Kasus Mengganas, Cina Putuskan Setop Publikasi Data Kasus Covid-19

Syahrizal Sidik
25 Desember 2022, 17:47
Kasus Mengganas, Cina Putuskan Setop Publikasi Data Kasus Covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song/RWA/dj
Aly Song Seorang buruh melakukan uji antigen cepat untuk COVID-19 di jalanan selama penguncian, ditengah pandemi virus corona (COVID-19), di Shanghai, China, Senin (23/5/2022).

Otoritas kesehatan Cina mulai hari ini, Minggu (25/12) tidak lagi menyiarkan data terbaru mengenai penambahan kasus Covid-19 di negaranya. Padahal, kasus virus Corona di Negeri Tirai Bambu terus mengalami kenaikan. 

Keputusan untuk menghentikan publikasi data Covid-19 muncul di tengah keraguan tentang keandalan data yang dikeluarkan otoritas Cina ketika jumlah kasus terus melonjak setelah pembatasan-pembatasan ketat tiba-tiba diperlonggar.

Advertisement

"Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (CDC) China akan merilis berbagai hal terkait Covid-19 untuk kepentingan penelitian dan pengayaan referensi," menurut Komisi Kesehatan Nasional Cina (NHC), seperti dikutip dari Antara, Minggu (25/12).

Di tengah rencana itu, beberapa foto hasil CT scan pasien Covid-19 di Kota Beijing dan Provinsi Hebei menjadi viral di sejumlah media sosial Cina sejak Sabtu (24/12). Foto-foto itu menunjukkan adanya bercak putih pada paru-paru pasien.

Beberapa unggahan mengatakan, bercak putih itu bukan disebabkan oleh varian Omicron, tetapi varian asli yang terdeteksi di Wuhan. Foto-foto itu memicu kekhawatiran dan kepanikan di tengah masyarakat.

Beberapa pakar kesehatan berupaya menenangkan publik dengan menyatakan bahwa bercak putih pada paru-paru sebagai gejala normal bagi pasien Covid-19 yang parah.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement