Berkonflik dengan PM Trudeau, Menkeu Kanada Putuskan Mengundurkan Diri

Sorta Tobing
18 Agustus 2020, 16:05
bill morneau, justin trudeau, menteri keuangan kanada, perdana menteri kanada, mark carney, covid-19, pandemi corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Blair Gable
Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau resmi mengundurkan diri dari jabatannya, Senin (17/8), di tengah kabar perpecahannya dengan Perdana Menteri Justin Trudeau (tampak dalam foto).

Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau resmi mengundurkan diri dari jabatannya kemarin, Senin (17/8). Ia melepas jabatan tersebut di tengah skandal etika dan kabar perpecahannya dengan Perdana Menteri Justin Trudeau.

"Sementara kita memasuki sebuah tahap baru melawan pandemi (Covid-19), sudah waktunya bagi menteri keuangan baru untuk melaksanakan proyek ini," kata Morneau dalam konferensi persnya, dikutip dari VOA Indonesia. "Itulah sebabnya saya mengundurkan diri dari tugas-tugas saya sebagai menteri keuangan dan anggota parlemen.”

Morneau membuat keputusan itu usai bertemu dengan Trudeau. Renggangnya hubungan keduanya telah terendus media sejak pekan lalu. Bloomberg menuliskan, perdana menteri tampaknya lebih memilih masukan dari Mark Carney, mantan gubernur bank sentral Kanada dan Inggris, ketimbang menteri keuangannya.

Masuknya Carney secara tiba-tiba mengejutkan Morneau, menurut salah satu orang dalam pemerintahan Trudeau. Padahal Morneau telah menjadi menteri keuangan sejak 2015 dan selama pandemi berlangsung, ia kesulitan untuk menelepon perdana menteri.

Di saat yang sama kantor perdana menteri bertekad mengeluarkan uang dengan cepat. Pasalnya, tingkat pengangguran di negara itu naik hingga 13,7% akibat pandemi corona. Namun, beberapa pejabat departemen keuangan khawatir tentang banyaknya biaya dan kurangnya analisis dalam kebijakan Trudeau. Pengeluaran yang besar telah membuat defisit anggaran Kanada mendekati 16% dari produk domestik bruto (PDB).

Dana Moneter Internasional (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Kanada pada 2020, yakni dari minus 6,2 % menjadi minus 8,4 %. Pandemi Covid-19 memiliki dampak negatif lebih besar dari yang diperkirakan pada paruh pertama tahun ini. Karena itu, pemulihan ekonomi pun diperkirakan terjadi lebih lambat.

Direktur komunikasi Trudeau, Cameron Ahmad, dan juru bicara utama Morneau, Pierre-Olivier Herbert, membantah adanya ketegangan di antara keduanya. Hingga saat ini, pemerintah negara tersebut telah meluncurkan hampir 70 langkah berbeda untuk melindungi ekonomi dari guncangan Covid-19. Pada Selasa pekan lalu, kantor perdana menteri memberikan pujian kepada Morneau. Trudeau menyebutnya sebagai tokoh utama dalam proses pemulihan ekonomi Kanada.

Skandal WE Charity

Morneau dan Trudeau juga tersorot skandal kasus dana program Canada Student Service Grant (CSSG) yang dikelola WE Charity. Badan amal ini menerima suntikan 43,5 dolar Kanada (sekitar Rp 487,1 miliar) dari pemerintah Kanada untuk menjalankan program tersebut. Morneau dan Trdueau disinyalir melakukan praktik nepotisme setelah keluarga mereka memiliki hubungan dekat dengan WE.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...