Detail Syarat & Cara Daftar Relawan Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac

Sorta Tobing
29 Juli 2020, 14:03
syarat relawan vaksin Covid-19, cara daftar relawan vaksin Covid-19, biofarma, vaksin sinovac, unpad, universitas padjajaran
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Ilustrasi vaksin. Pendaftaran relawan uji klinis fase III vaksin Covid-19 buatan Sinovac dari Tiongkok dari 27 Juli hingga 31 Agustus 2020.

Pendaftaran relawan uji klinis fase III vaksin Covid-19 buatan Sinovac dari Tiongkok mulai dibuka pada 27 Juli lalu. Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara Arya Sinulingga mengatakan akan mendaftarkan dirinya sebagai relawan.

Ia tak memiliki riwayat terinfeksi virus corona dan riwayat penyakit lainnya. “Saya kemarin sudah mengirimkan KTP (kartu tanda penduduk) saya dan dalam waktu dekat saya melakukan pendaftaran,” katanya di Jakarta, Selasa (28/7).

Uji coba fase III melibatkan Bio Farma, Sinovac, Universitas Padjajaran, dan Kementerian Kesehatan. Rencananya, vaksin akan diberikan dua dosis kepada relawan. Lalu, tim penguji akan melakukan pengamatan dan pengambilan sampel relawan untuk melihat keampuhan vaksin membentuk antibodi.

Totalnya, ada empat kunjungan dalam uji klinis tersebut. “Saya mengajak masyarakat untuk berama-sama menjadi relawan. Mudah-mudahan vaksin ini bisa digunakan untuk bangsa kita dan bangsa lainnya,” ucap Arya.

Syarat Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Sinovac

Tim riset Universitas Padjajaran telah mendapat persetujuan dari komite etik penelitian untuk melakukan uji klinis vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Ada pun syarat untuk menjadi relawan dalam uji coba tahap ketiga ini sebagai berikut:

  1. Orang dewasa berusia 18 sampai 59 tahun dan dinyatakan sehat. Relawan harus senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan melakukan pembatasan fisik maupun sosial selama pandemi corona.
  2. Calon peserta tidak memiliki riwayat terinfeksi corona dan wajib melakukan uji cepat dan usap (rapid test dan swab test).
  3. Calon peserta tidak mengalami penyakit ringan, sedang, atau berat, termasuk asma dan alergi terhadap vaksin.
  4. Calon peserta tidak memiliki kelainan atau penyakit kronis, seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit ginjal dan hati, tumor, epilepsi atau gangguan syaraf lainnya.
  5. Calon peserta tidak memiliki kelainan darah atau riwayat pembekuan daraf, penyakit infeksi dan demam, serta gangguan sistem imun.
  6. Calon peserta bukan wanita hamil atau berencana hamil selama periode penelitian serta tidak sedang menyusui.
  7. Calon peserta tidak sedang ikut atau akan ikut serta dalam uji klinis lainnya.
  8. Calon peserta tidak mendapat imunisasi apa pun dalam waktu satu bulan ke belakang atau akan menerima vaksin dalam waktu satu bulan ke depan.
  9. Calon peserta berdomisili di Kota Bandung, Jawa Barat, dan tidak berencana pindah dari lokasi penelitian sebelum selesai dilaksanakan.
  10. Dalam 14 ari sebelum dimulainya penelitian, peserta tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien terinfeksi Covid-19 atau pasien demam dan gejala sakit saluran pernapasan.
  11. Calon peserta tidak memiliki dua atau lebih kasus demam atau gejala pernapasan di daerah dengan lingkup kecil, seperti rumah, kantor, dan sekolah.

Prosedur Uji Coba Vaksin Covid-19

Uji klinis vaksin ini membutuhkan 1.620 relawan. Namun, sesuai dengan prosedur pengujian vaksin pada manusia, tidak semua peserta disuntikkan vaksin.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...