4 Cara Cek Nomor Telkomsel dengan Mudah dan Akurat
Telkomsel adalah perusahaan yang bergerak dalam pengoperasian sistem telekomunikasi Telepon Bergerak Seluler dengan sistem GSM (Global System for Mobile Communication).
Telkomsel memiliki 4 merk kartu perdana yang dipasarkan di Indonesia yaitu 1 merk kartu pascabayar yaitu kartuHalo dan 3 merk prabayar yaitu simPATI, Kartu As serta Loop.
Jika Anda salah satu pengguna Telkomsel, lupa nomor adalah hal yang normal terjadi bagi kebanyakan orang. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara cek nomor Telkomsel yang dapat Anda gunakan ketika Anda lupa nomor.
Sebagai salah satu penyedia layanan seluler di Indonesia, Telkomsel memberikan layanan untuk cek nomor Telkomsel dengan mudah melalui cara-cara berikut.
1. Cek Nomor Telkomsel lewat HP
Untuk cek nomor Telkomsel melalui panggilan, pengguna perlu mengikuti langkah-langkah berikut.
- Tekan *808# pada menu panggilan.
- Tekan tombol “Call/Panggil”.
- Informasi nomor Telkomsel Anda ditampilkan melalui notifikasi.
Perlu dipahami, untuk pelanggan prabayar dikenakan tarif sebesar Rp 100/permintaan (termasuk PPN 10%). Sedangkan bagi pelanggan pascabayar dikenakan tarif sebesar Rp 100/permintaan (belum termasuk PPN 10%). Tarif langsung dipotong dari pulsa Anda pada saat menghubungi *808#.
2. Cek Nomor Telkomsel lewat Aplikasi MyTelkomsel
Jika tidak ingin repot membayar tiap kali melakukan cek nomor, Anda dapat cek nomor Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel di perangkat Android atau iOS. Caranya sangat mudah, ikuti tahapan di bawah ini:
- Unduh aplikasi MyTelkomsel di Google Play Store atau App Store.
- Buka aplikasi, lalu login.
- Pada tampilan “Home” terdapat informasi dasar seputar nama pengguna termasuk nomor Telkomsel pengguna.
Perlu diketahui, jika Anda pengguna pertama aplikasi MyTelkomsel, Anda harus mendaftarkan nomor Anda terlebih dahulu. Jadi, jika Anda lupa, cek nomor Telkomsel terlebih dahulu menggunakan telepon lalu gunakan untuk mendaftar di aplikasi MyTelkomsel. Dengan begitu, ketika Anda lupa nomor, Anda dapat cek nomor Telkomsel dengan membuka aplikasi My Telkomsel.
3. Cek Nomor Telkomsel dengan Menghubungi Operator
Cara ini cukup memakan banyak waktu dan biaya. Tarif yang dikenakan untuk menghubungi operator adalah sebesar 300-400 rupiah per panggilan. Namun, jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat cek nomor Telkomsel dengan cara berikut:
- Untuk pengguna simPATI, Kartu As, dan Loop, hubungi nomor call center 188.
- Untuk pengguna kartu Halo,hubungi nomor call center 133.
- Untuk pengguna yang sedang berada di luar negeri dan terkena roaming, hubungi nomor +628110000333.
4. Cara Cek Nomor Telkomsel lewat Asisten Virtual
Veronika adalah Asisten Virtual Telkomsel berbasis chat untuk membantu Anda mengakses informasi produk serta layanan Telkomsel seperti cek nomor, pengecekan kuota, penukaran Telkomsel Poin, cek tagihan Telkomsel Halo, pencarian lokasi GraPARI, pembelian pulsa dan paket data, serta masih banyak lagi.
Asisten Virtual Telkomsel Veronika dapat Anda akses melalui kanal-kanal aplikasi berikut.
- LINE: tsel.me/lineVA2
- Facebook Messenger: tsel.me/fbV2
- Telegram: tsel.me/telegramVA2
- Situs Web: www.telkomsel.com
- WhatsApp: tsel.me/wa2
- Aplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbot
Bagaimana jika nomor telkomsel hilang/rusak?
Jika nomor Anda hilang atau rusak, segera kunjungi MyGraPari terdekat. Telkomsel menghadirkan MyGraPari, yaitu media pelayanan Walk In Telkomsel yang bersifat digital dan dapat diakses secara mandiri (self-service) oleh pelanggan di GraPari (Pusat Layanan Telkomsel) maupun area publik.
Cara menggunakan MyGraPari adalah sebagai berikut.
- Siapkan e-KTP, Kartu Keluarga (KK), dan 2 nomor ponsel yang dihubungi 1 bulan terakhir.
- Pilih menu "Pelanggan Telkomsel"
- Pilih menu "SIMCARD Hilang/Rusak"
- Masukkan nomor yang akan diganti.
- Masukkan nomor e-KTP dan KK untuk validasi data pelanggan.
- Pelanggan mendapatkan kartu baru.
Kenapa nomor Telkomsel tidak dapat dihubungi?
Ada 4 alasan kenapa nomor Telkomsel tidak dapat dihubungi.
- “Nomor yang Anda hubungi sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan”
Artinya telepon tidak dapat dilakukan karena nomor yang dituju sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan.
- “Nomor yang Anda hubungi sedang sibuk”
Artinya telepon tidak dapat dilakukan karena nomor yang dituju sedang melakukan panggilan, mengaktifkan ‘call divert’ atau memblokir nomor Anda.
- “Nomor yang Anda hubungi tidak dapat dapat dihubungi
Artinya nomor tidak terdaftar, kurang digit angka, atau nomor panggilan tetap dalam keadaan mati.
- “Anda sudah mencapai limit untuk melakukan telepon”
Jika Anda pengguna pascabayar, pastikan limit Anda masih mencukupi untuk melakukan telepon dengan cek limit melalui UMB *111#. Jika Anda sudah mencapai limit, hubungi cs@telkomsel.co.id untuk mengajukan peningkatan limit pemakaian.