Tunggu Keputusan BPOM, Alfamart Tarik Penjualan Cokelat Kinder Joy

Andi M. Arief
13 April 2022, 12:12
Siswa magang beraktivitas di laboratorium bisnis ritel Alfamart atau "Alfamart Class" di SMKN 1 Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (1/12).
ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko
Siswa magang beraktivitas di laboratorium bisnis ritel Alfamart atau "Alfamart Class" di SMKN 1 Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (1/12).

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart telah menghentikan peredaran produk merek Kinder sejak 11 April 2022 terkait dugaan kandungan bakteri Salmonella. Adapun, ritel modern ini telah menarik produk Kinder dari rak toko sejak 12 April 2022. 

Langkah ini setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menghentikan sementara peredaran produk cokelat merk Kinder Joy untuk memeriksa potensi pencemaran bakteri Salmonella. Keputusan ini terkait dengan penarikan produk Kinder Surprise di Inggris dan beberapa negara eropa.

Oleh karena itu, perusahaan yang sahamnya diperdagangkan dengan kode AMRT ini telah mengarahkan seluruh gerainya untuk menonaktifkan produk Kinder Joy. 

"Mulai 12 April 2022 produk Kinder Joy kami tarik terlebih dulu dari rak display sambil menunggu keputusan resmi dari BPOM soal keamanannya. Keselamatan konsumen adalah yang utama bagi kami," kata Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman dalam keterangan resmi yang diterima Katadata, Rabu (13/4). 

Rachman mengatakan perseroan akan kembali mengedarkan produk merek Kinder Joy jika BPOM telah menyatakan produk tersebut aman. Dia menegaskan, Alfamart akan patuh dengan keputusan BPOM. 

Produk cokelat Kinder yang terdaftar di BPOM  berasal dari India dengan nama varian produk antara lain Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls. Produk tersebut diproduksi oleh Ferrero India PVT, LTD.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...