Cara Daftar Vaksin Covid Online, Mudah dan Praktis

Cara daftar vaksin covid online bisa dilakukan via website Pedulilindung dan vaksin.loket.com. Selain itu, vaksinasi juga bisa dilakukakan lewat vaksinasi mandiri individual atau VGR. berikut caranya!
Image title
10 September 2021, 15:24
Cara daftar vaksin covid online bisa dilakukan melalui aplikasi pedulilindungi.
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.
Cara daftar vaksin covid online bisa dilakukan melalui aplikasi pedulilindungi.

Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu program jitu pemerintah dalam menekan angka penyebaran dan penularan virus corona. Per 8 September 2021, jumlah masyarakat yang sudah melakukan vaksin dosis pertama yakni sebanyak 69.194.539 orang atau 33,33%

Sementara itu, total masyarakat yang sudah melakukan suntik vaksin dosis kedua berjumlah 39.721.571 orang atau sekitar 19% dari total target sasaran vaksinasi. Pemerintah sudah menentukan sasaran program vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunitas (herd community) sebesar 208.267.720 orang.

Adapun sasaran vaksinasi terdiri dari tenaga kesehatan, lanjut usia, petugas publik, masyarakat yang rentan terkena Covid-19, dan masyarakat umum.

Untuk mempercepat dan mempermudah masyarakat mendapat layanan vaksin Covid-19, pemerintah telah menerapkan beberapa alternatif pendaftaran vaksin yang bisa diakses masyarakat umum.

Cara Daftar Vaksin Covid Online Gratis

Pemerintah telah menyediakan dua kanal yang bisa dikunjungi masyarakat untuk pedaftaran  vaksinasi Covid-19, yakni melalui Pedulilindungi dan Vaksin.loket.com.

1. Cara Daftar Vaksin Online via Pedulilindungi

Peduli lindungi merupakan sistem pendafataran vaksin yang bisa diakses melalui website maupun aplikasi. Melansir pedulilindungi.id, aplikasi ini dikembangkan untuk membantu pemerintah dalam melakukan pelacakan guna menghentikan penyebaran Covid-19.

Pengguna aplikasi juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi Covid-19 atau ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Dengan pendaftaran vaksin online ini, masyarakat bisa memilih sendiri tanggal hingga lokasi penyuntikan vaksinasi. Hanya saja masyarakat tidak bisa memilih jenis vaksin yang disuntikan.

Berikut cara pendaftaran vaksin Covid-19 via website Pedulilindungi.id:

  • Buka situs Pedulilindungi.id.
  • Klik menu “Login/Register" yang terletak di pojok kanan atas halaman web.
  • Pilih menu “Buat akun Pedulilindungi”.
  • Lakukan registrasi akun dengan memasukan nama lengkap serta alamat e-mail.
  • Centang kolom “Syarat Penggunaan dan Kebijakan Privasi”.
  • Klik “Daftar”.
  • Jika sudah, Pedulilindungi akan mengirimkan kode OTP melalui email atau SMS.
  • Masukan kode OTP dan pilih opsi “Verifikasi Akun”.
  • Anda akan terdaftar dan masuk ke dashboard atau halaman utama Pedulilindungi.
  • Pilih menu “Pendaftaran Vaksinasi”.
  • Lengkapi data diri yang diminta, seperti nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, jenis kelamin, nomor handphone, kota sesuai KTP, dan alamat.
  • Setelah itu, klik “Selanjutnya”.
  • Lakukan konfirmasi terkait penerima vaksin. Masukan kode verifikasi.
  • Anda sudah berhasil melakukan pendaftaran vaksin Covid-19.

2. Cara Daftar Vaksin Online via Vaksin.loket.com

Setelah terdaftar di Pedulilindungi, Anda bisa melanjutkan untuk menentukan jadwal dan lokasi vaksinasi di Vaksin.loket.com. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi laman https://vaksin.loket.com.
  • Pilih lokasi terdekat dengan tempat tinggal Anda.
  • Pilih tanggal dan jam kedatangan.
  • Lengkapi data identitas diri.
  • Anda akan menerima e-voucher pada e-mail yang sudah didaftarkan sebelumnnya.

Setelah menentukan jadwal dan lokasi, Anda tinggal mengikuti proses vaksinasi di lokasi. Mengutip Vaksin.loket.com, berikut tahapannya:

  • Datang sesuai jadwal yang sudah didaftarkan dengan membawa e-voucher dan KTP.
  • Registrasi untuk pengecekan calon penerima vaksin sudah terdaftar atau belum, dan proses verifikasi data dalam sistem vaksinasi pCare.
  • Lakukan screening dan pemeriksaan kesehatan berupa cek tensi dan suhu tubuh sebelum penyuntikan vaksin.
  • Setelah lolos pada tahap pemeriksaan kesehataan, selanjutnya proses vaksinasi akan dilakukan.
  • Setelah penyuntikan vaksin selesai, akan dilakukan observasi selama kurang lebih 30 menit.
  • Vaksinasi sudah selesai.

masyarakat yang berniat melakukan vaksinasi mandiri individual atau yang biasa disebut vaksinasi gotong-royong (VGR) bisa dilakukan melalui jaring klinik PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) yang sudah berjalan sejak 12 Juli 2021 lalu.

Cara daftar vaksin covid mandiri ini bisa dilakukan melalui 3 jalur, yakni melalui call center Kimia Farma di nomor 1-500-255, melalui website www.kimiafarmaapotek.co.id, atau melalui aplikasi Kimia Farma Mobile yang dapat diunduh di Play Store dan App Store.

Pendafataran akan menetukan tanggal dan lokasi pendaftar untuk melakukan penyuntikan vaksin Covid-19.

Sebelum melakukan vaksinasi, pastikan Anda mengetahui ketentuan vaksin termasuk kondisi yang mengharuskan seseorang tidak bisa disuntik vaksin covid-19, seperti orang dengan tekanan darah 180/110 atau lebih, penyintas Covid-19 kurang dari 3 bulan, menglami gejala ISPA (batuk, pilek, sesak napas) dalam 7 hari terakhir, ada anggota keluarga yang kontak erat, suspek, atau terkonfirmasi sedang dalam perawatan Covid-19.

Seorang yang memiliki alergi berat, gejala sesak napas, bengkak, dan kemerahan setelah divaksin juga tidak bisa melakukan vaksin kedua.

selain itu, orang yang tengah menjalani terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah, menderita Autoimun Sistemik (SLE/Lupus, Sjogren, Vaskulitis) akut, menderita penyakit Reumatik Autoimun atau Rhematoid Arthritis parah, menderita penyakit saluran penceranaan kronis, hiperteroid, dan HIV dengan angka CD4 kurang dari 200 atau tidak diketahui tidak bisa melakukan vaksinasi Covid-19.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait