Cerita Tokoh di Balik Rumah Sakit Darurat Covid-19 dan Kartu Prakerja

Patricia Yashinta Desy Abigail
13 April 2023, 21:25
Cerita Tokoh di Balik Rumah Sakit Darurat Covid-19 dan Kartu Prakerja
Katadata
Penyerahan penghargaan Katadata25 di Kantor Katadata.co.id, Jakarta, Kamis (13/4). Foto: Muhammad Zaenuddin.

Virus Covid-19 melanda Indonesia sejak awal 2020 yang berimbas terhambatnya aktivitas masyarakat. Kondisi ini memaksa segala lapisan masyarakat untuk bersama-sama ikut mengatasi efek yang diakibatkan pandemi Covid-19.

Sejumlah tokoh berada di balik perjuangan melawan dampak dari pagebluk Corona, mulai dari penyediaan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet yang menampung banyak pasien hingga membantu masyarakat yang terdmpak Covid-19 seperti kehilangan pekerjaan dan membutuhkan bantuan. 

Lalu, bagaimana cerita mereka?

Pionir Kesehatan: Mayjen TNI Tugas Ratmono, Koordinator Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Jakarta

Mayjen TNI Tugas Ratmono menceritakan bagaimana saat dirinya diberi tugas untuk membuat Wisma Atlet menjadi rumah sakit darurat Covid-19. Dia melakukan survei ke Wisma Atlet dan beberapa kali memerintahkan anak buahnya untuk memotret spot ruangan di Wisma Atlet.

Lantaran kondisi mendesak, akhirnya Rumah Sakit Darurat Covid-19 secepatnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Maret 2020. Rumah Sakit Darurat Covid-19 berada di bawah pimpinan oleh Mayjen TNI Tugas Ratmono.

Dia mengatakan, banyak tekanan saat menjadi koordinator RS Darurat Covid-19. Salah satunya bagaimana menjaga kerahasian data-data masyarakat agar tidak bocor dan tidak disalahgunakan. Tugas mengatakan dirinya selalu ditanyakan Jokowi mengenai laporan di RS Covid-19 Wisma Atlet.

"Tiap pagi harus laporan ke Presiden. bahkan tiga kali, siang kadang-kadang malam," katanya dalam acara Edisi Khusus Katadata25, Kamis (13/4). 

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Dalam rangka mengapresiasi para tokoh yang berkontribusi besar dalam penanganan pandemi Covid-19, Katadata menyajikan edisi khusus Katadata25. Sebanyak 25 tokoh atau lembaga kami sajikan dalam beragam konten informatif. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...