Cek Fakta: 10 Dokter Wafat karena Covid-19 dalam Waktu 24 Jam

Sorta Tobing
5 Mei 2021, 13:23
cek fakta, covid-19, dokter, kementerian komunikasi dan informatika
ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Ilustrasi tenaga kesehatan yang menangani pasien Covid-19.
GNI: Keliru
 

Beredar informasi yang menyebut sepuluh dokter meninggal karena Covid-19 dalam waktu 24 jam setelah menerima vaksin. Melansir dari situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Rabu (5/5), pesan ini tersebar melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp.

Dalam pesan itu tercantum nama sepuluh dokter yang wafat. Di bagian atasnya terdapat judul breaking news dan Indonesia berduka. Pada bagian bawah daftar nama tersebut, tertulis kalimat dengan huruf tebal, “padahal mereka sudah melakukan vaksin”.

Lalu, ada pula kalimat, “Dalam waktu 24 jam Indonesia kehilangan dokter karena Covid-19. Sungguh kehilangan bagi bangsa Indonesia.”

Pada paragraf berikutnya, pesan itu menyebut Kementerian Kesehatan memperkirakan akan terjadi ledakan yang sangat luar biasa. Karena itu, masyarakat harus tetap memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, sering cuci tangan, makan minum yang panas-panas, dan lebih baik di rumah. 

Penelusuran Cek Fakta

Nama-nama yang tercantum dalam pesan tersebut ternyata sempat pula muncul pada pesan berantai di awal tahun ini. Hanya, narasinya saja sedikit berbeda.

Situs Jabar Saber Hoaks pernah menulis soal ini pada 20 Januari 2021. Ketika itu, pesan yang beredar adalah sepuluh dokter tersebut wafat karena Covid-19 di hari yang sama alias dalam waktu 24 jam. Faktanya, tanggal meninggal para dokter tersebut berbeda-beda. 

Informasi pada nakes.laporcovid19.org menyebut Dokter Felicia Tanzil Sp.KFR yang bertugas di Rumah Sakit Cideres meninggal pada 3 Desember 2020.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...