Tes Swab Antigen dan Tes Cepat Antibodi, Apa Perbedaannya?

Siti Nur Aeni
5 Juli 2021, 12:13
Tes Swab Antigen dan Antibodi, Apa Perbedaannya?
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.
Petugas kesehatan sedang melakukan tes swab

Tes usap atau swab test semakin akrab di telinga selama pandemi Covid-19. Bahkan, hasil tesnya yang negatif saat ini menjadi salah satu syarat perjalanan ke luar kota, terutama pengguna transportasi udara.

Tes swab adalah pengujian untuk mendeteksi keberadaan dari virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit. Pengambilan sampelnya cairan lendir di saluran pernapasan, yaitu hidung dan tenggorokan. Metode polymerase chain reaction atau PCR menjadi yang paling akurat dalam pengetesan ini.

Di laboratorium, sampel tes PCR akan dideteksi pola genetiknya untuk mengetahui jenis sel, kuman, atau virusnya. Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO merekomendasikan pengujian ini untuk mendiagnosis Covid-19.

Satu kelemahan tes swab PCR adalah pemeriksaan laboratorium yang membutuhkan waktu lama, minimal satu hari. Di kota-kota besar, seperti Jakarta, sudah ada yang mengeluarkan hasilnya dalam hitungan jam. 

Untuk pengetesan cepat atau rapid test virus corona yang lebih cepat, ada dua jenis sekarang. Keduanya adalah rapid tes antigen dan rapid test antibody. Apa saja perbedaannya? Berikut penjelasannya. 

Apa Itu Tes Cepat Antigen?

Tes swab antigen atau rapid test antigen merupakan pengujian yang dapat mendeteksi keberadaan virus yang aktif bereplikasi. Tes antigen ini biasanya untuk orang yang baru saja terinfeksi. Namun, kekurangan  tes ini adalah bisa saja yang terdeteksi bukanlah virus corona atau SARS-CoV-2, melainkan virus lain seperti flu atau influenza yang sebenarnya tidak berbahaya.

Apa Itu Tes Cepat Antibodi?

Tes antibodi atau rapid tes antibody merupakan metode deteksi virus corona yang paling awal muncul. Secara teori, ketika seseorang terserang virus corona, maka akan terdeteksi antigen didalam tubuhnya. Kemudian sistem imun tubuh akan memproduksi atau membuat antibodi untuk melawan virus tersebut. Keberadaan dari antibodi inilah yang kemudian akan terdeteksi dengan menggunakan tes swab antibodi.

Kekurangan tes ini adalah hasilnya yang kurang efektif atau kurang akurat. Karena itu, hasil rapid test antibody tidak layak dipakai untuk mendeteksi atau mediagnosis keberadaan Covid-19. 

Perbedaan Swab Antigen dan Antibodi

Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun keduanya ternyata berbeda. Apa saja perbedaannya? 

1. Cara Kerja Tes

Perbedaan pertama terletak pada cara kerjanya. Rapid test antigen, sampel diambil dari kedua hidung dan digunakan untuk mendeteksi keberadaan protein nukleokapsid dari virus SARS-CoV-2 atau virus corona.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...