Ide Bisnis Potensial untuk Anak Muda

Image title
Oleh Shabrina Paramacitra
6 Juli 2022, 14:54
Membangun bisnis harus dilakukan dengan pertimbangan yang cermat.
Hostinger

Siapa pun bisa memulai bisnis. Bagi Anda generasi Y dan Z, memiliki bisnis dengan modal minim namun beruntung besar bukanlah hal yang mustahil.

Ada banyak peluang bisnis untuk menjadi sumber penghasilan utama maupun sampingan. Dengan perencanaan dan strategi yang tepat, ide-ide bisnis yang Katadata.co.id rangkum berikut ini dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin mulai membangun bisnis.

1. Dropshipper
Bisnis dropship bisa dilakukan nyaris tanpa modal. Siapa pun bisa menjalankan bisnis ini, asalkan bertekad kuat dan jeli memilih penyuplai (supplier). Seorang dropshipper hanya perlu memasarkan produk dari supplier ke calon pembeli, kemudian meneruskan pesanan ke supplier jika ada konsumen yang memesan.

Untuk transaksi keuangannya, konsumen cukup membayar kepada dropshipper. Lalu, uang tersebut akan diserahkan kepada supplier. Setelah uang diterima, maka supplier akan mengemas dan mengirim barang ke konsumen.

Anda bisa mempromosikan bisnis dropship ini dengan sistem getok tular (word of mouth), bergabung di lokapasar, mengumumkannya di media sosial, maupun di situs bisnis. Untuk hasil yang optimal, pilihlah situs web yang memiliki domain dan reputasi terbaik.

2. Menjual perangkat lunak (software)
Bagi Anda yang ahli di bidang pemrograman, bisa mulai membangun usaha dengan berjualan software. Cara mempromosikan bisnis software ini bisa melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau dengan memberikan uji coba gratis selama jangka waktu tertentu.

3. Menjual jas hujan custom
Peluang bisnis yang satu ini belum banyak dikembangkan. Jadi, tak ada salahnya jika Anda membangun bisnis berjualan jas hujan yang dibuat khusus berdasarkan pesanan konsumen (custom-made). Misalnya, membuat jas hujan dengan karakter yang unik untuk anak-anak, dan motif bunga yang cantik konsumen perempuan.

Hostinger
Hostinger (Hostinger)

Umumnya, jas hujan dibuat dengan bahan transparan. Ada pula jas hujan dengan motif polkadot, emotikon dan lain-lain. Untuk membuat produk Anda berciri khas, buatlah jas hujan dengan desain yang berbeda.

Anda bisa mempromosikan bisnis ini melalui media sosial dan memasarkannya di lokapasar. Agar lebih meyakinkan, buatlah situs web yang berisi portofolio produk serta testimoni para pelanggan yang puas dengan layanan Anda.

Situs web yang dibangun harus mampu menyimpan data promosi Anda dengan nyaman. Untuk itu, Anda butuh layanan khusus yang memastikan kinerja situs web Anda tetap stabil saat terjadi lonjakan traffic. Anda bisa mendapatkannya melalui layanan Hostinger.

4. Bisnis waralaba (franchise)
Bagi kaum muda yang ingin praktis dan bisa langsung memiliki bisnis, bergabung menjadi mitra waralaba merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa memilih jenis waralaba di bidang kuliner, pelatihan, fesyen, penatu, jasa kirim barang, dan sebagainya.

Tak perlu takut harus mengeluarkan modal besar, karena banyak franchise yang menawarkan kerja sama dengan modal investasi terjangkau.

5. Toko daring
Ide bisnis berikutnya yakni membangun toko daring. Ini merupakan usaha yang cukup menjanjikan.Jika Anda jeli melihat peluang bisnis yang belum banyak memiliki pesaing namun dibutuhkan oleh konsumen (gap in the market), toko daring Anda berpotensi meraup keuntungan yang besar. Namun hal ini juga harus disertai dengan komitmen berwirausaha yang kuat dan pantang menyerah menghadapi tantangan dalam bisnis.

6. Jasa penerjemahan
Anda mahir berbahasa asing? Jadilah penerjemah! Selain bisa dikerjakan dari rumah, jam kerjanya pun fleksibel.

Anda bisa menjalankan bisnis penerjemahan secara purna maupun paruh waktu. Carilah klien melalui platform pekerja lepas, dan promosikan profil Anda di media sosial.

7. Penulis daring
Hobi menulis pun dapat dikembangkan menjadi peluang bisnis. Anda bisa bekerja sebagai penulis daring, seperti menulis novel, komik, menjadi penulis konten untuk produk maupun situs web tertentu, dan sebagainya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...