Detail Syarat & Cara Daftar Relawan Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac

Uji klinis vaksin Sinovac yang mulai dibuka sejak 27 Juli lalu membutuhkan 1.620 relawan.
Image title
Oleh Sorta Tobing
29 Juli 2020, 14:03
syarat relawan vaksin Covid-19, cara daftar relawan vaksin Covid-19, biofarma, vaksin sinovac, unpad, universitas padjajaran
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Ilustrasi vaksin. Pendaftaran relawan uji klinis fase III vaksin Covid-19 buatan Sinovac dari Tiongkok dari 27 Juli hingga 31 Agustus 2020.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Pendaftaran relawan uji klinis fase III vaksin Covid-19 buatan Sinovac dari Tiongkok mulai dibuka pada 27 Juli lalu. Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara Arya Sinulingga mengatakan akan mendaftarkan dirinya sebagai relawan.

Ia tak memiliki riwayat terinfeksi virus corona dan riwayat penyakit lainnya. “Saya kemarin sudah mengirimkan KTP (kartu tanda penduduk) saya dan dalam waktu dekat saya melakukan pendaftaran,” katanya di Jakarta, Selasa (28/7).

Uji coba fase III melibatkan Bio Farma, Sinovac, Universitas Padjajaran, dan Kementerian Kesehatan. Rencananya, vaksin akan diberikan dua dosis kepada relawan. Lalu, tim penguji akan melakukan pengamatan dan pengambilan sampel relawan untuk melihat keampuhan vaksin membentuk antibodi.

Totalnya, ada empat kunjungan dalam uji klinis tersebut. “Saya mengajak masyarakat untuk berama-sama menjadi relawan. Mudah-mudahan vaksin ini bisa digunakan untuk bangsa kita dan bangsa lainnya,” ucap Arya.

Syarat Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Sinovac

Tim riset Universitas Padjajaran telah mendapat persetujuan dari komite etik penelitian untuk melakukan uji klinis vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Ada pun syarat untuk menjadi relawan dalam uji coba tahap ketiga ini sebagai berikut:

  1. Orang dewasa berusia 18 sampai 59 tahun dan dinyatakan sehat. Relawan harus senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan melakukan pembatasan fisik maupun sosial selama pandemi corona.
  2. Calon peserta tidak memiliki riwayat terinfeksi corona dan wajib melakukan uji cepat dan usap (rapid test dan swab test).
  3. Calon peserta tidak mengalami penyakit ringan, sedang, atau berat, termasuk asma dan alergi terhadap vaksin.
  4. Calon peserta tidak memiliki kelainan atau penyakit kronis, seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit ginjal dan hati, tumor, epilepsi atau gangguan syaraf lainnya.
  5. Calon peserta tidak memiliki kelainan darah atau riwayat pembekuan daraf, penyakit infeksi dan demam, serta gangguan sistem imun.
  6. Calon peserta bukan wanita hamil atau berencana hamil selama periode penelitian serta tidak sedang menyusui.
  7. Calon peserta tidak sedang ikut atau akan ikut serta dalam uji klinis lainnya.
  8. Calon peserta tidak mendapat imunisasi apa pun dalam waktu satu bulan ke belakang atau akan menerima vaksin dalam waktu satu bulan ke depan.
  9. Calon peserta berdomisili di Kota Bandung, Jawa Barat, dan tidak berencana pindah dari lokasi penelitian sebelum selesai dilaksanakan.
  10. Dalam 14 ari sebelum dimulainya penelitian, peserta tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien terinfeksi Covid-19 atau pasien demam dan gejala sakit saluran pernapasan.
  11. Calon peserta tidak memiliki dua atau lebih kasus demam atau gejala pernapasan di daerah dengan lingkup kecil, seperti rumah, kantor, dan sekolah.

Prosedur Uji Coba Vaksin Covid-19

Uji klinis vaksin ini membutuhkan 1.620 relawan. Namun, sesuai dengan prosedur pengujian vaksin pada manusia, tidak semua peserta disuntikkan vaksin.

Ketua tim riset uji klinis vaksin Covid-19 dari Universitas Padjajaran Kusnandi Rusmil mengatakan sebanyak 540 orang akan disuntikkan vaksin, sedangkan sisanya mendapatkan cairan plasebo. Cairan ini adalah obat kosong yang tidak mengandung zat aktif dan tidak memberi efek apapun pada tubuh.

Penyuntikan plasebo pada sebagian relawan dibutuhkan untuk memastikan efektivitas vaksin. “Bagi yang menerima plasebo akan mendapatkan vaksin Covid-19 setelah vaksin didaftarkan,” katanya, dikutip dari CNNIndonesia.

Peserta yang lolos persyaratan nantinya akan melewati sejumlah prosedur, yaitu:

  1. Relawan menandatangani formulir persetujuan partisipasi dalam penelitian.
  2. Setelah itu, tim peneliti akan melakukan prosedur acak untuk menentukan relawan yang mendapatkan vaksin dan cairan plasebo, berupa water for injection.
  3. Relawan mendapat dua dosis vaksin atau plsebo dalam kunjungan pertama (hari 0) dan kunjungan 2 (hari ke-14).
  4. Relawan akan ikut serta dalam penelitian selama tujuh bulan dan terdiri dari empat kunjungan penelitian. Kesehatan relawan akan dipantau oleh petugas penelitian secara teratur, hingga enam bulan setelah pemberian vaksin terakhir dan dilindungi asuransi kesehatan.

Cara Daftar Sukarelawan Vaksin Covid-19

Waktu pendaftaran relawan ini mulai 27 Juli hingga 31 Agustus 2020. Lokasinya di Clinical Research Unit Departemen Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat. Calon peserta yang mau mendapat informasi lebih lanjut dapat menghubungi kontak 022-2034471 atau via WhatsApp 08112214235.

Selain di Indonesia, uji klinis tahap III kandidat vaksin dari Sinovac juga akan dilakukan di Brasil dengan Sembilan ribu relawan, dan Bangladesh dengan 4.200 relawan.

Reporter: Antara
Editor: Sorta Tobing

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait