Jadi Ketua OJK, Mahendra Siregar Mundur dari Komisaris Utama PT SMI

Pengunduran itu disampaikan Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad pada 9 Mei 2022 berkenaan dengan terpilihnya Mahendra sebagai Ketua merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027.
Image title
12 Mei 2022, 17:15
Jadi Ketua OJK, Mahendra Siregar Mundur dari Komisaris Utama PT SMI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terpilih, Mahendra Siregar mengundurkan diri dari jabatan Komisaris Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau PT SMI.

Pengunduran itu disampaikan Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad pada 9 Mei 2022 berkenaan dengan terpilihnya Mahendra sebagai Ketua merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027.

Edwin menegaskan, tidak terdapat dampak material terhadap kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha PT SMI terkait pengunduran diri Mahendra.

"Namun perlu dilakukan penyesuaian/perubahan susunan anggota Dewan Komisaris dan Komite di bawah Dewan Komisaris di mana Mahendra Siregar menjabat sebagai anggota," katanya, dalam keterbukaan informasi, dikutip Kamis (12/5).

Advertisement

Seperti diketahui, Mahendra resmi ditetapkan sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK oleh Komisi XI DPR secara musyawarah dan mufakat pada 7 April. Mahendra menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK menggantikan Wimboh Santoso yang akan habis masa jabatannya.

Mahendra Siregar lahir di Jakarta, 17 Oktober 1962. Mahendra merupakan lulusan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Setelah lulus, ia berkarir di Departemen Luar Negeri (Deplu). Selama bertugas di Deplu, ia menjabat sebagai Economic Thrid Secretary Kedutaan Besar Republik Indonesia di London sejak 1992 hingga 1995 dan Duta Informasi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington D.C. (1998-2001).

DPR TETAPKAN ANGGOTA DEWAN KOMISIONER OJK 2022-2027
DPR TETAPKAN ANGGOTA DEWAN KOMISIONER OJK 2022-2027 (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.)

 

Pada 2001, Mahendra menjadi Asisten Khusus Menteri Koordinator Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro Jakti. Ia kemudian melanjutkan pendidikan pasca-sarjana (S2) Ekonomi di Universitas Monash, Australia. Mahendra kemudian dipercaya menjadi Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional dari 2005 sampai 2009.

Di era kepemimpinan Presiden SBY, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan, mendampingi Mari Elka Pangestu. Dua tahun kemudian, dia diminta untuk menjabat posisi Wakil Menteri Keuangan pada tahun 2011. Tahun 2013, ia terpilih sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) hingga 2014.

Karier Mahendra selain di pemerintahan juga pernah di sejumlah korporasi. Ia pernah menjadi Direktur Utama Indonesia Eximbank. Selain itu, jabatan komisaris di beberapa perusahaan pernah diembannya seperti PT. Dirgantara Indonesia (2003-2008) dan PT Aneka Tambang Tbk (2008-2009).

Tahun 2018, Mahendra Siregar ditunjuk sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat ke-19. Dan saat ini, Mahendra masih aktif menjabat sebagai wakil Menteri Luar Negeri.

Selain Mahendra Siregar, ada juga nama-nama lain yang masuk dalam Dewan Komisioner OJK. Berikut susunannya:

  • Ketua : Mahendra Siregar
  • Wakil Ketua: Mirza Adityaswara
  • Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan: Dian Adiena Rae
  • Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal: Inarno Djajadi
  • Kepala Eksekutif Pengawas IKNB: Ogi Prastomiyono
  • Ketua Dewan Audit merangkap anggota: Sophia Issabella Watimen
  • Anggota Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen: Friderica Widyasari Dewi

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait