UPACARA PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI Show
ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan/rwa.
Muhammad Zaenuddin
18 Agustus 2022, 16:30

Foto: Semarak Hari Kemerdekaan Dalam HUT RI ke-77

Indonesia baru saja merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-77 pada Rabu (17/8). Masyarakat menyemarakkannya dengan berbagai cara. Mulai dari upacara di Istana Negara, pemasangan spanduk, baliho, perlombaan, hingga pengibaran bendera merah putih di atas genangan banjir rob. 

Aktivitas tersebut dilakukan demi mengenang 17 Agustus 1945. Kala itu, Presiden Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Melansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, peristiwa proklamasi diawali dengan insiden jatuhnya bom atom di Kota Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Kemudian, disusul dengan bom atom kedua di Kota Nagasaki pada 9 Agustus 1945. Kedua kota ini berada di Jepang.

Peristiwa tersebut mengakibatkan Negeri Sakura mengalami kekalahan dalam Perang Asia Pasifik. Wallhasil, Kaisar Jepang Hirohito memutuskan untuk menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada 14 Agustus 1945.

Keputusan Jepang menyerah tanpa syarat disiarkan melalui radio nasional BBC pada 15 Agustus 1945. Indonesia yang ketika itu dijajah Jepang pun dapat memproklamasikan kemerdekaannya. 

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.