Sandiaga Target KTT ASEAN Bakal Dongrak Kunjungan 8,4 Juta Wisman

Nadya Zahira
8 Mei 2023, 22:10
Sandiaga Target KTT ASEAN Bakal Dongrak Kunjungan 8,4 Juta Wisman
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Sejumlah kapal pinisi terlihat di perairan sekitar lokasi puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di Hotel Meurorah Komodo, Labuan Bajo, NTT.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf memproyeksikan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 8,4 juta dalam setahun dari yang sebelumnya ditargetkan hanya 7,4 juta berkat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Berarti KTT ASEAN ini akan menyumbangkan cukup signifikan dari kunjungan atau naik sekitar 20-25%. Karena ASEAN ini bukan hanya di Labuan Bajo tetapi juga di Jakarta, dan ada beberapa side event yang sudah kami siapkan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno kepada awak media saat ditemui di kantornya, Senin (8 5).

Sandiaga mengatakan, untuk proyeksi peningkatan kunjungan wisatawan nusantara atau wisnus targetnya mencapai hingga US$ 1,4 miliar. Sehingga total devisa pariwisata yang diharapkan oleh Kemenparekraf hampir mencapai US$ 6 miliar.

Sandiaga menuturkan, Kemenparekraf ke depannya juga akan membuka penerbangan internasional ke Labuan Bajo, seperti penerbangan dari Australia-Labuan Bajo hingga Singapura-Labuan Bajo. 

Hal tersebut dilakukan, mengingat jumlah kunjungan wisman ke Labuan Bajo terus meningkat. Ditambah, adanya acara KTT ASEAN 2023 yang membuat kunjungan wisman semakin melonjak signifikan. 

"Adanya acara KTT ASEAN ini tentu berdampak pada pemasukan masyarakat lokal di Labuan Bajo dan ekonomi di sektor parekraf," kata dia.

Dia menyampaikan, pihaknya juga akan menambah jumlah penerbangan internasional di beberapa kota-kota lainnya. Selain itu, Kemenparekraf juga akan menambahkan jumlah ketersediaan kursi sehingga wisatawan mancanegara, dan wisatawan nusantara bisa bertambah lebih banyak lagi.  

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...