Selain India, 3 Negara Ini Mengalami Lonjakan Kasus Covid-19

Sorta Tobing
3 Mei 2021, 14:52
covid, covid-19, india, pandemi, virus corona, vaksin virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui/WSJ/sa.
Seorang pria yang menderita penyakit virus corona (COVID-19) dihibur oleh putrinya di sebuah rumah sakit di New Delhi, India, Sabtu (1/5).

Kondisi di India bertambah parah di tengah gelombang kedua pandemi Covid-19. Ribuan warganya terinfeksi setiap hari dan harus mengantri untuk masuk ke rumah sakit.

Selama tiga hari, Goldi Patel harus mencari rumah sakit yang mau menerima suaminya. Di tengah musim panas yang menyengat New Delhi, ia berjuang agar suaminya tetap bernapas. 

Empat rumah sakit, melansir dari CNN, menolak Patel yang sedang hamil tujuh bulan dengan anak pertamanya. Akhirnya ia menemukannya di Sardar Patel Covid Care Centre and Hospital.

Fasilitas di pinggiran ibu kota itu sangat kurang sehingga suaminya memohon untuk keluar dari sana. Ia hampir tidak ada kontak dengan dokter dan obat-obatan yang diterima pun terbatas.

Dengan 80% paru-parunya sudah terinfeksi, ia takut kondisinya semakin parah. “Saya sangat takut,” kata Sadanand pada Sabtu (1/5), suami Patel. “Apabila menjadi kritis, saya tidak berpikir mereka akan menyelamatkan saya.”

Melansir dari Reuters, pada hari ini India melaporkan lebih 300 ribu kasus baru virus corona. Angka ini bertahan selama 12 hari berturut-turut. 

Total kasus infeksinya mencapai 19,93 juta jiwa. Data Kementerian Kesehatan India juga menunjukkan jumlah kematian karena Covid-19 telah menyentuh angka 218 ribu orang.

Para pakar medis menyebut angka asli di negeri berpenduduk 1,35 miliar orang itu mungkin lima sampai 10 kali lebih tinggi dari perhitungn resmi.

Rumah sakit telah terisi penuh. Pasokan oksigen medis menipis. Kamar mayat dan krematorium bekerja keras mengurus jenazah yang terus berdatangan. 

Setidaknya 11 negara bagian dan wilayah persatuan telah memberlakukan beberapa bentuk pembatasan untuk mencoba dan membendung infeksi. Namun, Perdana Menteri Narendra Modi enggan memberlakukan kuncian nasional, khawatir tentang dampak ekonomi.

Lonjakan infeksi adalah krisis terbesar di India sejak Modi menjabat pada 2014. Ia telah dikritik karena tidak mengambil langkah sebelumnya untuk mengekang penyebaran Covid-19. 

Krisis Covid-19 tidak hanya terjadi di India. Setidaknya ada tiga negara lainnya juga mengalami guncangan yang sama. Berikut daftarnya:

HEALTH-CORONAVIRUS/TURKEY-MOSQUES
Pandemi Covid-19 di Turki. (ANTARA FOTO/REUTERS/Umit Bektas/wsj/cf)

1. Turki 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...