Fakta Susu Beruang, Benarkah Dapat Tingkatkan Imunitas Tubuh?

Sorta Tobing
5 Juli 2021, 13:09
susu beruang, Nestle Indonesia, Bear Brand
Instagram/@bearbrand_id
Ilustrasi Bear Brand alias susu beruang.

Di tengah masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat alias PPKM Darurat, susu merek Bear Brand diburu masyarakat. Minuman yang Kerap disebut susu beruang ini dianggap memiliki khasiat meningkatkan imunitas, bahkan menangkas virus corona

Akibatnya, banyak warga berbondong-bondong memborong susu keluaran Nestle tersebut. Lantaran tingginya permintaan, terjadi kelangkaan susu ini di sejumlah pasar tradisional dan swalayan.

Advertisement

Harganya pun langsung meroket. Di aplikasi e-commerce harga sekaleng ukuran 189 mililiter (ml) berkisar Rp 15 ribu sampai Rp 17 ribu. Padahal harga normalnya sekitar Rp 9 ribuan.

Seiring dengan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia, banyak mitos soal Bear Brand beredar di masyarakat. Hal ini kemudian dibantah oleh sejumlah ahli.

Kata Para Ahli tentang Susu Beruang

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban membantah susu beruang bisa menyembuhkan Covid-19. Kandungan dalam susu disebut tidak bisa membunuh virus SARS-CoV-2 dalam tubuh. “Susu beruang tak bisa mematikan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19,” kata Zubairi kepada CNN Indonesia, Minggu (4/7/2021).

Ia juga mengungkapkan hal itu melalui akun Twitter pribadinya, @ProfesorZubairi.”Saya geleng-geleng lihat video orang rebutan beli susu (beruang). Kandungan protein kan tidak hanya susu. Ada daging atau telur. Anda bisa baca itu di buku-buku tentang nutrisi atau Google,” tulisnya kemarin.

Pernyataan serupa datang dari Ahli Gizi Masyarakat Dokter Tan Shot Yen. Asumsi susu beruang bisa menyembuhkan berbagai penyakit hanya mitos.

Selama ini klaim berlebihan Bear Brand tidak pernah dibenahi. Publik salah mengasumsikannya karena literasi gizi yang minim. “Akhirnya ada kepercayaan-kepercayaan yang dibentuk sebagai opini publik. Apa yang mestinya mitos dijadikankebenaran. Sebaliknya, fakta ilmiah sama sekali tidak digubris,” ucap Tan Shot Yen kepada CNN Indonesia.

Operasional Pasar Swalayan Selama PPKM Darurat
Operasional pasar swalayan selama PPKM Darurat. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.)

Apa yang Terkandung dalam Susu Beruang?

Susu memang memiliki kandungan nilai gizi yang baik. Di dalamnya, terkandung protein hingga mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, bukan berarti masyarakat harus memilih satu produk susu tertentu untuk dikonsumsi.

Kadungan gizi produk susu beruang sama saja dengan yang lainnya. “Susu evaporasi, ultra high temperature (UHT), susu cair, semuanya sama,” kata Tan.

Ada pun rincian kandungan susu beruang, antara lain sebagai berikut: Bear Brand (satu kaleng 189 ml) mengandung 120 kalori, 9 gram karbohidrat, 6 gram protein, dan 7 gram lemak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement