Produsen Minuman Alkohol Cap Tikus IPO, Bidik Dana Rp 176 Miliar

PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk akan melepas sebanyak 800 ribu saham dalam IPO ini dengan harga penawaran awal Rp 200 sampai dengan Rp 220 per saham.
Syahrizal Sidik
19 Desember 2022, 08:20
Produsen Minuman Alkohol Cap Tikus IPO, Bidik Dana Rp 176 Miliar
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Ilustrasi. Produsen minumal beralkohol merek Cap Tikus, PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk akan IPO di BEI pada awal 2023 mendatang.

 

Perusahaan yang memproduksi minuman alkohol dengan merek Cap Tikus, PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk, bakal melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal Januari 2023 mendatang.

Mengacu prospektus yang dipublikasikan, perusahaan berencana melepas sebanyak 800 ribu saham baru dengan nilai nominal Rp 10 per saham yang setara dengan 20% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh.

Adapun, harga penawaran awal dalam penawaran umum perdana saham (IPO) emiten yang akan dicatatkan dengan kode saham BEER ini di kisaran Rp 200 sampai dengan Rp 220 per saham. Sehingga, perseroan berpotensi meraih dana segar senilai Rp 160 miliar sampai dengan Rp 176 miliar.

Rencananya, perusahaan akan menggunakan dana IPO sebesar 5,26% akan digunakan untuk belanja barang modal berupa tanah dari pihak ketiga dengan lokasi di Desa Jetis, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, seluas 2 hektar untuk membangun fasilitas produksi.

Lalu, sekitar 6,11% akan digunakan oleh perseroan untuk melakukan pembangunan fasilitas produksi, di antaranya bangunan pabrik, infrastruktur, gudang bahan baku dan gudang barang jadi. Biaya tersebut belum termasuk pembelian mesin mesin produksi.  

Sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan guna mendukung kegiatan usaha, termasuk namun tidak terbatas pada pembelian bahan baku.

Jobubu Jarum Minahasa memperoleh izin khusus oleh Pemerintah Indonesia untuk memproduksi minuman beralkohol full-spectrum, dari kadar 0% sampai dengan kadar 55%. 

Perseroan memiliki tiga kategori produk. Produk pertama ialah Cap Tikus 1978, kedua adalah Daebak Soju, dan ketiga ialah Daebak Spark. Produk pertama dan kedua merupakan produk-produk legendaris dalam kategori masing-masing. Produk ketiga (Daebak Spark), merupakan produk breakthrough yang baru diluncurkan. Cap Tikus saat ini sudah memasarkan produknya di 23 provinsi di Indonesia. 

Pada aksi korporasi ini, perusaaan menunju PT UOB Kay Hian Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Berikut jadwal IPO sementara BEER :

  • Masa penawaran awal    : 16– 22 Desember 2022
  • Tanggal efektif                   : 28 Desember 2022
  • Penawaran umum            :  30 Desember – 4 Januari 2023
  • Tanggal penjatahan         : 4 Januari 2023
  • Distribusi saham               : 5 Januari 2023
  • Pencatatan di BEI             :  6 Januari 2023

Reporter: Syahrizal Sidik
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait