Ide Bisnis Potensial untuk Anak Muda

Membangun bisnis harus dilakukan dengan pertimbangan yang cermat.
Image title
Oleh Shabrina Paramacitra
6 Juli 2022, 14:54
Membangun bisnis harus dilakukan dengan pertimbangan yang cermat.
Hostinger

Siapa pun bisa memulai bisnis. Bagi Anda generasi Y dan Z, memiliki bisnis dengan modal minim namun beruntung besar bukanlah hal yang mustahil.

Ada banyak peluang bisnis untuk menjadi sumber penghasilan utama maupun sampingan. Dengan perencanaan dan strategi yang tepat, ide-ide bisnis yang Katadata.co.id rangkum berikut ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin mulai membangun bisnis.

1. Dropshipper
Bisnis dropship bisa dilakukan nyaris tanpa modal. Siapa pun bisa menjalankan bisnis ini, asalkan bertekad kuat dan jeli memilih penyuplai (supplier). Seorang dropshipper hanya perlu memasarkan produk dari supplier ke calon pembeli, kemudian meneruskan pesanan ke supplier jika ada konsumen yang memesan.

Untuk transaksi keuangannya, konsumen cukup membayar kepada dropshipper. Lalu, uang tersebut akan diserahkan kepada supplier. Setelah uang diterima, maka supplier akan mengemas dan mengirim barang ke konsumen.

Advertisement

Anda bisa mempromosikan bisnis dropship ini dengan sistem getok tular (word of mouth), bergabung di lokapasar, mengumumkannya di media sosial, maupun di situs bisnis. Untuk hasil yang optimal, pilihlah situs web yang memiliki domain dan reputasi terbaik.

2. Menjual perangkat lunak (software)
Bagi Anda yang ahli di bidang pemrograman, bisa mulai membangun usaha dengan berjualan software. Cara mempromosikan bisnis software ini bisa melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau dengan memberikan uji coba gratis selama jangka waktu tertentu.

3. Menjual jas hujan custom
Peluang bisnis yang satu ini belum banyak dikembangkan. Jadi, tak ada salahnya jika Anda membangun bisnis berjualan jas hujan yang dibuat khusus berdasarkan pesanan konsumen (custom-made). Misalnya, membuat jas hujan dengan karakter yang unik untuk anak-anak, dan motif bunga yang cantik konsumen perempuan.

Hostinger
Hostinger (Hostinger)

Umumnya, jas hujan dibuat dengan bahan transparan. Ada pula jas hujan dengan motif polkadot, emotikon dan lain-lain. Untuk membuat produk Anda berciri khas, buatlah jas hujan dengan desain yang berbeda.

Anda bisa mempromosikan bisnis ini melalui media sosial dan memasarkannya di lokapasar. Agar lebih meyakinkan, buatlah situs web yang berisi portofolio produk serta testimoni para pelanggan yang puas dengan layanan Anda.

Situs web yang dibangun harus mampu menyimpan data promosi Anda dengan nyaman. Untuk itu, Anda butuh layanan khusus yang memastikan kinerja situs web Anda tetap stabil saat terjadi lonjakan traffic. Anda bisa mendapatkannya melalui layanan Hostinger.

4. Bisnis waralaba (franchise)
Bagi kaum muda yang ingin praktis dan bisa langsung memiliki bisnis, bergabung menjadi mitra waralaba merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa memilih jenis waralaba di bidang kuliner, pelatihan, fesyen, penatu, jasa kirim barang, dan sebagainya.

Tak perlu takut harus mengeluarkan modal besar, karena banyak franchise yang menawarkan kerja sama dengan modal investasi terjangkau.

5. Toko daring
Ide bisnis berikutnya yakni membangun toko daring. Ini merupakan usaha yang cukup menjanjikan.Jika Anda jeli melihat peluang bisnis yang belum banyak memiliki pesaing namun dibutuhkan oleh konsumen (gap in the market), toko daring Anda berpotensi meraup keuntungan yang besar. Namun hal ini juga harus disertai dengan komitmen berwirausaha yang kuat dan pantang menyerah menghadapi tantangan dalam bisnis.

6. Jasa penerjemahan
Anda mahir berbahasa asing? Jadilah penerjemah! Selain bisa dikerjakan dari rumah, jam kerjanya pun fleksibel.

Anda bisa menjalankan bisnis penerjemahan secara purna maupun paruh waktu. Carilah klien melalui platform pekerja lepas, dan promosikan profil Anda di media sosial.

7. Penulis daring
Hobi menulis pun dapat dikembangkan menjadi peluang bisnis. Anda bisa bekerja sebagai penulis daring, seperti menulis novel, komik, menjadi penulis konten untuk produk maupun situs web tertentu, dan sebagainya.

Seperti halnya bekerja sebagai penerjemah, profesi penulis daring ini juga bisa dikerjakan secara purna maupun paruh waktu. Anda bisa memulainya dengan bergabung dalam platform menulis atau mencari klien melalui platform pekerja lepas.

Hostinger
Hostinger (Hostinger)

Agar mendapatkan apresiasi yang lebih, tampilkan hasil karya Anda melalui situs web portofolio, serta promosikan diri Anda di media sosial dengan menyertakan tautan domain situs web portofolio tersebut.

8. Menjual e-book
Buku bermedium kertas mulai tergeser kehadirannya dengan buku elektronik (e-book). Dengan e-book, pembaca bisa mendapatkan informasi tanpa perlu membawa buku fisik.

Mendapatkan penghasilan dari berjualan e-book bisa dilakukan dengan menawarkan e-book milik orang lain ataupun hasil karya Anda sendiri. Misalnya, Anda memiliki keahlian membuat kerajinan tangan. Tuliskan tutorial cara membuat kerajinan tangan tersebut, kemudian lengkapi dengan tips khusus.

Rangkum tulisan Anda dan tik menjadi sebuah buku dokumen berformat portabel (portable document format/PDF). Promosikan e-book tersebut di media sosial, blog pribadi, situs web bisnis dan toko buku daring.

9. Menjual tema blog
Salah satu kebiasaan para pemilik blog adalah sering mengganti tema agar terlihat menarik. Jika Anda memiliki keahlian dalam hal membuat tema blog, promosikanlah hasil karya Anda secara daring.

Peluang bisnis yang satu ini cukup menjanjikan, asalkan bisa membuat sebuah tema blog yang menarik dan mudah digunakan untuk mode seluler. 

10. Jasa pembuatan situs web
Banyak perusahaan yang meningkatkan keuntungannya dengan cara membangun situs bisnis.

Hostinger
Hostinger (Hostinger)

Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi pengembang web. Selain mendapatkan penghasilan dari jasa pembuatan situs web, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kerja sama dengan pihak-pihak lain.

11. Affiliate marketing
Mendapat penghasilan dengan mempromosikan produk orang lain bisa diwujudkan jika Anda bekerja sebagai affiliate marketing. Pola pemasaran afiliasi ini hanya mengandalkan ponsel dan kuota internet. Cara mempromosikan produknya bisa melalui media sosial.

Selain itu, Anda bisa promosi dengan cara menulis ulasan (review) di blog pribadi. Kemudian, pada setiap konten tersebut, sematkan kode rujukan yang menandakan bahwa konsumen melakukan transaksi melalui Anda.

Penghasilan yang Anda dapatkan bergantung dari jumlah konsumen yang melakukan pemesanan melalui kode rujukan tersebut. Kemudian, dikalikan dengan persentase komisi sesuai ketentuan yang telah disepakati.

Pilih Peluang Bisnis Terbaik
Dari semua ide bisnis di atas, manakah yang cocok dengan Anda?

Hostinger
Hostinger (Hostinger)

Satu hal yang harus selalu diingat adalah, jangan memilih bisnis berdasarkan tampilan luarnya saja. Pilihlah bisnis yang sesuai minat, kemampuan dan target Anda. Kemudian, kembangkan bisnis tersebut dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Agar bisnis Anda semakin maju dan keuntungannya kian meningkat, tingkatkan pelayanan Anda kepada konsumen. Dan, jangan lupa untuk melakukan review usaha secara berkala. 

(Tim Riset Katadata)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait