16 Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Bau ketiak menjadi masalah sehari-hari. Terkadang masalah ini mengganggu aktivitas beberapa orang. Berikut 16 cara menghilangkan bau ketiak secara alami.
Dwi Latifatul Fajri
8 September 2021, 16:15
cara menghilangkan bau ketiak
Garon Piceli/Pexels
Ilustrasi cara menghilangkan bau ketiak.

Bau ketiak menjadi masalah sehari-hari dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. penyebabnya adalah tertutupnya kelenjar keringat. Padahal, kelenjar ini dapat berfungsi untuk mendinginkan tubuh.

Ketika kelenjar keringat pada ketiak tertutup, maka bagian tubuh ini menjadi tempat yang lembap dan berbau. Berikut ini  cara menghilangkan bau ketiak menggunakan bahan alami.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Alami

1. Pakai Deodoran yang sesuai

Pakai deodoran yang baunya Anda sukai. Beberapa produk ada yang sangat menyengat. Bahkan ada pula yang aromanya hilang usai pemakaian. 

Temukan deodoran yang sesuai di toko. Contohnya, yang mengandung bahan soda kue atau minyak pohon teh. Kedua bahan ini efektif menghilangkan bau tidak sedap.

Advertisement

2. Buat deodoran alami

Anda bisa membuat deodoran alami untuk menghilangkan bau ketiak. Langkah ini sesuai untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Anda bisa menggunakan cuka apel yang dicampur dengan air. Bisa juga campuran jus lemon dan air untuk deodoran alami.

3. Atur suhu badan

Jika beraktifitas di dalam ruangan, hindari melakukan gerakan yang membuat berkeringat. Keringat memang baik untuk tubuh, tapi beberapa orang memiliki bau keringat di ketiak yang berbeda. Hal ini bisa mengganggu meski sudah memakai deodoran.

4. Pakai minyak esensial

Minyak esensial baunya segar dan ringan. Bau minyak ini hampir sama seperti parfum atau cologne. Contoh minyak esensial untuk mencegah bau ketiak adalah minyak almond.

Teteskan lima sampai sepuluh tetes minyak esensial yang aromanya Anda sukai. Kemudian oleskan di pakaian atau badan. 

5. Hindari makanan berbau

Beberapa makanan bisa membuat bau badan dan bau mulut. Sebelum memulai aktifitas sebaiknya pilih makanan yang tidak berpengaruh ke badan.

Beberapa makanan, seperti bawang merah, bawang putih, sampai jengkol, dapat mempengaruhi bau badan. Sedangkan, brokoli dan kembang kol bisa mempengaruhi indera penciuman.

Kurangi makan ikan tuna dan salmon karena mengandung kolin. Kedua ikan tersebut mengandung sejenis vitamin B yang menghasilkan bau menyengat. Orang yang sering mengonsumsi kedua ikan ini mengeluarkan kolin dalam keringat selama satu hari.

6. Bawa baju ganti

Beberapa orang yang bekerja di luar ruangan, lebih banyak mengeluarkan keringat. Bawa pakaian ganti dan bersihkan badan ketika beristirahat. Biasanya keringat menempel di pakaian dan membuat bau.

7. Jangan pakai pelembut kain

Pelembut kain berada di permukaan serat pakaian dan mencegah aliran udara. Padahal pakaian membutuhkan aliran udara untuk mengurangi penyerapan bau badan dan keringat. Pelembut kain biasanya dipakai ketika mencuci baju. Sebaiknya jangan memakai pelembut kain.

Pelembut kain mencegah penguapan udara yang dibutuhkan untuk mencegah bakteri. Hal ini juga membuat deterjen sulit masuk ke dalam serta kain. Pelembut kain juga dapat membuat iritasi kulit.

8. Pakai cuka apel dan soda

Pakaian olahraga dan pakaian kerja biasanya sering berbau. Untuk mengurangi bau pada pakaian gunakan satu cangkir soda kue untuk menghilangkan bau. Bisa juga mencampur dengan cuka untuk hasil maksimal.

Caranya, tuang satu sampai dua cangkir cuka ke dalam bak berisi air hangat. Rendam pakaian ke dalam bak tersebut sebelum dimasukkan ke mesin cuci.

9. Cuci baju teratur

Kemeja dan pakaian yang digunakan seharian sebaiknya segera dicuci. Mencuci baju secara rutin dapat menghilangkan bau badan yang menempel di pakaian.

Selain itu pakai kaos lengan pendek dan tipis sebagai lapisan dasar. Kaos tipis ini untuk menutupi ketiak, mencegah keringat dan bakteri menyebar ke lapisan pakaian yang lebih tebal.

10. Pakai jenis kain pakaian tertentu

Pakaian yang terbuat dari bahan polyester dan spandex, menjadi tempat bakteri. Serat pakaian dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak. Gunakan pakaian dari bahan alami seperti katun, linen, atau wol. Ketiga bahan tersebut mudah menyerap keringat.

11. Tanaman Witch hazel

Tanaman witch hazel mengandung zat alami seperti membunuh bakteri dan menghilangkan kelembapan di kulit. Selain itu kandungan tanaman ini  dapat menjadi anti inflamasi untuk mengurangi kelembapan kulit.

Caranya, teteskan beberapa witch hazel pada kapas atau kain katun. Kemudian gosokkan pada area ketiak.

12. Jus lemon

Bau lemon memang menyegarkan untuk parfum tubuh. Lemon juga bisa dipakai untuk deodoran alami. Caranya, oleskan jus lemon pada ketiak untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Potong lemon menjadi dua kemudian peras. Ambil satu sendok teh dan celupkan pada kapas. Setelah itu oleskan pada ketiak. Simpan sisa jus lemon di lemari es untuk dipakai kembali.

13. Minyak kelapa

Minyak kelapa baik untuk kulit dan rambut. Kandungan antibakteri bisa menghilangkan bau yang disebabkan bakteri di area ketiak.

Cara memakai minyak kelapa untuk deodoran:

  • Ambil seperempat sendok teh minyak kelapa.
  • Gosokkan perlahan menggunakan jari atau kain katun.
  • Tunggu sampai benar-benar kering karena minyak bisa menodai pakaian.

Deodoran minyak kelapa dan soda kue

  • Campurkan empat sendok makan soda kue dan tepung maizena.
  • Tuangkan enam sendok makan minyak kelapa.
  • Campurkan kedua bahan sampai mengental.
  • Masukkan ke dalam lemari es sampai dingin dan kenyal.
  • Oleskan ke ketika secukupnya.

14. Alkohol

Alkohol dapat membunuh bakteri penyebab bau pada ketiak. Senyawa organik ini lebih terjangkau dari pada deodoran pada umumnya. Caranya semprotkan isi botol alkohol pada ketiak. Pakai secukupnya untuk mencegah bau badan.

15. Soda kue atau tepung maizena

Soda kue sering digunakan untuk bahan pembuat roti. Namun, soda kue bisa digunakan sebagai bahan mengurangi bau ketiak.

Caranya, campurkan satu atau delapan sendok teh soda kue atau tepung maizena dengan sedikit air. Kemudian gosokkan di ketiak.

Anda juga bisa mencampurkan kedua bahan ini untuk mengurangi bau keringat. Campurkan soda kue lebih banyak dari tepung maizena. Campuran ini menjadi bubuk untuk deodoran.

16. Deodoran kristal

Melansir dari healthline.com, deodoran kristal bisa jadi alternatif. Deodoran ini terdiri dari garam mineral. Garam mineral berfungsi menciptakan perisai yang bisa memurnikan keringat dan mencegah bau.

Caranya, oleskan deodoran kristal ke ketiak atau celupkan ke dalam air sebelum dioleskan. Pastikan olesan tersebut sudah kering sebelum memakai pakaian. Deodoran kristal bisa meninggalkan bekas di pakaian.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Jika mengalami bau badan berlebih, maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait