PKS Bakal Deklarasi Capres Anies Baswedan Besok

Ade Rosman
22 Februari 2023, 20:06
PKS Bakal Deklarasi Capres Anies Baswedan Besok
ANTARA FOTO/Arnas Padda/wsj.
PKS akan mengumumkan deklarasi Anies Baswedan sebagai capres dalam Pilpres 2024.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mengumumkan nama bakal calon presiden yang didukung dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024 mendatang. PKS secara resmi menyatakan deklarasi Anies Baswedan sebagai capres yang akan diusung dalam Musyawarah Majelis Syura (MMS) VIII, di Kantor DPTP PKS, Jakarta Selatan, Kamis (23/2). 

Menurut informasi, sebelum deklarasi akan ada iring-iringan yang dimulai dari kediaman Anies Baswedan di Lebak Bulus menuju kantor PKS di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Rombongan kader PKS akan turut meramaikan deklarasi. 

Menurut Juru bicara PKS, Ahmad Mabruri, selain mengumumkan nama capres yang akan diusung, pada MMS tersebut juga akan membahas agenda lainnya terkait persiapan jelang Pemilu serentak 2024 di antaranya Pileg, Pilpres, maupun Pilkada. “Mengenai dukungan PKS terkait Bacapres juga akan dibahas di MMS ” kata Mabruri dalam keterangan resmi, Rabu (22/2).

Menjelang perhelatan pilpres, sejumlah partai politik mulai menyatakan deklarasi capres. PKS, nantinya akan bergabung dengan NasDem dan Demokrat yang juga mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta itu dalam Koalisi perubahan. Meski, hingga kini, pengumuman koalisisi belum ada deklarasi resmi. 

PKS sendiri sebelumnya telah menyatakan dukungannya pada Anies. Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohamad Sohibul Iman dalam konferensi pers yang digelar beberapa tokoh politik atas nama Tim Kecil Koalisi Pendukung Anies Baswedan. 

"PKS konsisten menjadi bagian dari partai-partai pengusung Anies Rasyid Baswedan tersebut di Pilpres 2024," kata Sohibul. 

Sebagaimana diketahui, nama Anies Baswedan, dalam beberapa riset sejumlah lembaga survei termasuk sosok dengan potensi elektabilitas tinggi secara nasional. Berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas, pada Januari 2022, suara Anies berada di urutan ketiga dengan suara 13,1%. Meski begitu, perolehan suara Anies turun bila dibanding survei yang sama pada Oktober 2022 dengan suara 16,5%. 

Merujuk survei yang dilakukan Litbang Kompas dalam setahun terakhir, dukungan terhadap Anies memang naik turun. Pada Januari 2022 Anies mengantongi dukungan 14,2%. Suara mantan Menteri Pendidikan itu turun pada survei Juni 2022 menjadi 12,65%. 

Bila dilihat dari sebaran pemilih partai, dukungan untuk Anies hanya naik signifikan dari pemilih Partai Nasdem. Dukungan untuk Anies dari pemilih Nasdem naik yang semula kurang dari 20% pada Oktober 2022 menjadi lebih dari 40% pada Januari 2023.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...