virus yang tak sengaja terbawa saat transfer file atau saat mengunduh sesuatu. Maka dari itu kehadiran antivirus menjadi hal yang sangat penting. Selain menjaga laptop agar tidak terkena virus juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi laptop lemot.

Saat hendak memasang antivirus, sebaiknya Anda memastikan aplikasi antivirus tersebut benar-benar efektif untuk menangkal berbagai virus di laptop. Sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi yang legal, selain lebih aman, efektifitasnya juga lebih tinggi.

Gunakan aplikasi sesuai dengan spesifikasi laptop

Penting sekali untuk mengetahui spesifikasi dari laptop yang kita gunakan. Sebab dengan demikian, kita jadi lebih memahami aplikasi mana yang cocok untuk laptop tersebut dan aplikasi apa saja yang sebaiknya jangan di instal pada laptop tersebut.

Aplikasi yang terinstal di laptop sebaiknya sesuai dengan spesifikasi dari laptop tersebut. Hal ini menjadi salah satu cara mengatasi laptop lemot, karena aplikasi yang spesifikasinya tidak sama atau lebih besar dari spesifikasi laptop, biasa membuat laptop menjadi lemot.

Jika Anda memang sangat membutuhkan aplikasi tersebut, namun spesifikasi tidak sesuai dengan laptop yang anda gunakan, solusinya Anda bisa mencari aplikasi serupa yang spesifikasinya lebih rendah. Dengan demikian, kinerja laptop Anda menjadi tidak terganggu.

Tambah RAM

Penyebab umum laptop lemot adalah kapasitas RAM yang terlalu kecil. RAM atau Random Acces Memory adalah perangkat keras (hardware) yang terpasang di laptop sebagai tempat penyimpanan sementara. Jika kapasitas RAM kecil, sedangkan file-file yang tersimpan di laptop tersebut banyak, maka laptop bisa menjadi lemot. Untuk itu cara mengatasi laptop yang lemot berikutnya yaitu dengan menambah RAM.

Menambah RAM memang membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, jika memang butuh, tidak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut. Saat hendak menambah kapasitas RAM, pastikan juga spesifikasi RAM tersebut sesuai dengan laptop yang anda gunakan dan sesuai juga dengan aplikasi yang terpasang pada laptop tersebut.

Reset Windows

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya yakni dengan melakukan reset Windows pada laptop yang anda gunakan. Laptop yang sudah tua akan mempengaruhi kerja dari sistem operasi khususnya Windows. Hal tersebut menyebabkan Windows sering eror dan laptop menjadi lebih lemot. Sebelum melakukan reset Anda harus mencadangkan (back up) terlebih dahulu seluruh file dan data yang ada di laptop Anda.

Gunakan thermal paste di prosesor

Thermal paste digunakan untuk memastikan suhu dalam laptop tetap terjaga saat pemakaian. Thermal paste inilah yang aan mendinginkan suhu pada prosesor. Bisa saja laptop yang lemot disebabkan oleh suhu di prosesor yang terlalu panas sehingga kinerja dari laptop menjadi menurun.

Gunakan cooling pad

Cooling pad juga bisa anda gunakan sebagai cara mengatasi laptop yang lemot. Alat ini bisa menjaga laptop tetap dalam suhu yang stabil dan tidak terlalu panas. Suhu yang terlalu panas bisa membuat laptop menjadi lemot. Cooling pad ini biasanya dipasang di bawah laptop saat Anda menggunakannya.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Windows 10 menjadi sistem operasi yang paling baru di keluarkan oleh Microsoft. Meskipun baru, sistem operasi (OS) ini sudah banyak yang menggunakan. Untuk anda yang memasang windows 10 namun laptop yang anda gunakan menjadi lemot, ada beberapa cara mengatasi laptop lemot windows 10 dengan mudah.

Hapus aplikasi yang tidak perlu

Di Windows 10, jika banyak menyimpan aplikasi juga bisa menyebabkan laptop menjadi lemot. Untuk itu, Anda bisa menghapus aplikasi yang tidak diperlukan agar laptop kembali normal. Program yang terlalu banyak membuat laptop menjadi terbebani dan kinerjanya pun menjadi menurun.

Hapus cache secara rutin

Bukan hanya di hp, cache juga ditemui di laptop sekalipun perangkat tersebut sudah menggunakan versi Windows terbaru. Cara mengatasi laptop lemot dengan menghapus cache bisa dilakukan dengan membuka "file manager" kemudian klik kanan pada ikon hard disk. Setelah itu, Anda bisa pilih properties dan klik tab general. Kemudian klik "disk celan up" untuk membersihkan cache di laptop tersebut.

Pilih daya tinggi

Salah satu fitur canggih yang dimiliki Windows 10 adalah bisa menentukan daya laptop. Daya laptop inilah yang bisa mengatur kinerja dari laptop tersebut. Maka dari itu, mengatur daya dan memilih daya tinggi atau high performance menjadi salah satu cara mengatasi laptop lemot windows 10 yang bisa anda coba.

Matikan aplikasi yang berjalan saat startup

Laptop dengan sistem Windows 10 biasanya memiliki beberapa aplikasi yang akan berjalan otomatis saat laptop dinyalakan. Jika terlalu banyak aplikasi yang aktif saat startup, bisa menyebabkan laptop menjadi lemot. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mematikan beberapa aplikasi yang biasanya berjalan saat laptop baru dihidupkan.

Cara mengatasi laptop lemot dengan mematikan aplikasi tertentu Anda bisa membuka "task manager" kemudian pilih "startup". Lihat aplikasi apa saja yang berjalan saat laptop baru di nyalakan. Anda bisa langsung mengubah pengaturan tersebut agar saat laptop anda dinyalakan tidak banyak aplikasi yang berjalan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Pada Windows 7

Saat ini masih ada juga pengguna laptop yang menggunakan sistem Windows 7. Sistem operasi ini terbilang sederhana dan mudah untuk dioperasikan, cocok untuk digunakan bagi Anda yang tidak begitu memahami sistem operasi. Untuk mengatasi laptop lemot di sistem operasi Windows 7, bisa menggunakan beberapa cara berikut:

Matikan program yang tidak penting dengan MSconfig

Sama halnya dengan sistem operasi Windows 10, jika anda menggunakan Windows 7 dan terlalu banyak memasang aplikasi juga bisa membuat laptop anda menjadi lemot. Anda bisa menggunakan MSconfig untuk mematikan program-program yang tidak diperlukan. Caranya dengan buka menu "start" kemudian ketik "run". Selanjutnya Anda bisa memasukkan "MSconfig command". Lalu pilih program mana saja yang akan anda matikan saat laptop baru dinyalakan. Namun anda juga harus berhati-hati saat menggunakan MSconfig command, pastikan program Windows yang penting tidak ikut dimatikan.

Rutin melakukan disk defragmenter

Cara mengatasi laptop yang lemot selanjutnya yakni dengan melakukan disk defragmenter secara rutin. Cara ini sangat diperlukan terlebih jika laptop yang Anda gunakan sudah berusia tua. Proses disk defragmenter ini berlangsung dukup lama, makanya disarakan untuk melakukan proses ini di malam hari saat anda tidak membutuhkan laptop untuk bekerja atau hal lainnya. Namun tetap pastikan laptop tersebut menyala selama proses berjalan.

Manfaatkan fitur ready boost

Fitur ready boost juga bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi laptop yang lemot. Fitur ini bisa digunakan untuk menambah cache di laptop, karena cache yang penuh bisa membuat laptop menjadi semakin lemot. Anda butuh alat tambahan yakni flashdisk untuk menjalankan fitur ready boost ini.

Mematikan system indexing

Windows 7 ternyata masih memiliki system indexing yang belum sempurna. Sistem ini terkadang juga menjadi penyebab laptop menjadi lemot. Jika Anda menggunakan windows 7, untuk mengatasi permasalahan laptop yang lemot, Anda bisa memastikan sistem indexing ini.

Caranya cukup mudah, pertama klik menu "start" dan cari "service", kemudian gunakan fitur search. Selanjutnya Anda bisa jalankan service dan cari windows search di kolom "name," kemudian klik dua kali. Jika sudah terbuka, Anda bisa masuk ke tab "general" dan matikan fitur indexing dengan klik "disable" yang ada di "startup type".

Gunakan aplikasi dengan fitur lite

Salah satu cara mengatasi laptop lemot untuk pengguna windows 7 bisa dengan menggunakan aplikasi yang memiliki fitur lite. Fitur ini akan membuat hard disk yang ada di laptop tidak bekerja terlalu berat. Selain itu, fitur lite juga bisa digunakan untuk mengurangi memori yang ada di laptop tersebut.

Demikian beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa Anda pilih. Cara di atas sangatlah mudah dan Anda bisa anda praktikkan sendiri. Jika pilihan cara-cara tersebut sudah dilakukan namun laptop anda masih lemot, mungkin Anda bisa membawa laptop tersebut ke service center untuk dilakukan pengecekan lebih dalam. Karena tidak menutup kemungkinan laptop yang lemot disebabkan adanya kerusakan yang tidak kita sadari.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait