Profil Wiku Adisasmito, Dokter Hewan yang Dalami Pandemi Flu

Sorta Tobing
21 Juli 2020, 17:20
wiku adisasmito, achmad yurianto, jubir covid-19, pandemi corona, virus corona
Youtube BNPB
Setelah menjabat Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penangan Covid-19, Wiku Adisasmito kini menjabat juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Ada dua hal yang berbeda dalam konferensi pers perkembangan virus corona di Indonesia hari ini, Selasa (21/7). Pertama, tak ada lagi update alias informasi terkini soal perkembangan kasusnya. Lalu, tak terlihat pula sosok juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Presiden Joko Widodo memang telah membubarkan gugus tugas itu. Penggantinya adalah Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 yang ditandatangani 20 Juli lalu, satuan tugas ini berada di bawah Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Posisi Yuri, panggilan akrab Yurianto, digantikan oleh Profesor Wiku Adisasmito. Guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ini tampil perdana siang tadi. Ia pun menyebut pemerintah tak lagi menyampaikan jumlah kasus virus corona di Tanah Air. "Untuk selanjutnya update kasus harian bisa langsung lihat di www.covid19.go.id," katanya.

Profil Wiku Adisasmito

Sebelum menjabat juru bicara, Wiku merupakan Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penangan Covid-19. Pria kelahiran Malang, 20 Februari 1964 ini, melansir dari situs Universitas Indonesia, menamatkan pendidikan dari Institut Pertanian Bogor pada 1988 dengan gelar dokter hewan. Ia lalu melanjutkan pendidikan master di Colorado State University, Amerika Serikat pada 1990 dan lanjut meraih gelar doktor pada 1995.

Wiku mendalami studi kebijakan di bidang sistem kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi. Usai meraih gelar doktor, ia menjadi staf pengajar di Fakultas Kesehatan Masyarakt UI di Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...