Menu McDonald’s-nya Laris Manis, Berapa Gaji & Kekayaan Personel BTS?

Ketujuh personel BTS berhasil menarik pundi-pundi uang tidak hanya ke industri musik, tapi juga pariwisata, e-commerce, dan penjualan produk dari Korea Selatan.
Image title
10 Juni 2021, 15:55
bts, bts meal, mcdonald's, personel bts, member bts
ibighit.com
Grup musik asal Korea Selatan, Bangtan Sonyeondan alias BTS.

Restoran cepat saji McDonald’s Indonesia melakukan sistem buka-tutup pesanan untuk mengantisipasi tingginya pembelian BTS Meal. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pesanan dan membludaknya antrian.

Menu khusus itu kemarin telah menyebabkan kerumunan dan bertentangan dengan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. “Keselamatan dan keamanan konsumen adalah prioritas Mc’Donald’s Indonesia,” kata Associate Director of Communication McDonald's Indonesia Sutji Lantyka dalam keterangannya, Rabu (9/6).

Ia memastikan penutupan beberapa McDonald’s sifatnya hanya sementara. “Hal ini demi menghindari kerumunan antrian pada sistem drive thru dan pembelian delivery. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” ucapnya.

BTS Meal adalah menu kolaborasi antara restoran asal Amerika Serikat itu dengan grup band asal Korea Selatan, Bangtan Sonyeondan alias BTS. Dalam satu paket seharga Rp 51 ribu, para penggemar boyband ini alias ARMY mendapatkan 9 potong Chicken McNugget, kentang goreng ukuran media, segelas Coca Cola ukuran medium, beserta saus sweet chilli dan saus chajun.

Untuk seluruh ARMY yang tertarik membeli, Sutji mengatakan, tidak perlu khawatir kehabisan menu spesial ini. BTS Meal akan tersedia dalam kurun waktu satu bulan. Para pelanggan tidak perlu tergesa-gesa untuk membelinya. 

Perburuan barang-barang yang berhubungan BTS tak lepas dari kesuksesan boyband tersebut. Memulai debut sejak 2013, grup band ini telah mengeluarkan lima album studio berbahasa Korea dan empat berbahasa Jepang. 

Business Insider beberapa waktu lalu pernah menulis, grup musik ini bernilai US$ 3,6 miliar untuk perekonomian Korea Selatan. Ketujuh personilnya berhasil menarik pundi-pundi uang tidak hanya ke industri musik, tapi juga pariwisata, e-commerce, dan penjualan produk dari negara tersebut. 

Tiket konsernya laku keras. Untuk pertunjukan bertajuk Love Yourself World Tour pada 2018 hingga 2019, Billboard menyebutnya tur konser berpendapatan tertinggi dalam sejarah untuk grup musik dalam bahasa non-Inggris. 

Konser itu berlangsung di Asia, Amerika Serikat, hingga Eropa, dengan jumlah penonton yang hadir mencapai lebih dua juta orang. Total pendapatan konsernya mencapai lebih US$ 192 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun.

McDonald's merilis menu spesial BTS Meal di Indonesia mulai hari ini (9/6/2021)
McDonald's merilis menu spesial BTS Meal di Indonesia mulai hari ini (9/6/2021) (Instagram/mcdonaldsid)

Laba Bersih Big Hit Entertainment

Pandemi tak menyurutkan langkah mereka. Ketika label rekaman lain berjuang keras untuk tidak merugi pada tahun lalu, perusahaan yang menaungi BTS, Big Hit Entertainment, justru meraih untung. Laba bersihnya naik lebih 19% dibandingkan 2019 menjadi US$ 77,5 juta atau sekitar Rp 1,1 triliun. 

Pada laporan keuangan yang disampaikan pada Februari lalu, pendapatan perusahaan naik 36% menjadi US$ 716,7 juta. Penjualan album musik menyumbang 40,2% pendapatan perusahaan. 

Big Hit seharunya dapat meraup US$ 180 juta dari 60 pertunjukan tur dunia pada 2020. Tapi semua dibatalkan akibat pandemi. Pendapatan konsernya turun 98% menjadi hanya US$ 3,1 juta. 

Perusahaan lalu memutar model bisnisnya. Konser daring pada malam tahun baru mendorong pendapatan konten naik 71% menjadi US$ 120,1 juta. Penjualan barang merchandise melalui platform WeVerse naik 53% menjadi US$ 233,1 juta. 

Menurut laporan Forbes, BTS berhasil mengumpulkan US$ 50 juta (Rp 713 miliar) hanya dalam kurun waktu enam bulan di 2020. Grup ini kemudian dinobatkan dalam daftar Forbes Celebrity 100 pada tahun yang sama. Para personelnya memperoleh gabungan $50 juta, sekitar $7 juta (Rp 99 miliar) per anggota.

BTS-BIG HIT/IPO
Grup musik BTS. (ANTARA FOTO/REUTERS/Heo Ran/pras/cf)

Berapa Gaji Anggota BTS?

Situs Seoulspace.com sempat menulis soal ini. TIdak ada angka pasti kekayaan bersih para personil BTS. Satu informasi yang sudah terbuka adalah besaran gaji masing-masing tujuh anggotanya, yaitu US$ 8 juta setahun. Dalam rupiah, angkanya sekitar Rp 114 miliar. 

Setiap anggota juga memiliki saham Hybe Corporation (Big Hit Entertainment). Jumlah saham yang mereka miliki masing-masing sebanyak 68 ribu lembar saham. Perusahaan ini baru saja go public di pasar modal Korea Selatan pada tahun lalu. 

Dengan seluruh informasi tersebut, ketujuh anggotanya diperkirakan memiliki kekayaan bersih dasar sektiar US$ 16 juta atau Rp 228 miliar. Ini belum termasuk kekayaan dari keuntungan pembelian merchandise dan iklan.

Melansir koreaboo.com, BTS telah mengalahkan angka atlet cantik Kim Yuna yang sebelumnya pernah menjadi model iklan termahal dengan bayaran 1,4 Miliar won atau Rp16 miliar per iklannya.

Beberapa produk yang BTS pernah dan sedang ada di dalamnya adalah FILA, Lemona, Hyundai, Samsung, Chilsung Cider, Formula E, Bodyfriend, Starbucks, Baskin Robbins, dan Tokopedia.

Forbes menyebut pada akhir 2018 para personilnya berhasil meraih angka hingga Rp 36 miliar untuk setiap iklan yang mereka bintangi. Harga ini dapat disebut sebagai yang tertinggi yang pernah diraih idol K-pop,

NEW-YEAR/USA-NEW YORK
Grup musik BTS.  (ANTARA FOTO/REUTERS/Jeenah M)

Siapa Personel BTS Paling Kaya?

Seoulspace menyebut J-Hope dan Suga merupakan personel BTS yang paling kaya. J-Hope sukses membuat musiknya sendiri melalui Hope World. Mixtape ini sukses besar di pasar dan berhasil membawa lagu berjudul Chicken Noodle Soup masuk tangga lagu Billboard Hit 100. Perkiraan kekayaan J-Hope adalah US$ 24 juta sampai US$ 26 juta. 

Suga juga berhasil membuat mixtape-nya. Ia penulis lagu yang produktif. Lebih dari 70 lagu sudah pria bernama asli Min Yoongi ini ciptakan. Perkiraan kekayaan Suga sekitar US$ 23 juta sampai US$ 25 juta.

Di bawahnya adalah pemimpin grup ini, yaitu RM alias Kim Nam-Joon. Ia juga penulis lagu dan sudah menciptakan lebih 130 lagu. Dua solo mixtape sukses ia luncurkan. Kekayaannya diperkirakan mencapai US$ 20 juta hingga US$ 22 juta. 

Berikutnya adalah Jimin. Dia adalah penyanyi bersuara paling tinggi di BTS. Kekayaannya diperkirakan mencapai US$ 18 juta hingga US$ 20 juta. 

Lalu, Jungkook. Personel paling muda ini yang paling banyak dicari di mesin pencari Google. Beberapa waktu lalu media melaporkan ia membeli sebuah apartemen di Seoul seharga US$ 1,7 juta dengan uang tunai. Kekayaan bersihnya sekitar US$ 18 juta hingga US$ 20 juta. 

Posisi keenam terkaya adalah V atau Kim Tae Hyung. Ia satu-satunya anggota BTS yang sudah pernah menjajal drama Korea. Kekayaannya diperkirakan sekitar US$ 18 juta hingga 19 juta.

Terakhir, Jin atau Kim Seok Jin. Ia memiliki restoran Jepang di Korea dan sebuah apartemen mewah di Seoul. Kalau memasukkan kekayaan keluarganya, Jin adalah anggota paling kaya di BTS. Ayahnya merupakan pemimpin sebuah perusahaan besar di negara tersebut. Kekayaan personel paling tua BTS ini sekitar US$ 18 juta.

Penyumbang bahan: Muhamad Fikri (magang)

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait