Cara Menjadi Penulis Novel dan Wattpad

Siti Nur Aeni
16 Juni 2021, 16:19
Cara menjadi penulis, cara menjadi penulis novel, cara menjadi penulis di wattpad, novel adalah, wattpad, menjadi penulis novel
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi buku dan novel.

Banyak penulis yang sukses menerbitkan novel dan memiliki banyak penggemar. Sebut saja Raditya Dika dengan buku komedinya atau Boy Chandra yang menerbitkan buku romantis. Setiap genre memiliki pembaca setia masing-masing.

Kehadiran buku pun sekarang tak sekadar dalam bentuk kertas. Seiring perkembangan teknologi, banyak pula buku elektronik atau e-pad. pembaca dapat memakai gawai untuk menikmati isi buku tersebut. 

Kesuksesan sebuah buku menginspirasi orang untuk menjadi penulis novel. Apabila Anda salah satunya, cara berikut ini layak untuk dicoba. 

Cara Menjadi Penulis Novel

Salah satu jenis buku yang banyak digemari pembaca yaitu novel. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, novel adalah sebuah karangan prosa yang panjang serta mengandung cerita kehidupan dari seseorang dengan sekelilingnya yang menonjolkan watas serta sifat dari pelaku atau tokoh tersebut.

Encyclopedia Britannica pada tahun 2015 menyebut definisi novel adalah sebuah narasi prosa yang sengaja diciptakan dengan panjang yang cukup dan memiliki kompleksitas tertentu. Secara umum, novel diartikan sebagai karangan yang biasanya dalam bentuk fiksi yang didalamnya terdapat alur cerita berserta tokoh dengan karakternya masing-maisng.

Berikut langkah-langkah menjadi penulis novel:

1. Menentukan ide dan membuat kerangka

Ide menjadi hal yang utama dalam sebuah novel. Dengan banyak membaca, Anda akan lebih mudah mendapatkan ide untuk menulis.  Setelah menemukan ide, Anda dapat langsung membuat kerangka tulisan mulai dari menentukan tokoh, karakter tokor, latar belakang cerita, dan lainnya.

2. Mulai menulis

Cara berikutnya untuk menjadi penulis novel adalah mulai menulis berdasarkan ide dan kerangka tersebut. Kembangkan cerita dengan bahasa yang tepat agar pembaca tertarik dan tidak bosan.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...