Syarat dan Cara Daftar Lowongan Kerja KAI Wisata Terbaru

Siti Nur Aeni
10 Mei 2022, 20:58
Syarat dan Cara Daftar Lowongan Kerja KAI Wisata Terbaru
ANTARA FOTO/Siswowidod/aww.
Ilustrasi karyawan KAI

PT. Kereta Api Pariwisata (KAI Wisata) sedang membuka lowongan kerja untuk posisi ticketing officer. Lowongan kerja KAI Wisata ini akan ditutup tanggal 12 Mei mendatang.

Perlu diketahui bahwa PT. Kereta Api Pariwisata merupakan anak perusahaan PT. Kereta Api Indonesia. KAI Wisata dibentuk dengan tujuan untuk menyediakan barang atau jasa yang berkualitas tinggi dan berdaya saing kuat di bidang pariwisata kereta api dalam negeri.

Advertisement

Perusahaan ini sudah ada sejak 8 September 2009. Sejak awal berdiri hingga saat ini, PT. KAI Pariwisata terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik kepada penggunanya. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan kompeten.

Untuk mendapatkan SDM terbaik, perusahaan ini membuka kesempatan kepada seluruh putra putri Indonesia yang memenuhi syarat untuk ikut serta dalam program rekrutmen yang sedang diselenggarakan oleh KAI Wisata. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar program rekrutmen ini, simak penjelasan berikut.

Syarat Daftar Lowongan Kerja Terbaru di KAI Wisata

Lowongan kerja di KAI Wisata mememiliki persyaratan umum dan khusus. Berikut ini persyaratan daftar lowongan kerja BUMN KAI Wisata yang harus dipenuhi.

Syarat Umum

  1. Pelamar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Sehat jasmani dan rohani.
  3. Memiliki penampilan yang menarik.
  4. Berkelakuan baik dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian yang masih berlaku.
  5. Tidak memiliki tato bagi pria dan perempuan serta tidak bertindik bagi pria.
  6. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadikan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.
  7. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/POLRI, atau institusi lain.
  8. Tidak pernah menggunakan dan/atau terlihat narkoba/psikotropika, dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang.
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja KAI Wisata dibuktikan dengan surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai.
  10. Selama dinas tidak dalam keadaan hamil.

Syarat Khusus

  1. Kandidat berjenis kelamin pria atau wanita.
  2. Tinggi badan minimal 160 cm (pria) dan 155 cm (wanita).
  3. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun saat rekrutmen.
  4. Lulusan SMA/SMK (semua jurusan), S1.
  5. Untuk kandidat yang lulus di bawah tahun 2020 memiliki nilai NEM/UAN minimal 6,5. Sedangkan untuk lulusan di atas tahun 2022 memiliki nilai ijazah minimal 8 dengan nilai matematika minimal 6. Untuk lulusan S1 memiliki IPK 2,7.

Cara Pendaftaran Lowongan Kerja KAI Wisata

Proses pendaftaran lowongan pekerjaan ini dilakukan secara daring. Berikut cara daftar lowongan kerja BUMN KAI Wisata:

  1. Follow akun Instgram resmi KAI Wisata di @kawisata.
  2. Apply lamaran di situs recruitment.kawisata.id.
  3. Setelah lamaran terkirim, Anda bisa mengunggah video Instagram berisi perkenalan diri menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan menyertakan hashtag #rekruttokcijabarjatim.

Jadwal Penting Rekrutmen KAI Wisata

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, proses pendaftaran lowongan kerja terbaru ini akan berakhir pada 12 Mei mendatang. Adapun jadwal penting dari proses rekrutmen ini, sebagai berikut:

  • Batas akhir pendaftaran: 12 Mei 2022.
  • Pengumuman seleksi administrasi: 16 Mei 2022.
  • Tes wawancara: 17 – 20 Mei 2022.
  • Pengumuman tes tahap akhir: 21 Mei 2022.
  • On the job training di lokasi penempatan: 23 – 30 Mei 2022.
  • Mulai bekerja: 1 Juni 2022.

Penempatan Kerja

Perlu diketahui juga bahwa nantinya kandidat terpilih akan ditempat di dua wilayah yaitu Jawa Barat dan Jawa Timut. Lebih tepatnya di Stasiun-stasiun Kereta Commuter Indonesia wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur. Dan sesuai dengan persyaratan, kandidat terpilih harus siap ditempat dimana saja sesuai dengan keputusan perusahaan.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui seputar lowongan kerja KAI Wisata. Perlu diketahui bahwa proses rekrutmen ini tidak dipungut biaya apapun. Jadi, jika terdapat pihak yang meminta biaya, sudah dapat dipastikan hal tersebut merupakan tindak penipuan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement