Tabungan Emas Pegadaian, Solusi Investasi Jangka Panjang

Tabungan emas Pegadaian menjadi salah satu wadah investasi emas yang mulai mendapat perhatian masyarakat. Terlebih, besaran setoran untuk jenis investasi ini cukup terjangkau untuk kalangan investor.
Image title
31 Agustus 2021, 18:10
Ilustrasi tabungan emas pegadaian
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi tabungan emas pegadaian

Investasi menjadi kian populer di Indonesia. Banyak dari mereka yang terjun ke dunia investasi, mendapat untung besar. Namun tak sedikit pula yang mengalami kerugian. Sebagian investor pun beralih ke investasi jangka panjang yang risiko lebih kecil, salah satunya investasi emas.

Ada beberapa faktor pertimbangan yang membuat seseorang memilih emas sebagai instrumen investasi, di antaranya permintaannya yang tinggi, kebal inflasi, likuditas yang menjanjikan, bisa diwariskan, nilainya yang cenderung stabil, dan masih banyak lagi.

Apa Itu Tabungan Emas Pegadaian?

Tabungan Emas Pegadaian menjadi salah satu wadah investasi emas yang mulai mendapat perhatian masyarakat. Apalagi, besaran setoran untuk jenis investasi ini cukup terjangkau untuk semua kalangan investor.

Mengutip laman resmi Pegadaian, tabungan emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Pegadaian melayani pembelian dan penjualan emas dengan cara membeli emas berupa logam mulia 24 karat melalui fasilitas seperti halnya menabung.

Advertisement

Dalam praktiknya, seorang yang nasabah yang membuka tabungan emas Pegadaian akan menyetorkan uang tunai sesuai dengan nominal yang diinginkan. Kemudian, uang tersebut akan dikonversi ke dalam gram emas batangan dengan merujuk pada harga emas 24 karat yang berlaku saat itu. Saldo yang sudah terkumpul bisa dicairkan menjadi uang tunai atau emas batangan sesuai harga emas logam mulia yang berlaku.

Menabung emas di pegadaian dinilai mampu menjangkau setiap kalangan investor. Modal awal untuk berinvestasi ini rendah, bisa dimulai dari 0,01 gram.

Cara Membuka Tabungan Emas Pegadaian

Cara membuka tabungan emas di pegadaian pun cukup mudah. Nasabah yang hendak membuka rekening tabungan emas bisa dilakukan melalui dua cara, yakni dengan mengunjungi outlet pegadaian terdekat atau melalui aplikasi Pegadaian Digital. Pihak Pegadaian akan meminta calon nasabah melengkapi formulir pembukaan rekening dan menyertakan identitas diri berupa KTP.

Jika membuka rekening melalui aplikasi, nasabah bisa mengambil kartu rekening di outlet pegadaian yang telah didaftarkan selambat-lambatnya 6 bulan sejak pembukaan rekening di Pegadaian Digital.

Berikut tahapannya:

  • Siapkan syarat dan ketentuan yang diperlukan untuk membuka rekening tabungan emas di Kantor Cabang Pegadaian.
  • Mengisi formulir pembukaan rekening serta membayar biaya administrasi sebesar Rp 10.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp 30.000.
  • Setelah mengisi formulir dan membayar administrasi, nasabah akan menerima buku tabungan emas dan sudah bisa melakukan pembelian tabungan emas mulai dari 0.01 gram.
  • Apabila berniat mencetak emas batangan, nasabah dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping (1 - 100 gram) dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.
  • Transaksi pencetakan emas batangan saat ini hanya dapat dilakukan di kantor cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukan buku tabungan dan identitas diri yang asli.

Untuk bisa melakukan pembelian emas batangan, nasabah diminta melakukan top up ke rekening mereka masing-masing. Setoran bisa dilakukan melalui kantor Pegadaian, aplikasi, ATM, atau agen Pegadaian. Setoran bisa dimulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per harinya. Setiap transaksi top up akan dialokasikan ke jumlah emas yang ada di rekening.

Saldo emas tersebut bisa langsung dijual ke Pegadaian (buyback) atau dicarikan menjadi emas batangan fisik apabila beratnya sudah memenuhi. Nasabah bisa menunggu proses pencetakan emas batangan paling cepat 15 sampai dengan 45 hari sesuai lokasi kantor cabang Pegadaian.

Untuk mencetak saldo menjadi emas batangan fisik, nasabah akan dikenakan biaya cetak dan diminta untuk menyisihkan 0,01 gram dari total tabungan agar rekening tetap aktif.

Kendati terdengar praktis, ada beberapa kekurangan tabungan emas Pegadaian, seperti  adanya biaya administrasi, saldo yang tidak bisa langsung dicairkan, biaya pencetakan emas, dan harga buyback dari Pegadaian yang relatif lebih rendah daripada harga belinya. Untuk itu, tabungan emas Pegadaian lebih dianjurkan untuk investasi jangka panjang.

Sistem Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan emas dilakukan secara beli jual berdasarkan harga yang telah ditentukan oleh Pegadaian. Harga tersebut bisa dilihat melalui aplikasi Pegadaian.

Menabung dan melakukan setoran bisa dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital, yang di dalamnya sudah mencakup beberapa fasilitas tabungan emas. Pembelian emas dimulai dengan minimal Rp 50.000 hingga Rp 10 juta per harinya.

Harga yang tertera pada aplikasi Pegadaian Digital, yaitu harga jual dan harga beli. Harga jual adalah harga dari Pegadaian untuk menjual emas kepada nasabah. Sederhananya, harga jual adalah nominal yang dikeluarkan nasabah untuk membeli emas di Pegadaian. Sementara harga beli adalah harga Pegadaian membeli emas dari nasabah (buyback), jadi harga beli menjadi harga yang diterima oleh nasabah jual emas Pegadaian.

Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat oleh setiap nasabah yang membuka tabungan emas di Pegadaian, salah satunya mudah diakses, sebab tabungan emas Pegadaian tersedia di seluruh cabang pegadaian, juga bisa melalui aplikasi Pegadaian Digital, agen pegadaian, dan marketplace.

Selain itu, order cetak emas juga bisa dilakukan mulai dari kepingan 1 gram, harga jual dan harga beli yang kompetitif, tarif pengelolaan dan administrasi yang terjangkau, karatase terjamin 24 karat, fleksibel dan bisa start small. Tak hanya itu, tabungan emas Pegadaian juga dikelola secara profesional dan transparan. Sehingga nasabah tidak perlu khawatir adanya penyelewengan dana, dan sejenisnya.

Rincian Biaya Tabungan Emas Pegadaian

Berikut biaya pembukaan rekening tabungan emas Pegadaian:

Channel

Biaya Pembukaan Rekening

Biaya Fasilitas Penitipan Emas (per satu tahun)

Pembelian Saldo Emas

Biaya Transaksi

Outlet Pegadaian

Rp 10.000,-

Rp 30.000,-

0,01 Gram

-

Pegadaian Digital

Rp 0,-

Rp 0,- (free biaya penitipan 1 tahun pertama)

Rp 50.000,-

-

Pegadaian Syariah Digital

Rp 0,-

Rp 30.000,-

Rp 70.000,-

-

Agen Pegadaian

Rp 10.000,-

Rp 30.000,-

Rp 57.500,-

Rp 2.500,-

 

Berikut rincian biaya transaksi tabungan emas Pegadaian:

Transaksi

Biaya (Rupiah)

Keterangan

Transfer emas ke rekening lain

Rp 2.000,-/transaksi 

Melalui Outlet Pegadaian

Transfer emas ke rekening lain

Rp 0,-

Melalui Pegadaian Digital

Pencetakkan rekening koran Tabungan Emas

Rp 2.000,-/lembar

Di Outlet Pegadaian

Penggantian buku Tabungan Emas yang hilang atau rusak

Rp 10.000,-/buku

Di Outlet Pegadaian

Penitipan emas per tahun dibayar di muka

Rp 30.000,-/rekening

-

Penutupan rekening

Rp 30.000,-/rekening

Di Outlet Pegadaian

 

Berikut rincian biaya cetak emas batangan Pegadaian:

 

 

Biaya Cetak Emas Batangan

Denominasi

Biaya Cetak

PT ANTAM

PT UBS

PT Galeri 24

1 Gram

Rp. 100.000,-

Rp. 60.000,-

Rp. 50.000,-

2 Gram

Rp. 120.000,-

Rp. 100.000,-

Rp. 80.000,-

5 Gram

Rp. 200.000,

Rp. 130,000,-

Rp. 120.000

10 Gram

Rp. 300.000,

Rp. 200.000,

Rp.150.000

25 Gram

Rp. 400.000,

Rp. 300.000,

 

50 Gram

Rp. 780.000,

Rp. 500.000,

 

100 Gram

Rp. 950.000,

Rp. 770.000,

 

 

Adapun rincian pembatasan transaksi (per hari nasabah), sebagai berikut:

PEMBATASAN TRANSAKSI (PER HARI PER NASABAH)

TRANSAKSI

PEMBATASAN

MINIMAL

MAKSIMAL

KETERANGAN

Pemilik Rekening dapat membeli

0.01 gram

100 gram

per CIF

Pemilik Rekening dapat menjual

1 gram

100 gram

per CIF

Pemilik Rekening dapat mencetak

1 gram

100 gram

per CIF

Pemilik Rekening dapat mentransfer

0.1 gram

100 gram

per CIF

Saldo rekening

0.1 gram

-

per Rekening

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait