Teka-teki Cawapres Pendamping Anies dan Ganjar, Siapa Bakal Dipilih?

Syahrizal Sidik
10 Juni 2023, 16:30
Teka-teki Cawapres Pendamping Anies Ganjar, Siapa Bakal Dipilih?
123rf.com/rudall30
Ilustrasi bursa calon wakil presiden atau cawapres dalam Pilpres 2024.

Teka-teki nama calon wakil presiden atau cawapres dalam perhelatan Pilpres 2024 mendatang terus menjadi perhatian publik. Sejumah partai politik terus melakukan komunikasi politik mencari pendamping yang tepat.

Sejauh ini, partai politik baru memperkenalkan dua sosok calon presiden yakni, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Nama Prabowo Subianto juga terus meramaikan bursa capres, kendati belum ada deklarasi.

Siapakah cawapres yang berpotesi menjadi pendamping bagi Ganjar, Anies, juga termasuk Prabowo yang ramai diperbincangkan bila maju sebagai capres?

PDI Perjuangan misalnya terus melakukan komunikasi dengan partai politik lain untuk bekerja sama. Termasuk dengan Partai Demokrat. Pernyataan ini disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa Ketua DPP PDIP Puan Maharani akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam waktu dekat.

Sementara, Partai Demokrat diketahui telah menjalin kerja sama politik dan mendeklarasikan Anies sebagai capres dengan Partai NasDem. Belakangan, partai berlogo Mercy ini juga bersikeras mendorong sang ketua umum menjadi cawapres mendampingi Anies.

Setali tiga uang, PDIP juga menyebut, ada potensi pendamping Ganjar Pranowo memiliki latar belakang ormas Islam dari Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Oleh sebab itu, PDIP terus berkomunikasi aktif dengan pimpinan kedua ormas Islam terbesar di Indonesia ini.

Sejauh ini, terdapat beberapa nama bakal calon wakil presiden yang banyak dibicarakan antara lain: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, serta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Selain itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, putra mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimim Iskandar.

Nama-nama itu meramaikan bursa bakal calon wakil presiden, meskipun juga muncul nama baru seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk disandingkan dengan Ganjar.

Sejumlah lembaga survei telah melakukan perhitungan elektabilitas dengan nama-nama bakal calon presiden tersebut. Indikator Politik Indonesia mencatat ada tiga nama bakal calon presiden itu menduduki peringkat tiga teratas dari 19 nama dari hasil survei kepada 1.200 orang dan diterbitkan pada 18 Mei 2023.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...